Minuman Khas Jepang

Minuman khas jepang paling populer

sempati.co.id – Minuman khas jepang sudah banyak dikenal dan populer di banyak kalangan masyarakat Indonesia, bahkan di dunia.

Ada banyak sekali minuman yang berasal dari negeri sakura satu ini, sebut saja yakult yang merupakan salah satu produk yang di pasarkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tetapi dikarenakan penduduk Jepang bukanlah mayoritas muslim, maka beberapa dari minuman khas Jepang ini termasuk ke dalam kategori non halal atau menggunakan alkohol didalamnya.

Sah saja jika kalian ingin meminum minuman alkohol khas jepang bagi non-muslim, tetapi untuk para muslim di Indonesia, mungkin beberapa minuman ini tidak baik untuk dikonsumsi.

Nah, agar tidak keliru, yuk simak tulisan berikut ini mengenai minuman khas jepang yang halal dan minuman alkohol khas jepang di bawah ini ya.

Minuman Khas Jepang yang Halal

minuman khas jepang yang halal

1. Yakult

es krim yakult

Yakult merupakan sebuah minuman probiotik yang sangat terkenal dan sudah di pasarkan ke seluruh dunia saking populer nya.

Tetapi banyak orang tidak mengetahui bahwa yakult merupakan minuman yang berasal dari Jepang dan banyak masyarakat dunia yang mengetahui bahwa yakult merupakan minuman yang terbuat dari negara nya sendiri.

Yakult sudah ada sejak tahun 1930 dan dibuat oleh doktor Minoru Shirota dan mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. pada tahun 1935.

Minuman dengan bentuk botol yang mungil dan imut ini sangat berguna bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, khususnya pada pencernaan karena mengandung banyak sekali bakteri baik didalamnya dan sudah teruji klinis.

Bahkan sekarang yakult membuat terobosan baru berupa ice cream yang terbuat dari bahan dasar yakult yang mengejutkan semua orang.

Selain rasanya yang segar dan enak, yakult juga baik bagi kesehatan, oleh karena itu tidak dipungkiri yakult menjadi salah satu minuman khas Jepang yang paling populer.

2. Minuman Khas Tradsional Jepang, Ocha

teh tradisional jepang

Ocha atau penyebutan lain dari green tea merupakan minuman khas jepang selanjutnya yang akan dibahas.

Minuman satu ini memiliki banyak sekali varian dan cara penyajiannya, dapat diseduh menggunakan air panas atau disajikan secara dingin.

Ocha biasanya diseduh menggunakan teko yang disebut dengan nama kyusu yang terbuat dari tanah liat yang bertujuan untuk menahan panas agar tidak keluar dan menjaga suhu tetap terjaga didalamnya.

Namun, saking populernya sekarang banyak ocha yang sudah dijual menggunakan kemasan langsung minum dengan berbagai varian rasa yang menyegarkan.

3. Matcha

alat upacara minum teh khas jepang

Walaupun menggunakan bahan dasar daun teh yang sama menggunakan daun teh hijau, matcha cukup berbeda dengan ocha.

Matcha memiliki bahan dasar daun teh yang lebih berkualitas dibandingkan dengan ocha, dimana daun teh di proses lebih rumit, dikukus, dikeringkan dan digiling menjadi bubuk teh.

Memiliki warna yang lebih pekat dan kental dibandingkan ocha dan aroma yang harum menjadikan matcha digunakan ke dalam berbagai makanan, seperti :

  • es krim,
  • kue,
  • cake,
  • biskuit,
  • permen,
  • dan berbagai olahan makanan dan minuman lainnya.

Sedangkan ocha memiliki warna yang lebih bening dan memiliki warna cenderung hijau kecoklatan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Matcha seringkali digunakan dalam upacara minum teh tradisional pada masyarakat Jepang, dimana penggunaan alat khusus yang bernama chasen.

Selain itu matcha memiliki nilai gizi lebih tinggi 10 kali lipat dan memiliki 137 kali lipat lebih tinggi dibanding kan dengan ocha.

4. Mugicha

Varian minuman teh Jepang lainnya ialah mugicha. Tetapi teh satu ini tidak menggunakan daun teh hijau seperti varian teh-teh lain yang sudah disebutkan diatas.

Mugicha terbuat dari seduhan gandum bakar yang memiliki khasiat yang besar bagi tubuh, seperti mengurangi stress dan dipercaya dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Untuk mendapatkan minuman khas Jepang satu ini pun sangat mudah, karena sudah tersedia di berbagai super market disana atau yang seringkali disebut kombini.

5. Oshiruko

sup tradisional jepang

Oshiruko merupakan minuman yang seringkali tersedia pada musim dingin atau termasuk kedalam kategori minuman yang nikmat jika disajikan hangat.

Daripada disebut minuman, oshiruko lebih mirip dengan sup karena memiliki tekstur yang kental yang terbuat dari kacang merah dan sangat cocok jika dipadukan dengan yakimochi yang terbuat dari tepung beras.

Walaupun termasuk ke dalam kategori minuman tradisional, tetapi sudah banyak penjual oshiruko yang sudah mengemasnya dalam bentuk kaleng dan siap makan.

Jadi untuk membelinya cukup mudah, hanya cukup pergi ke super market terdekat ataupun toko permen yang ada disana.

6. Ramune

minuman soda khas jepang

Jika tadi ada oshiruko yang sangat cocok disajikan ketika musim dingin, di jepang ada minuman yang sangat cocok pada musim panas yang bernama ramune.

Ramune ini sejenis soda atau minuman ringan berkarbonasi yang mempunyai rasa lemon segar didalamnya.

Terdapat keunikan pada botol yang digunakan dan cara membuka botol ini, dimana terdapat kelereng penyumbat pada leher botol yang akan berbunyi jika ditekan.

Minuman ini sangat mudah ditemukan pada musim panas saja dan daerah daerah pesisir pantai di Jepang.

7. Aojiru

minuman sayur khas jepang

Minuman khas Jepang yang halal terakhir ialah aojiru. Minuman ini merupakan minuman yang terbuat dari sayuran dan di promosikan setiap hari oleh pemerintah jepang untuk meminumnya 1 kali dalam sehari.

Aojiru memiliki banyak manfaat bagi tubuh, walaupun rasanya memang tidak begitu disukai bagi beberapa orang, khusunya bagi orang yang tidak menyukai sayuran.

Tetapi, stasiun TV di Jepang tetap mempromosikan aojiru sebagai minuman sehat yang memiliki rasa yang enak dan lezat untuk diminum.

Aojiru dapat anda dapatkan dengan mudah dalam bentuk serbuk yang dapat anda campurkan dengan air dingin ataupun air hangat.

Minuman Alkohol Khas Jepang

minuman alkohol khas jepang

1. Sake

gelas sake

Sake merupakan minuman yang terbuat dari proses fermentasi beras yang dimana proses pembuatan sake tersebut dapat membutuhkan proses yang rumit dan panjang untuk mendapatkan rasa yang sempurna.

Oleh karena itu terdapat banyak varian sake sesuai kualitasnya dengan harga yang relatif murah sampai dengan harga yang relatif mahal.

Bisa dibilang sake ini merupakan bir nya masyarkat Jepang dimana sake disajikan hampir di setiap restoran, kedai ataupun mini market disana.

Rasanya sendiri mirip-mirip dengan tape ketan, tetapi dengan kualitas yang baik, sake dapat menjadi minuman yang sangat berkelas dan disajikan di restoran mewah sekalipun.

Sebenarnya sake mempunyai 2 jenis, dimana sake yang mengandung alkohol dan sake yang tidak mengandung alkohol.

Jadi, untuk kalian umat muslim harus hati-hati untuk tidak keliru jika mencoba sake non-alkohol satu ini ya.

2. Shocu

gelas shochu

Jika kalian mencari minuman alkohol khas Jepang yang lebih kuat daripada sake, mungkin sochu merupakan pilihan yang tepat.

Sochu terbuat dari hasil penyulingan umbi-umbian dan di proses sampai menjadi minuman satu ini.

Kadar alkohol pada sochu memang lebih tinggi ketimbang dari sake, tetapi tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan whisky ataupun minuman alkohol lainnya yang sejenis.

3. Amakaze

amakaze dan buah plum

Amakaze merupakan minuman ber alkohol khas Jepang lainnya yang terbuat dari hasil fermentasi dari beras.

Minuman satu ini biasanya dijual pada saat acara-acara tertentu seperti festival rakyat jepang yang seringkali disebut dengan nama matsuri.

Amakaze sangat nikmat diminum ketika cuaca sedang dingin ataupun pada malam hari, karena amakaze dapat menghangatkan tubuh, apalagi jika disajikan secara hangat, dimana uap nya saja sudah dapat mengusir hawa dingin.

4. Sobacha

minuman pedas khas jepang

Jepang merupakan sebuah tempat yang menyimpan berbagai hal yang dianggap aneh bagi beberapa orang, salah satunya ialah minuman khas Jepang satu ini yang bernama sobacha.

Sobacha, memiliki rasa pedas, yap benar rasa pedas. Rasa pedas tersebut berasal dari biji soba atau buah beri panggang yang diseduh dan dijadikan minuman.

Bagaimana unik bukan ? Untuk mendapatkan minuman unik satu ini sangat mudah karena sudah dijual di tempat-tempat makan, seperti kedai, restoran dan super market.

Kesimpulan

Minuman khas Jepang memang sangat unik dan menggoda, tetapi bagi kalian umat muslim harus teliti dalam memilih minuman yang akan kalian coba.

Terdapat beberapa minuman yang mungkin mengandung alkohol didalamnya dimana hal tersebut tidak dibolehkan dalam ajaran Islam.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati