Minuman Khas Korea

Minuman khas korea paling populer

sempati.co.id – Minuman khas Korea memang sangat menggoda bagi siapa saja, khususnya para penggemar K-Pop yang memang sudah tidak asing dengan beberapa minuman satu ini.

Banyak drama dan variety show Korea yang menunjukan berbagai minuman khas Korea di dalamnya yang memang sangat menarik jika dilihat.

Tetapi bagi masyarakat Indonesia, khsusunya umat muslim tentu saja tidak boleh lengah dalam memilih beberapa minuman disana, dikarenakan beberapa memang mengandung alkohol yang tentunya tidak di perbolehkan.

Nah, untuk mengetahui apa saja minuman khas Korea yang halal dan minuman alkohol khas Korea, yuk kita bahas satu per satu pada tulisan di bawah ini.

Minuman Khas Korea Yang Halal

omija, minuman khas korea yang halal

Ada banyak sekali ragam minuman khas Korea yang dapat anda temukan jika berkunjung kesana, dimulai dari minuman kemasan hingga minuman tradisional yang pekat dengan budaya mereka.

Walaupun tidak sepopuler soju yang notaben nya minuman ber alkohol, beberapa minuman non alkohol ini tidak kalah enak loh!

Berikut beberapa minuman khas Korea yang halal dan menjadi rekomendasi untuk anda cicipi jika berkunjung kesana, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Banana Milk

susu pisang paling populer di korea

Minuman khas Korea yang pertama ialah susu pisang atau banana milk yang sudah dikemas dalam kemasan botol plastik yang unik dan imut.

Banana milk ini sudah ada dan memproduksi produk mereka dari tahun 1974 sampai sekarang dan sudah cukup populer dan ditayangkan di banyak serial drama korea dan sampai banyak produsen minuman di Indonesia yang meniru rasa dari susu pisang ini saking populernya.

Rasanya manis dan memiliki tekstur yang lembut, sangat cocok dijadikan minuman sehari-hari yang tentu nya enak dan menyehatkan tubuh.

2. Yuja Cha

teh segar khas korea

Yuja cha atau teh yuja merupakan sebuah teh yang terbuat dari buah yuzu yang sudah di awetkan dan menjadi sirup manis.

Sirup tersebut biasanya seringkali sudah di proses dan dijual dalam bentuk selai, sehingga menjadi praktis dalam pembuatan teh itu sendiri.

Teh ini sangat cocok diminum ketika musim dingin ataupun sebagai obat untuk penyakit flu, karena teh yuzu sangat bermanfaat layaknya buah citrus lainnya dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

3. Omija

sop buah korea

Buah beri merupakan buah yang terkenal dengan rasa asam dan manis, dimana buah tersebut mempunyai khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Di Korea sendiri buah beri banyak dijadikan makanan ataupun minuman yang seringkali dikonsumsi, karena memang selain rasanya yang segar tentu saja menyehatkan, seperti teh omija yang terbuat dari berbagai campuran beri.

Teh omija memiliki warna merah terang layaknya jus stroberi, tetapi memiliki rasa yang cukup unik, dimana terdapat rasa asam, manis, pahit, asin sampai dengan pedas.

Menarik bukan ? Teh tradisional satu ini memang sangat digemari oleh banyak masyarakat Korea dan tentu saja kalian wajib mencicipi teh satu ini.

4. Daechu

teh unik khas korea

Masyarakat Korea cukup terkenal dimana masyarakat disana cukup konservatif terhadap kesehatan, oleh karena itu banyak sekali makanan dan minuman yang memang ditujukan untuk membuat tubuh tetap bugar dan sehat.

Salah satunya ialah olahan teh satu ini yang bernama teh daechu. Teh ini cukup berbeda pada teh pada umumnya, biasanya teh terbuat dari pucuk daun, tetapi teh daechu menggunakan olahan buah jojoba.

Kandungan dari teh satu ini sangat baik bagi kesehatan, khususnya bagi penderita anemia karena mengandung zat besi yang sangat tinggi.

5. Sikhye

segelas sikhye korea

Sikhye cukup terkenal di Korea, dimana minuman khas satu ini terbuat dari beras dan rendaman gandum yang memiliki rasa yang sangat unik dan khas.

Minuman ini biasa disajikan di rumah pemandian air panas tradisional atau spa yang biasa disebut dengan nama jimjilbang.

6. Corn Tea

teh jagung khas korea selatan

Ada cukup banyak varian teh dari minuman khas Korea, karena memang masyarakat disana sangat menyukai minuman teh.

Salah satu varian teh yang cukup unik ialah corn tea atau teh jagung. Teh ini terbuat dari rebusan air yang dicampur dengan jagung kering atau jagung yang sudah dibakar.

Teh ini dipercaya sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan, dimana teh ini dipercaya mampu membuat bentuk wajah menjadi sempurna.

Minuman Alkohol Khas Korea

minuman ber alkohol korea

Nah, jika tadi sudah membahas beberapa minuman khas Korea yang halal, sekarang kita akan membahas minuman ber alkohol khas Korea yang tentu saja dapat memanjakan lidah anda.

Beberapa diantaranya ialah merupakan minuman yang merupakan hasil fermentasi beras dan tentu saja rasanya sangat unik dan khas yang tidak dapat anda temukan di tempat lain.

Berikut beberapa minuman ber alkohol yang dapat anda temui disana, diantaranya ialah sebagai berikut ini :

1. Soju

menuangkan sebotol soju

Jika berbicara tentang minuman paling populer di Korea, tentu saja hampir setiap orang pasti menyebutkan soju sebagai minuman khas Korea.

Minuman ini memang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia karena walaupun soju merupakan ber alkohol, sudah ada banyak varian soju yang tidak memiliki kandungan alkohol tanpa harus mengurangi rasa khas dari soju.

Bahkan soju sekarang sudah banyak dikembangkan dari bahan hingga rasa, soju tradisional biasanya menggunakan beras sebagai bahan utama, tetapi sekarang sudah banyak produsen soju mengganti beras dengan bahan lain seperti :

  • gandum,
  • kentang,
  • jelai,
  • ubi jalar,
  • tapioka,
  • dan lain sebagainnya.

Rasa dari soju sekarang juga sudah banyak dikembangkan dengan berbagai rasa, seperti rasa buah-buahan yang cukup segar.

2. Baekseju

baekseju, alkohol khas korea

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masyarakat Korea memang sangat teliti dalam hal kesehatan, bahkan dalam minuman ber alkohol sekalipun.

Minuman alkohol khas Korea satu ini bernama baekseju yang terbuat dari fermentasi ginseng dan buah beri.

Khasiat dari minuman ber alkohol ini memang sangat baik bagi tubuh dan disebut dengan wine 100 tahun, karena dipercaya dapat membuat peminumnya sehat dan panjang umur.

3. Makgeolli

maekgeolli, minuman alkohol korea

Jika kalian mencari minuman ber alkohol dengan kadar alkohol yang lebih rendah dari pada soju, tentu saja ada, yang bernama makgeolli.

Makgeolli atau yang seringkali disebut dengan nama nongju atau takju merupakan minuman yang terbuat dari fermentasi beras yang sudah dimasak menjadi nasi.

Minuman ini pada zaman dahulu biasanya diminum oleh petani di Korea sebagai minuman khas tradisional mereka.

Berbeda dengan soju yang memiliki warna bening, makgeolli memiliki warna putih yang cukup pekat yang mirip dengan susu, karena hasil proses fermentasi beras tadi.

Makgeolli memiliki rasa yang manis, karena dalam proses pembuatanya ditambahkan gula pasir ditambah dengan glukosa alami dari beras.

Kesimpulan

Minuman khas Korea memang sangat menggoda, apalagi dengan kepopuleran soju yang sudah menjamur di Indonesia.

Tetapi harus di ingat, khususnya umat muslim di Indonesia untuk tidak meminum minuman ber alkohol karena menyalahi aturan agama ya!

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati