Manfaat Minum Madu

Manfaat minum madu

sempati.co.id – Ada segudang manfaat minum madu yang diberikan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Bahkan dalam ajaran islam sendiri tidak diperkenankan membunuh lebah si penghasil cairan serba manfaat satu ini.

Nabi Muhammad SAW sendiri memilih madu sebagai salah satu makanan/minuman kesehariannya untuk menjaga kesehatan tubuh beliau.

Hal tersebut dikarenakan memang madu merupakan makanan/minuman yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Madu memiliki rasa manis alami yang berasal dari gula dan mengandung berbagai senyawa aktif seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, energi, antioksidan dan kandungan lainnya.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat minum madu setiap hari, yuk kita bahas satu persatu pada tulisan dibawah ini.

Manfaat Minum Madu Setiap Hari

Jenis dan manfaat minum madu setiap hari

Madu memang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, tetapi alangkah baiknya untuk membatasi konsumsinya.

Asupan gula tambahan yang baik setiap harinnya ialah 100 kalori dan 150 untuk pria.

Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, maka dari itu bijaklah untuk mengkonsumsinya.

Setidaknya ada 10 manfaat minum madu yang baik bagi kesehatan dan kecantikan jika dikonsumsi setiap hari, diantaranya ialah :

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Beberapa toples madu alami

Jika sering mengalami masalah pencernaan seperti, sembelit ataupun susah buang air besar (BAB), mungkin madu dapat membantu permasalahan diatas.

Madu dipercaya dapat memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan usus dari berbagai bakteri jahat.

Beberapa penelitian berpendapat bahwa, madu merupakan prebiotik, dimana prebiotik merupakan senyawa yang dapat meranggsang pertumbuhan bakteri baik bagi usus.

Oleh karena itu, dengan meminum madu secara rutin dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan yang baik.

2. Manfaat Minum Madu Bagi Wanita

Wanita minum madu

Tidak hanya diminum, tetapi madu juga terkenal dengan manfaat yang baik bagi kecantikan kulit jika dibuat menjadi masker atau hanya sekedar dioleskan pada bagian kulit.

Jika dioleskan pada kulit, madu dapat melembabkan bagian kulit yang diolesi, sehingga kesehatan kulit pun tetap terjaga dan tidak kering.

Selain itu manfaat mengoleskan madu pada kulit juga dipercaya dapat mengurangi bahkan mencegah jerawat yang timbul.

Tentu saja hal tersebut merupakan informasi yang sangat baik, khususnya bagi wanita yang sangat menjaga penampilannya, terutama pada kulit dan wajah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

madu dengan manfaat untuk kesehatan jantung

Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan, tetapi manfaat minum madu juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk jantung.

Hal tersebut dikarenakan berbagai kandungan antioksidan alami seperti flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Senyawa tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan memperlancarnya, sehingga kinerja jantung tidak akan diberatkan oleh kondisi tersebut.

Sehingga jantung akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti stroke dan penyakit jantung lainnya.

4. Membantu Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

wanita batuk dan sakit tenggorokan

Tidak hanya dapat menghindarkan kita dari penyakit berat seperti jantung, tetapi madu juga dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Mengapa demikian ? karena madu memiliki berbagai kandungan antioksidan yang baik, yang dapat meredakan peradangan pada tenggorokan.

Selain itu rasa manis pada madu juga dapat merangsang mulut untuk memproduksi air liur yang dapat melembabkan tenggorokan yang kering dan gatal.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat, alangkah baiknya menggunakan cara-cara yang alami untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

pria sakit karena sistem kekebalan tubuh rendah

Siapa sangka madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga madu menjadi minuman yang baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, madu juga memiliki kandungan antioksidan yang bernama fitonutrien yang dapat memperkuat sel imun yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, berbagai serangan penyakit seperti bakteri, virus dan kuman akan semakin kecil untuk menyerang tubuh kita.

6. Mengurangi Resiko Kanker

madu alami dipercaya untuk menurunkan resiko kanker

Kanker merupakan penyakit yang mematikan jika tidak ditangani dengan baik dan benar.

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kanker ialah serangan radikal bebas yang dapat merusak sel, sehingga menjadi sel kanker.

Oleh karena itu alangkah lebih baik untuk mencegah daripada mengobati, khsusnya penyakit mematikan seperti kanker.

Salah satu cara mengurangi resiko kanker ialah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi antioksidan sebagai senyawa alami penangkal radikal bebas.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat minum madu untuk mempercepat penyembuhan luka

Madu dapat mempercepat penyembuhan luka, seperti luka-luka yang terjadi pada kulit bagian luar, diantaranya seperti :

  • Luka bakar,
  • lecet,
  • dan lain sebagainnya.

Mengapa ? Karena madu mempunya sifat antibakteri, sehingga jika dioleskan dapat membunuh bakteri pada luka dan mengganti kulit mati dengan jaringan kulit yang baru.

Namun harus diperhatikan, madu yang dapat digunakan merupakan madu yang sudah terjaga kebersihannya atau steril.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

madu untuk meningkatkan kualitas tidur

Jika mengalami susah tidur atau mempunyai kualitas tidur yang buruk, maka madu mungkin dapat menjadi salah satu solusi atas permasalahan tadi.

Madu ternyata dapat merangsang pelepasan hormon serotonin dan mengubahnya menjadi melatonin, dimana hormon melatonin dapat membuat tubuh kita rileks, sehingga dapat memperbaiki kualitas tidur yang buruk.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan mengurangi susah tidur, dapat mengkonsumsi madu sebelum tidur.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Madu alami untuk menurunkan berat badan

Gula merupakan sebagian besar penyebab terjadinya kenaikan berat badan, bahkan penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Oleh karena itu cukup penting untuk membatasi asupan gula yang masuk pada tubuh, terlebih lagi pada orang yang sedang menjalani program menurunkan berat badan.

Untuk beberapa orang, mungkin konsumsi gula menjadi hal yang sulit dihindari, oleh karena itu alangkah baiknya untuk mengganti gula dengan madu.

Selain dapat menekan nafsu makan yang berlebih, madu juga mengandung gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan gula pasir untuk memberi rasa manis.

Hal tersebut tentu saja merupakan hal yang baik untuk membantu menurunkan berat badan, terlebih lagi beberapa penelitian madu juga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh sehingga dapat membakar lemak lebih optimal.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat minum madu untuk kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit jantung, dimana penumpukan lemak pada arteri dapat menyebabkan penyakit seperti, stroke dan serangan jantung.

Madu juga dipercaya dapat menurunkan tringliserida atau salah satu jenis lemak yang terdapat pada darah.

Lemak tersebut dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga tubuh rentan terkena penyakit jantung.

Beberapa penelitian berpendapat bahwa manfaat madu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan tringliserida secara bersamaan, sehingga sangat baik bagi tubuh.

Cara Minum Madu Yang Benar

cara minum madu yang baik dan benar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, madu tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat memicu beberapa penyakit yang tidak diinginkan.

Madu juga tidak boleh dikonsumsi oleh bayi atau anak usia dibawah satu tahun, karena beresiko menyebabkan keracunan.

Keracunan yang dimaksud ialah botulisme, dimana kondisi keracunan yang dapat menyerang saraf tubuh dan berpotensi fatal.

Oleh karena itu, ada beberapa cara minum madu yang baik dan benar untuk mendapatkan manfaat yang optimal, ialah sebagai beriktu :

  1. Minum madu sebelum tidur, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya alangkah baiknya meminum madu sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, bukan sebaliknya pada saat bangun tidur.
  2. Jangan dicampur air panas, mengapa ? Karena dengan mencampurkan dengan air panas dapat merusak nutrisi pada madu.
  3. Kenali jenis madu, madu memiliki banyak jenis dimana setiap jenis tersebut memiliki fungsi nya masing-masing, maka pilihlah yang sesuai dengan tujuan anda.

Kesimpulan

Manfaat minum madu memang begitu banyak, tetapi perlu diperhatikan intensitas mengkonsumsinya agar tidak berlebihan dan menimbulkan efek samping yang buruk.

Selain itu perlu diperhatikan juga cara mengkonsumsinya dengan baik agar mendapatkan mafaat yang maksimal.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati