Manfaat Minum Teh Hijau

Manfaat minum teh hijau

sempati.co.id – Mungkin kebanyakan orang menyukai meminum teh, tetapi bagaimana dengan teh hijau ?

Teh hijau memang memiliki rasa yang lebih pahit dari teh pada biasanya, oleh sebab itu banyak orang tidak menyukai rasa dari teh hijau.

Walaupun demikian, ada banyak penggemar teh hijau yang setia meminum jenis teh tersebut karena memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Manfaat minum teh hijau beragam, dimulai dari membuat rileks, menurunkan berat badan bahkan mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Mengapa ? Karena teh hijau memiliki banyak nutrisi alami yang sangat baik bagi kesehatan.

Untuk mengetahui itu semua dimulai dari manfaat sampai kandungan nutrisi teh hijau, yuk kita cari tahu semuanya pada tulisan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

dua gelas teh hijau lengkap dengan daun teh

Teh hijau atau dengan nama latin camellia sinensis merupakan salah satu jenis teh yang cukup populer di daerah asia, seperti China, Jepang dan termasuk Indonesia.

Jenis teh satu ini memiliki nutrisi yang bisa dibilang lebih terjaga, karenna memiliki proses pengolahan yang singkat dibandingkan dengan jenis teh lain.

Adapun kandungan nutrisi dari teh hijau itu sendiri cukup banyak, ialah sebagai berikut :

  • Protein : 28,3 gram
  • Lemak : 4.8 gram
  • Karbohidrat : 53,6 gram
  • Serat : 9.6 gram
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Kalsium : 245 mg
  • Vitamin B2 : 1,24 mg
  • Fosfor : 415 mg
  • Vitamin B3 : 4,6 mg
  • Zat besi : 18.9 mg
  • Natrium : 60 mg
  • Kalium : 5.87 mg
  • Tembaga : 0,50 mg
  • Beta-Karoten : 8.4 mcg
  • Vitamin C : 230 mg

Selain nutrisi diatas, ada banyak lagi nutrisi lainnya seperti antioksidan, antikanker dan antiradang yang baik untuk menjaga kesehatan.

10 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh hijau dalam gelas berwarna hijau bening

Berdasarkan informasi nilai gizi dari teh hijau, dapat disumpulkan beberapa manfaat dan khasiat dari minum teh hijau itu sendiri.

Setidaknya ada 10 manfaat minum teh hijau yang dapat kalian ketahui, seperti :

1. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood

Mood swing dengan simbol senang dan sedih pada balok

Jika mengalami masalah mood atau mengalami stress, alangkah baiknya mengkonsumsi teh hijau.

Mengapa ? karena teh hijau memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat meringankan kondisi tersebut.

Kandungan i-theanine, epigallocatechin gallate dan kafein dipercaya dapat mengurangi rasa cemas, tegang dan stress berlebih yang dapat memperngaruhi kondisi tubuh dan mental anda.

2. Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Pria

pria meminum teh

Siapa sangka teh hijau memiliki manfaat yang baik untuk para kaum pria, khususnya pada hal yang berkaitan dengan fungsi reproduksi.

Teh hijau dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, termasuk pada bagian penis pria.

Hal tersebut tentu saja sangat baik untuk penis, karena asupan darah pada penis menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi atau yang seringkali disebut dengan impoten.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa kandungan polifenol pada teh hijau mampu melemaskan dinding arteri sehingga menjadi lancar dan juga mencegah kondisi aterosklerosis.

Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana pembuluh darah menjadi menyempit yang terjadi dengan gejala susah ereksi.

3. Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Wanita

wanita meminum teh

Selain untuk pria, teh hijau juga sangat baik bagi kesehatan hubungan intim bagi wanita.

Sebuah penelitiaan yang dilakukan di sebuah universitas di Amerika menyatakan bahwa kandungan kafein pada teh hijau dapat meningkatkan gairah seks pada wanita.

Hal tersebut dikarenakan kafein tersebut cukup kuat untuk memberikan stimulasi pada otak yang mengendalikan gairah wanita.

Oleh karena itu mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat meningkatkan kualitas hubungan intim pasangan kalian.

4. Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Diet

Jika kalian sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, mungkin teh hijau dapat menjadi salah satu pilihan yang baik.

Pasalnya, teh hijau mengandung antioksidan alami yang dapat memecah lemak pada tubuh yang berlebihan.

Antioksidan tersebut juga dapat meningkatkan dan mempercepat metabolisme tubuh, sehingga tubuh membakar lemak lebih cepat.

Oleh sebab itu teh hijau dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan segnifikan yang sangat cocok dijadikan salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Segelas teh hijau disajika di atas gelas berwarna hijau dengan daun teh

Ada begitu banyak manfaat minum teh hijau, namun mungkin manfaat satu ini merupakan manfaat yang sangat dibutuhkan, mengingat banyaknya polusi dan radikal bebas yang kita temui setiap harinya.

Yap, benar bahwa teh hijau memiliki potensi untuk mengurangi resiko penyakit kanker, karena kandungan polifenol.

Polifenol merupakan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan bermacam jenis sel kanker, dimulai dari kanker kulit, paru-paru hingga lambung dan payudara.

Namun, pernyataan tersebut masih membutuhkan waktu dan penelitian lebih lanjut agar dapat dibuktikan kebenarannya.

6. Menurunkan Resiko Peradangan

teh hijau lengkap dengan alat membuat teh

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, dimulai dari asap rokok, polusi dan sinar matahari.

Namun, jangan risau karena teh hijau mungkin dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Teh hijau mengandung kandungan aktif seperti i-theanine dan epigallocatechin gallate, ditambah dengan kandungan kafein yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

7. Menjaga Kesahatan Jantung

teh hijau dengan sticker hati melambangkan baik untuk jantung

Selain peradangan, ternyata kandungan aktif pada teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Menkonsumsi teh hijau secara rutin juga dapat melemaskan otot-otot pada pembuluh darah sehingga mampu menurunkan dan menstabilkan aliran darah.

Aliran darah normal merupakan faktor penting agar tidak terkena berbagai penyakit kardiovaskula, karena kinerja jantung akan sangat terbebani jiga aliran darah tidak normal, seperti hipertensi.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan berbagai resiko penyakit jantung, seperti gagal jantung kongestif.

8. Menurunkan Resiko Diabetes

Teh hijau dapat menurunkan resiko diabetes

Teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan resiko diabetes, karena kandungan teh hijau sangat baik untuk penderita diabetes.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin pada tubuh, sehingga dapat mengurangi kadar gula darah untuk penderita diabetes.

Oleh karena itu mengkonsumsi teh hijau dapat membantu meringankan dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, namun alangkah lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Memegang cangkir berisikan teh hijau

Teh hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, karena teh hijau mengandung kafein yang memiliki kemampuan untuk menghambat adenosin.

Adenosin tersebut merupakan sebuah senyawa yang dapat menimbulkan rasa kantuk pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan fokus ketika melakukan aktifitas.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, teh hijau dapat memperlancar peredaran darah, sehingga asupan oksigen pada otak akan menjadi optimal.

Teh hijau juga dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak agar fungsi dan daya ingat otak meningkat dan mengurangi berbagai penyakit otak seperti alzheimer.

10. Menghilangkan Bau Mulut

Ladang teh hijau di pegunungan

Jika kalian mengalami bau pada mulut, mungkin teh hijau dapat mengatasinya.

Manfaat teh hijau satu ini jarang sekali orang tahu, dimana teh hijau mengandung tanin yang memiliki sifat antibakteri.

Sehingga kuman dan bakteri pada mulut akan berkurang sehingga terhindar dari bau mulut.

Selain itu, teh hijau juga dapat menghambat pertumbuhan plak pada gigi, oleh karena itu mengkonsumsi teh hijau dapat meningkatkan kesehatan mulut dan gigi kalian.

Waktu Terbaik Minum Teh Hijau

Membuat teh hijau dari daun menjadi serbuk

Teh hijau memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, tetapi harus diperhatikan juga kapan waktu terbaik minum teh hijau agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Seperti kopi, teh hijau mengandung kafein.

Teh hijau mengandung kafein, jadi waktu terbaik untuk minum teh hijau ialah menghindari waktu sebelum tidur, karena dapat mengurangi kualitas tidur bahkan insomnia.

Boleh-boleh saja meminum teh hijau sebelum tidur karena memiliki manfaat untuk membuat rileks, tetapi alangkah baiknya memberikan jeda 2 jam sebelum tidur.

Hindari juga meminum teh hijau sebelum makan, karena teh hijau dapat merangsang produksi asam lambung.

Kesimpulan

Manfaat minum teh hijau sudah kalian ketahui, untuk mendapatkan manfaat itu semua konsumsi teh hijau secara rutin agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati