Nasi Tumpeng Jakarta

Nasi tumpeng jakarta lengkap

sempati.co.id – Nasi tumpeng Jakarta merupakan salah satu makanan yang terdiri dari berbagai olahan makanan yang tidak banyak orang tahu.

Di tengah padatnya ibukota, orang mungkin hanya mengetahui soto khas betawi, kerak telor dan lontong sayur yang terkenal hampir ke seluruh Indonesia.

Tetapi nasi tumpeng satu ini, memiliki campuran rasa yang cukup kompleks dan lezat untuk dihidangkan dalam berbagai acara penting pada masyarakat Jakarta.

Penasaran ? Yuk kita bahas apa itu nasi tumpeng khas jakarta !

Nasi Tumpeng Jakarta, Khas Ibukota

Monas, ciri khas ibukota Jakarta

Nasi tumpeng merupakan sebuah makanan yang menjadi tradisi dimana setiap acara penting selalu disajikan di masyarakat Indonesia, khususnya di pulau Jawa dan Madura.

Makanan ini merupakan salah satu perwujudan rasa syukur terhadap suatu peristiwa penting, seperti lahiran, syukuran dan lain sebagainnya.

Oleh karena itu, isian yang terdapat pada nasi tumpeng, memiliki kesamaan dan ciri khas yang tak jauh berbeda.

Pada makanan nasi tumpeng ini, memiliki lauk-pauk yang berbeda pada umumnya, dimana kehadiran urap seringkali tidak ditemukan disini, yang biasanya menghiasi nasi tumpeng pada umumnya.

Lauk yang disajkan kebanyakan merupakan olahan protein, baik hewani ataupun nabati, membuat cita rasa nasi tumpeng satu ini memiliki rasa gurih dan lezat yang khas.

Apa saja isian penyusun nasi tumpeng khas ibukota Jakarta ? berikut penjelasan lengkapnya :

1. Nasi Uduk Betawi

Nasi gurih, Nasi uduk Jakarta

Uduk berbeda dengan nasi lain seperti nasi putih ataupun nasi kuning, nasi ini memiliki tekstur yang tidak lengket dan benyek.

Nasi uduk dimasak dengan cara di aron atau dimasak setengah matang dengan santan, kemudian di campur dengan berbagai rempah.

Masakan khas betawi ini emiliki cita rasa lezat dengan aroma khas berbagai rempah Indonesia, karena nasi uduk di campur dengan berbagai rempah seperti daun jeruk, lengkuas, serai, daun salam dan santan.

2. Ayam Bakar

Ayam bakar dengan sambel dan lalapan

Penggunaan ayam bakar pada nasi tumpeng ini merupakan ayam bakar yang cukup spesial. Ayam ini diungkep terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu agar meresap sebelum di bakar.

Ketika dibakar, ditambahkan lagi bumbu dan kecap agar karamelisasi dari bumbu tadi semakin meresap dan menghasilkan ayam bakar yang istimewa.

Kelezatan ayam bakar ini sangat cocok dengan nasi tumpeng, tetapi ayam bakar juga dapat digantikan dengan ayam goreng bumbu kuning yang tak kalah kelezatanya.

3. Gepuk Daging Sapi, Khas Nasi Tumpeng Jakarta

Gepuk daging sapi

Salah satu makanan yang tidak boleh ditinggalkan ialah, gepuk daging sapi yang memiliki rasa cukup manis dan gurih ketika dimakan.

Ada berbagai jenis gepuk, ada yang menggunakan kelapa ada juga yang tidak, tergantung selera.

Gepuk daging sapi dibuat dengan cara memukul-mukul daging sapi yang sudah di potong hingga empuk dan gepeng.

Kemudian dibumbui merata dengan berbagai jenis rempah khas yang kemudian digoreng dan menghasilkan karamelisasi bumbu yang lezat.

4. Orek Tempe

Orek tempe

Orek tempe atau sambal goreng tempe ini memiliki tekstur sedikit cruncy dan memiliki rasa yang cukup kompleks.

Dimana rasa manis dari gula, pedas dari cabai dan aromatik dari berbagai rempah seperti sereh dan bawang-bawangan.

Rasa lezat dari tempe orek ini dapat disandingkan dengan nasi uduk dan lauk lainnya yang menjadikan cita rasa nasi tumpeng Jakarta menjadi sempurna.

5. Perkedel Kentang

Perkedel kentang

Salah satu olahan makanan yang sering dijumpai di berbagai nasi tumpeng ialah perkedel kentang.

Perkedel atau frikadeller dalam bahasa Belanda merupakan sebuah gorengan berbahan dasar kentang yang memiliki tekstur renyah dan lembut di dalam.

Ada banyak varian perkedel, dimulai dari perkedel kentang biasa, perkedel kentang kornet dan berbagai jenis perkedel kentang lainnya.

6. Telur Puyuh

Telur puyuh rebus

Biasanya nasi tumpeng menggunakan telur rebus biasa sebagai makanan sampingan.

Tetapi telur yang digunakan di sini ialah telur puyuh, yang relatif lebih kecil dan memiliki rasa yang tidka begitu kuat seperti telur pada umumnya.

Telur puyuh ini dapat disajikan dengan cara hanya cukup direbus ataupun dimasak lagi dengan bumbu merah.

7. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati ampela

Sambal goreng ati merupakan salah satu lauk nasi tumpeng yang lezat dan memiliki daya tahan yang cukup lama jika disimpan.

Masakan satu ini terbuat dari kentang yang dipotong dadu dan ati ayam atau sapi yang juga dipotong.

Memiliki rasa yang gurih dan sidikit pedas, dikarenakan bumbu yang digunakan ialah santan, cabai merah dan berbagai bumbu dan rempah lainnya.

Kesimpulan

Walaupun tidak banyak orang tahu, nasi tumpeng Jakarta merupakan makanan yang seringkali disajikan pada acara-acara penting.

Rasa lezat dari berbagai lauk nasi tumpeng Jakarta ini saling melengkapi satu sama lain, walaupun kehadiran urap jarang sekali ditemukan pada jenis nasi tumpeng satu ini.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati