Nasi Tumpeng Surabaya

Nasi tumpeng surabaya lengkap dengan lauk-pauk

sempati.co.id – Jika kita berjalan-jalan ke Kota Surabaya, tentunya kita akan menemui banyak makanan khas yang lezat seperti, rawon ataupun lontong balap. Namun apakah anda tahu tentang nasi tumpeng surabaya yang khas ?

Nasi tumpeng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah tak asing lagi. Memiliki bentuk kerucut pada nasi yang di masak, menjadi salah satu ciri khas pada makanan ini.

Terdapat beberapa lauk-pauk, sayuran dan masakan lainnya yang membuat tumpeng menjadi satu kesatuan.

Nah, apa yang membedakan tumpeng pada umumnya dengan nasi tumpeng surabaya ? Yuk kita simak pada tulisan berikut ini !

Nasi Tumpeng Surabaya, Khas Jawa Timur

Patung sura dan baya, ciri khas kota surabaya

Kuliner di Indonesia mempunyai ciri khas yang unik dimana setiap makanan mempunyai nilai filosofis tersendiri, seperti halnya nasi tumpeng.

Nasi tumpeng diambil dari bahasa Jawa yaitu “yen metu kudu sing mempeng” yang berarti “bila keluar harus dengan sungguh-sungguh dan semangat”.

Kata tersebut bermakna tidak pantang menyerah dan yakin dengan segala sesuatu dalam menjalani kehidupan.

Nasi tumpeng merupakan makanan khas masyarakat Jawa yang dibuat ketika merayakan suatu peristiwa penting yang sudah ada sejak dahulu. Dimana setiap bagian makanan yang di masak mempunyai nilai filosofis tersendiri.

Ada beberapa jenis nasi tumpeng di Indonesia, namun nasi tumpeng Surabaya mempunyai ciri khas, dimana diharuskan memiliki 7 macam lauk yang berarti “Pitulungan” atau pertolongan.

Penasaran apa saja dan penjelasan pada setiap bagian yang wajib ada pada nasi tumpeng surabaya :

1. Nasi Berbentuk Kerucut

Nasi tumpeng uduk putih

Nasi yang digunakan pada nasi tumpeng, beragam. Ada yang menggunakan nasi uduk atau nasi kuning.

Nasi putih melambangkan kesucian, putih dan bersih dimana, seringkali digunakan untuk merayakan kelahiran bayi yang baru lahir.

Sedangkan nasi berwarna kuning merupakan lambang kesejahteraan dan kekayaan, yang digunakan pada acara yang bersifat suka cita.

Nasi berbentuk kerucut merupakan sebuah tradisi dimana melambangkan kemuliaan gunung sebagai tempat bersemayam arwah leluhur dan dewa-dewi.

2. Ayam Bumbu Kuning

Ayam bumbu kuning pada nasi tumpeng surabaya

Ayam yang digunakan pada nasi tumpeng surabaya ialah ayam bumbu kuning, dimana ayam ini melambangkan sabar dan ketenangan hati yang berasal dari tuhan.

Dikarenakan proses pembuatan ayam bumbu kuning harus bersabar karena memiliki proses yang cukup panjang.

Ayam yang digunakan tidak boleh sembarang, tetapi harus menggunakan ayam jantan yang bermakna menghindarkan diri dari sikap ayam jantan yang angkuh.

Ayam dimasak dengan menggunakan bumbu kuning dan ditambahkan santan kental, selanjutnya dimasak perlahan yang menghasilkan rasa lezat dan gurih khas rempah Indonesia.

3. Olahan Ikan

lele goreng

Ikan yang digunakan dari jaman dahulu ialah ikan lele, namun seiring berjalannya jaman, ikan lele dapat digantikan dengan bandeng ataupun ikan teri. Ikan melambangkan kerbesamaan, toleransi dan kerukuknan antar manusia.

Protein hewani ini dapat diolah dengan cara digoreng menggunakan atau tidak menggunakan tepung ataupun olahan lain dengan menggunakan rempah yang khas.

4. Telur Rebus

Nasi tumpeng surabaya dengan telur rebus

Telur rebus menjadi salah satu lauk yang wajib dalam nasi tumpeng Surabaya, selain menambah cita rasa dan sumber protein.

Dulu telur yang digunakan pun harus dimasak beserta kulitnya, karena melambangkan segala tindakan harus direncanakan dengan baik. Tetapi sekarang, telur dapat digantikan dengan telur dadar suir ataupun balado.

5. Urap

Urap

Selanjutnya ada urap, urap merupakan masakan lain yang harus ada pada tumpeng sebagai olahan sayur.

Urap terdiri dari campuran aneka sayuran rebus seperti bayam, tauge, kangkung, kacang panjang yang dicampur dengan kluwih bumbu sambal parutan kelapa.

Rasa gurih dari kelapa dan kelezatan bumbu yang dipadukan menjadi olahan sayuran yang cocok untuk menjadi salah satu lauk pada nasi tumpeng.

6. Perkedel Kentang

Perkedel kentang

Perkedal kentang merupakan olahan dari kentang yang mempunyai tekstur garing di luar namun lembut di dalam.

Perpaduan tersebut berasal dari kentang tumbuk yang dicambur bumbu-bumbu dan menghasilkan gurih dan lezat pada saat dimakan.

7. Sambal

Sambal terasi

Yang terakhir ialah sambal, menu satu ini merupakan pelengkap yang dapat menyempurnakan sajian tumpeng karena dapat menambah cita rasa.

Rasa pedas dari sambal juga dapat meningkatkan nafsu makan yang akan membuat makan anda lebih lahap dan nikmat.

Kesimpulan

Nasi tumpeng Surabaya merupakan salah satu nasi tumpeng yang hampir sama dengan nasi tumpeng pada umumnya, tetapi yang menjadi ciri khas ialah nilai filosofi pada setiap olahan makanan tersebut.

Setiap olahan makanan di atas dapat diganti dengan menu baru yang lebih modern seperti ayam bakar ataupuna ayam goreng.

Tetapi hal tersebut akan menghilangkan esensi atau nilai filosofi yang sudah ada sejak dahulu kala.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati