Manfaat Minum Teh

Manfaat Minum Teh

sempati.co.id – Teh mungkin merupakan minuman yang tidak terlalu populer bagaikan kopi.

Namun, teh memiliki penggemar yang setia, terutama di daerah Asia, termasuk di Indonesia.

Walaupun tidak sepopuler kopi, tetapi kedua minuman ini mengandung senyawa kafein yang terkenal dengan energy booster nya.

Oleh karena itu, teh memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, layaknya kopi.

Apa saja manfaat minum teh tersebut ? Yuk ! Kita bahas satu persatu dalam tulisan di bawah ini.

Manfaat Minum Teh Setiap Hari

Manfaat minum teh setiap hari

Teh seringkali dijadikan minuman yang disediakan sehari-hari sebagai pengganti air putih di beberapa daerah di Indonesia.

Hal tersebut bukan semata-mata budaya ataupun kebiasaan, tetapi memang teh memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Teh mengandung antioksidan, zat besi, magnesium, kalium, fosfor dan kafein yang berfungsi sebagai senyawa yang mampu memberikan banyak sekali manfaat, seperti mencegah kanker hingga menghaluskan kulit.

Ada banyak macan-macam ragam teh berdasarkan daunnya, seperti teh hijau, teh oolong, teh hitam dan teh lainnya.

Oleh karena, teh baik dikonsumsi setiap hari dengan tidak berlebihan, bahkan teh seringkali dijadikan untuk jamuan para bangsawan dan raja-raja terdahulu.

Adapun manfaat minum teh, ialah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

sistem pencernaan baik

Manfaat minum teh yang pertama ialah meningkatkan sistem pencernaan secara alami.

Teh dipercaya sejak dari dahulu sebagai minuman herbal yang dapat meredakan berbagai penyakit pencernaan, seperti diare, mual dan muntah.

Antioksidan yang terkandung pada teh, dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan dengan meningkatkan imunitas pada tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah diserang oleh berbagai penyakit.

Oleh karena itu, jika mengalami mual, rebusan daun teh hangat terlebih lagi dicampur dengan bahan herbal lain, akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

2. Manfaat Minum Teh Tawar Panas Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

teh tawar panas untuk kesehatan tulang dan gigi

Teh mengandung kalium, magnesium dan fosfor sehingga teh dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi.

Sebuah riset yang dilakukan oleh universitas di Jepang menyatakan bahwa perubahan pH yang terjadi ketika meminum teh tawar panas tanpa gula dapat mencegah gigi berlubah.

Selain itu, mereka juga berpendapat bahwa teh dapat mencegah tulang dari pengeroposan atau yang disebut dengan osteoporosis, karena dapat membantu tulan guntuk meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang.

Namun, harus diingat manfaat tersebut lebih efektif jika meminum teh tawar atau seduhan teh panas tanpa gula dan campuran lainnya.

3. Mencegah Dehidrasi

ilustrasi pria terkena dehidrasi

Tubuh kita memerlukan cairan untuk menjalankan aktifitas sehari-hari secara optimal.

Namun, aktifitas berat dapat menguras energi yang membuat tubuh kekurangan cairan.

Oleh karena itu, tubuh mengalami kekurangan cairan yang disebut dengan dehidrasi.

Tetapi dengan meminum air putih saja, terkadang tubuh masih membutuhkan cairan dan elektrolit yang lebih, sehingga membutuhkan sumber lain yang lebih baik.

Teh hitam dipercaya dapat mengembalikan cairan dan elektrolit pada tubuh dengan cepat, sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

4. Manfaat Minum Teh Untuk Menurunkan Berat Badan

manfaat minum teh untuk menurunkan berat badan

Jika kalian sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, mungkin teh dapat menjadi salah satu solusi untuk menemani program diet kalian secara efektif.

Teh dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, karena teh mengandung senyawa polifenol yang berfungsi untuk menekan penyerapan lemak dan gula kompleks.

Sehingga berat badan tidak akan bertambah karena terhambat oleh manfaat dari senyawa tersebut.

Namun, hal tersebut harus dibarengi dengan pembatasan asupan lemak dan gula, ditambah dengan olahraga yang teratur.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

seduhan teh dan bunga melati

Selain beberapa manfaat di atas yang sudah disebutkan, siapa sangka teh sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal tersebut dikarenakan senyawa antioksidan yang bernama flavonoid. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi.

Selain itu senyawa flavonoid juga dapat membantu menurunkan kadak kolesterol jahat (LDL) pada tubuh, sehingga jantung tetap sehat.

6. Baik Untuk Penderita Diabetes

teh dan matahari terbenam

Jika anda mengalami atau hanya takut terserang penyakit diabetes, mulailah mengkonsumsi teh sebagai minuman alternatifnya.

Karena teh sangat baik untuk penderita diabetes karena kandungan senyawa katekin dan flavonoidnya.

Senyawa tersebut berfungsi untuk mengontrol gula darah dengan cara meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga gula akan dicerna dengan baik.

Selain itu juga, teh dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Namun, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

7. Mengurangi Resiko Kanker

teh lemon

Resiko terkena penyakit kanker dapat terjadi pada setiap orang, karena memang sel kanker sudah ada pada tubuh kita.

Namun sel tersebut jika terlalu banyak dapat menimbulkan penyakit kanker yang dapat mengancam nyawa manusia.

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti radikal bebas.

Untuk mengatasi hal tersebut, tubuh memerlukan asupan antioksidan sebagai senyawa alami yang dapat menangkal radikal bebas tersebut.

Teh mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk mengurangi resiko kanker, seperti polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Oleh karena itu rajinlah mengkonsumsi teh agar dapat terus terhindar dari penyakit berbahaya satu ini.

8. Mengontrol Tekanan Darah

manfaat minum teh untuk menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi merupakan penyakit atau kondisi dimana tekanan darah terbilang tinggi dari biasanya.

Kondisi tersebut merupakan faktor utama dari berbagai penyakit yang terjadi pada jantung atau kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung dan lain sebagaiannya.

Seperti yang sudah disebutkan, teh mengandung senyawa polifenol dan flavonoid yang baik untuk memperlancar peredaran darah, sehingga jika aliran darah kita lancar maka kerja jantung tidak akan terbebani akibat aliran darah yang tinggi.

Oleh karena itu, jika aliran darah normal maka jantung tidak akan bekerja keras dalam bekerja, sehingga kesehatan jantung akan semakin terjaga.

Kesimpulan

Manfaat minum teh yang sudah dijelaskan di atas, semoga menjadi sumber informasi yang berguna bagi pembaca dan masyarakat luas.

Teh juga walaupun memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, alangkah baiknya tidak mengkonsumsi nya secara berlebihan, karena dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti :

  • Sering buang air kecil
  • Mual
  • Gugup
  • Susah tidur
  • Detak jantung tidak teratur

Konsumsi teh maksimal 3 cangkir sehari agar manfaat yang didapatkan maksimal dan tidak menimbulka efek samping negatif pada tubuh.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati