Manfaat Minum Susu

Manfaat Minum Susu

sempati.co.id – Manfaat minum susu salah satunya untuk meningkatkan kesehatan tulang, karena susu memang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Oleh karena itu susu merupakan produk yang sudah dari dulu digunakan sebagai produk yang dapat diolah menjadi berbagai bahan makanan seperti keju, margarin dan mentega.

Namun, apa saja sih manfaat minum susu secara lengkap ? Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas apa saja manfaat susu jika dikonsumsi setiap hari.

Yuk ! Kita bahas satu per satu pada tulisan di bawah ini yang sudah penulis rangkum untuk kalian.

Manfaat Minum Susu Setiap Hari

Manfaat minum susu setiap hari

Susu dikenal sebagai minuman sehat, oleh karena itu pemerintah mempunyai slogan empat sehat lima sempurna dan salah satunya ialah susu.

Oleh karena itu dimulai dari anak-anak sampai orang dewasa diwajibkan untuk meminum susu setiap hari karena dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Pada jaman sekarang susu banyak di olah menjadi berbagai jenis, dimulai dari susu bubuk hingga susu kental manis.

Namun, pada umumnya kandungan nutrisi susu secara umum tidaklah berbeda seperti kalsium, kalium, zat besi, vitamin dan lain sebagainnya.

Adapun kandungan susu dalam 100 ml susu sapi, ialah sebagai berikut :

  • Air : 88,3 gram
  • Energi : 61 Kal
  • Protein : 3,2 g
  • Lemak : 3,5 g
  • Karbohidrat : 4,3 g
  • Kalsium : 143 mg
  • Vitamin B1 : 0,03 mg
  • Fosfor : 60 mg
  • Vitamin B2 : 0,18 mg
  • Zat besi : 1,7 mg
  • Natrium : 36 mg
  • Kalium : 149 mg
  • Seng : 0,3 mg
  • Vitamin A : 39 mcg
  • Beta-karoten : 12 mcg
  • Vitamin C : 1 mg

Berdasarkan kandungan nutrisi di atas, dapat kita simpulkan beberapa manfaat minum susu sapi setiap hari, diantaranya sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat minum susu dapat menjaga kesehatan tulang

Manfaat minum susu yang pertama bukan menjadi rahasia lagi, yaitu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

Kandungan kalsium, fosfor, zat besi dan kandungan mineral lain merupakan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Untuk menjaga kesehatan tulang, diperlukan asupan kalsium 1000-1200 mg per hari untuk orang dewasa dan 1000 mg untuk anak di atas 1 tahun.

Mineral tersebut mampu menghindarkan kita dari pengeroposan tulang atau osteoporosis, sehingga tulang akan semakin kuat.

Tetapi, beberapa sumber mengatakan bahwa mengkonsumsi susu secar berlebihan dapat memberikan efek sebaliknya, yaitu keretakan tulang.

Oleh karena itu, alangkah baiknya mengkonsumsi susu sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

2. Manfaat Minum Susu Bagi Orang Dewasa

Manfaat minum susu untuk orang dewasa

Orang dewasa dan lanjut usia sangat rentan terkena penyakit hipertensi atau yang seringkali disebut dengan nama darah tinggi.

Kandungan kalium pada susu sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah.

Menurut American Heart Association, orang dewasa dengan tekanan darah lebih tinggi dari 120/80 dianjurkan untuk meningkatkan asupan kalium.

Menurut Men’s Health, mengkonsumsi kalium dengan jumlah banyak sangat tidak dianjurkan untuk orang yang mempunyai masalah dengan ginjal.

Kalium dapat membantu merangsang molekul yang mengembalikan natrium pada darah, sehingga mengeluarkan lebih banyak sodium, sehingga tekanan darah dapat menurun.

3. Menjaga Kesehatan Mata

anak minum susu

Siapa sangka meminum susu setiap hari dapat menjaga kesehatan mata dengan kandungan nutrisi nya.

Susu mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan.

Selain itu dengan meminum susu murni tersebut, mata kalian juga akan terhindar dari berbagai masalah mata, seperti mata kering dan peradangan pada mata.

Kandungan vitamin A pada susu juga merupakan nutrisi penting untuk mata, dimana vitamin tersebut merupakan nutrisi untuk indra penglihatan yang baik.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat minum susu untuk meningkatkan imunitas tubuh

Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan mata, tetapi manfaat minum susu juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita dari berbagai serangan penyakit.

Hal tersebut dikarenakan oleh vitamin A dan vitamin B12 yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan merangsang pembentukan sel darah putih.

Sel darah putih berfungsi untuk menghancurkan kuman, bakteri dan virus yang berada pada tubuh, sehingga jika produksi sel darah putih meningkat, maka sistem kekebalan tubuh juga meningkat.

5. Meningkatkan Masa Otot

susu dapat meningkatkan masa otot

Susu mengandung protein, dimana kandungan tersebut dibutuhkan untuk membangun dan meningkatkan masa otot.

Protein tersebut tentu saja membantu kalian untuk mendapatkan bentuk otot yang diinginkan.

Tetapi hal tersebut harus dibarengi dengan olahraga rutin, bukan sekedar olahraga biasa, tetapi olahraga yang difokuskan untuk membentuk otot.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

susu untuk meningkatkan kesehatan jantung

Tekanan darah yang tidak normal ataupun tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu faktor terbesar yang mengakibatkan berbagai penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan jika aliran darah tidak lancar, maka kinerja jantung akan terbebani dan akan bekerja lebih berat daripada biasanya.

Jika tidak ditangani dengan benar, maka lama-kelamaan akan berhimbas pada datangnya penyakit seperti, stroke, gagal jantung, serangan jantung dan lain sebagainnya.

Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi susu akan mengurangi resiko tersebut, karena susu mengandung cukup banyak kalium untuk menurunkan tekanan darah.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

susu untuk meningkatkan fungsi otak

Tidak hanya baik untuk tulang, tetapi dengan meminum susu setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak.

Mengapa ? Karena susu mengandung cukup banyak zat besi untuk merangsang pertumbuhan hemoglobin pada tubuh.

Sehingga pasokan oksigen pada tubuh yang disalurkan melewati sel tersebut akan menjadi optimal yang menyebabkan fungsi organ pada tubuh kita bekerja maksimal, termasuk pada otak kita.

Dengan terpasoknya oksigen pada otak, maka kinerja otak menjadi lebih baik, seperti meningkatnya daya ingat, konsentrasi dan lain sebagainnya.

8. Meningkatkan Suasana Hati

susu dapat meningkatkan suasana hati

Jika suasana hati sedang tidak karuan, mudah marah dan kesal, mungkin meminum segelas susu akan membantu meringankan perasaan tersebut.

Kandungan vitamin D pada susu dapat merangsang pembentukan hormon serotonin pada tubuh.

Hormon tersebut merupakan hormon yang mengatur suasana hati, sehingga suasana hati kita akan menjadi lebih baik dengan pikiran yang lebih positif.

Bahkan dalam sebuah penilitian juga, dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi susu sapi dapat menurunkan resiko terkena gejala depresi.

9. Menjaga Berat Badan

kue coklat dan susu

Banyak orang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi susu sapi dapat meningkatkan berat badan secara berlebih.

Namun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena berbagai kandungan pada susu sapi dapat meningkatkan masa otot pada tubuh dengan cara membakar lemak.

Selain itu susu dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama, sehingga baik untuk mengontrol pola makan sehingga tidak berlebihan.

Susu memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, jadi jika dikonsumsi secara berlebihan, jadi alangkah baiknya mengkonsumsi susu rendah lemak.

10. Manfaat Minum Susu Untuk Perempuan dan Kulit

Manfaat minum susu untuk perempuan dan kulit

Kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut sangat dipengaruhi oleh kolagen pada tubuh.

Oleh karena itu, produksi kolagen yang baik dapat mempertahankan kedua hal tersebut.

Asam amino pada susu sapi memliki fungsi yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen, sehingga rambut dan kulit akan menjadi lebih sehat dan terlihat cantik.

Selain itu juga, susu dipercaya dapat mengurangi dampak negatif atau berbagai keluhan akibat PMS bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi.

Kesimpulan

Berbagai manfaat minum susu yang sudah dijelaskan memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tetapi harus diperhatikan juga susu yang dipilih haruslah susu murni bukanlah susu kaleng yang memiliki campuran gula yang cukup merugikan bagi tubuh.

Selain itu konsumsilah secara wajar agar mendapatkan manfaat yang optimal dari susu.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati