Categories
Minuman

Manfaat Minum Kopi Pahit

sempati.co.id – Ada cukup banyak manfaat minum kopi pahit alias kopi hitam tanpa gula.

Kopi tersebut mempunyai cita rasa unik tersendiri yang khas tanpa tambahan lain seperti gula, susu dan krim.

Namun, memang kopi jenis ini tidak banyak peminat seperti jenis minuman kopi lain yang lebih memberikan rasa.

Tetapi dibalik rasanya manfaat kopi pahit cukup sepadan dengan rasa yang tidak banyak orang suka satu ini.

Untuk mengetahui apa saja manfaat minum kopi pahit secara lengkap, simak tulisan dibawah ini.

10 Manfaat Minum Kopi Pahit Bagi Kesehatan Tubuh

10 manfaat minum kopi pahit bagi kesehatan

Minuman kopi memang merupakan minuman yang sudah tak asing lagi bagi telinga masyarakat di Indonesia.

Kopi banyak sekali mengandung kafein, dimana sangat berguna bagi tubuh, salah satunya ialah memberikan lonjakan energi agar tetap terjaga atau mengurangi kantuk.

Namun ada banyak sekali kandungan nutrisi lain pada kopi seperti, vitamin, kromium, potasium, niacin, magnesium bahkan antioksidan seperti riboflavin, asam pantotenat dan mangan.

Kandungan tersebut pada dasarnya sangat berguna bagi kesehatan tubuh, namun jika ditambahkan gula, apalagi melebihi ambang batas maka dapat menyebabkan beberapa dampak seperti resiko diabetes.

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi pada kopi, dapat disimpulkan beberapa manfaat minum kopi pahit hitam, diantaranya sebagai berikut :

1. Meningkatkan Fungsi Otak

menyeduh kopi hitam dengan air panas

Mengapa kebanyakan orang meminum kopi pada pagi hari ? Hal tersebut ada hubungannya dengan manfaat minum kopi pahit di pagi hari.

Hal tersebut dikarenakan kafein pada kopi bersifat stimultan, dimana kafein akan langsung terserap pada aliran darah dan langsung menuju otak.

Pada saat itu kafein dapat meningkatkan fungsi otak, daya ingat, kewaspadaan bahkan kemampuan merespon pada sesuatu.

Selain itu meminum kopi juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer yang berujung pada demensia di usia tua.

Oleh karena itu meminum kopi sangat bermanfaat bagi otak dan dapat menghindari resiko terkena penyakit di hari tua.

2. Manfaat Kopi Hitam Bagi Pria

Manfaat kopi hitam bagi pria

Kopi sebagai minuman yang dapat mengusir kantuk memanglah sudah sangat awam bagi setiap orang.

Namun siapa sangka manfaat kopi pahit atau hitam bagi pria sangatlah baik, khususnya pada kesehatan intim.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa pria diatas 20 tahun yang meminum kopi 2 sampai 3 cangkir dalam sehari dapat terhindar dari masalah disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi tersebut merupakan sebuah kondisi kelainan seksual pria atau yang seringkali disebut dengan nama impoten.

Selain itu kopi dipercaya dapat meningkatkan stamina ketika melakukan hubungan intim dan membantu memperlancar aliran darah mengalir pada penis.

Namun itu semua masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan itu semua.

3. Manfaat Minum Kopi Pahit Hitam di Pagi Hari

manfaat kopi pahit hitam di pagi hari

Kopi memang memberikan energi yang dapat meningkatkan kinerja tubuh kita hingga pada tahap maksimal.

Hal tersebut dikarenakan kopi dapat meningkatkan kadar epinefrin atau adrenalin pada darah, dimana lemak tubuh yang tersimpan dilepaskan ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat dijadikan energi.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kandungan kafein pada kopi juga dapat meningkatkan fokus, refleks dan fungsi tubuh lainnya.

Sehingga tubuh akan terasa siap untuk menghadapi aktivitas harian anda dengan lebih maksimal dan optimal.

4. Manfaat Kopi Pahit Hitam bagi Wanita

Wanita memegang secangkir kopi pahit hitam

Wanita sangat rentan sekali dengan stress, sakit kepala sebelah atau migrain dan sakit kepala tipe tegang atau tension-type headache bahkan depresi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa meminum kopi dapat mengatasi berbagai masalah sakit kepala termasuk migrain dan tipe tegang pada wanita.

Bagi beberapa orang, mengehentikan kebiasan meminum kopi secara mendadak dapat memunculkan sakit kepala

Jadi mengkonsumsi kopi dapat mengatasi berbagai masalah sakit kepala yang mengganggu bagi wanita dan depresi.

5. Manfaat Kopi Hitam Untuk Wajah

Masker kopi baik untuk wajah dan kecantikan

Selain dijadikan minuman kopi memang seringkali dibuat untuk dijadikan masker wajah.

Biji kopi memiliki banyak sekali kandungan antioksidan alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Jika kalian mengaplikasikan masker pada wajah dengan bahan dasar kopi, masker tersebut dapat memberikan manfaat yang baik bagi wajah.

Manfaat kopi hitam untuk wajah diantara lain seperti membuat wajah tampak awet muda, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, menenangkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati dan lain sebagainnya.

6. Manfaat Minum Kopi Pahit Hitam Tanpa Gula Untuk Diet

Kopi hitam tanpa gula baik untuk diet

Siapa sangka kopi pahit tanpa gula dapat membantu kita dalam menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.

Pada faktanya kopi pahit tanpa gula dapat mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran lemak.

Hal tersebut disebut oleh sebuah penilitian jika kita mengkonsumsi 4 cangkir kopi secara rutin setiap hari.

Namun hal tersebut mungkin berlebihan, sehingga konsumsi kopi maksimal 2 cangkir saja setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan tidak menimbulkan efek samping tentunya.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

2 cangkir kopi pahit hitam baik untuk jantung

Kopi selain membuat kita mendapatkan tambahan energi secara segnifikan, tetapi kopi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai penyakit jantung atau kardiovaskular.

Secangkir kopi pahit mengandung asam klorogenat dimana senyawa tersebut dapat menurunkan resiko hipertens, aterosklerosis dan gagal jantung.

Selain itu kopi juga dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, karena kopi dapat mengurangi tingkat peradangan pada tubuh.

Jika aliran darah lancar maka jantung tidak perlu bekerja keras untuk menjalankan fungsinya, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Mood, Mengurangi Stress dan Depresi

kopi pahit hitam mengeluarkan uap

Suasana hati yang tidak baik, stress dan depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Kopi pahit hitam tanpa gula dapat membantu mengurangi stress bahkan depresi, karena secangkir kopi dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi berbagai hormon seperti dopamin, serotonin dan noradrenalin.

Hormon tersebut merupakan neurotransmiter yang sangat penting untuk meningkatkan suasana hati agar tetap senang dan bahagia.

9. Menjaga Kesehatan Hati

Seduhan kopi pahit hitam tanpa gula untuk kesehatan hati

Kopi dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan hati, namun hati disini bukanlah perasaan hati yang tersakiti yah.

Namun hati disini merupakan organ tubuh tempat dimana proses detoksifikasi atau membuang racun dilakukan.

Ada banyak berbagai penyakit pada hati seperti hepatitis dan pembekakan hati yang dapat berujung pada penyakit yang lebih parah, yaitu sirosis.

Sirosis merupakan sebuah kondisi dimana hati membengkak akibat dari tumbuhnya jaringan luka, sehingga hati akan membesar.

Sebuah penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin dapat menurunkan resiko terkena sirosis sebanyak 65%.

Namun, penelitian tersebut masih membutuhkan penelitian yang lebih dalam agar dapat membuktikan secara pasti.

10. Menurunkan Resiko Kanker

Kopi pahit hitam dapat mengurangi resiko kanker

Tidak hanya buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, tetapi kopi juga mengandung antioksidan alami yang dapat menghindarkan kita dari berbagai kerusakan sel yang berujung pada penyakit kanker.

Jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, khususnya kanker hati dan kolorektal dimana kedua kanker tersebut merupakan salah satu penyebab kematian akibat kanker tertinggi.

Efek Samping Kopi Pahit

Terlalu banyak kopi tidak baik untuk kesehatan

Walaupun kopi memiliki banyak manfaat, tetapi terdapat efek samping atau dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya sebagai berikut :

  • Meningkatkan Kecemasan dan Insomnia, ketika mengkonsumsi kopi, terjadi pelepasan hormon yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi baik, tetapi jika dikonsumsi pada saat mengalami gangguan kecemasan atau anxiety dapat memperburuknya. Selain itu juga kopi dapat mengganggu kualitas tidur anda, bahkan insomnia jika dikonsumsi sebelum tidur.
  • Sakit pada lambung, hal tersebut terjadi pada beberapa orang, karena kopi dapat meningkatkan kadar asam pada lambung sehingga terasa perih dan sakit.

Kesimpulan

Mungkin ada banyak manfaat minum kopi pahit hitam secara rutin setiap harinya, tetapi tetap bijak mengkonsumsinya dengan batas tertentu agar tidak menyebabkan efek samping atau dampak negatif bagi tubuh.

Selain itu usahakan meminum kopi tanpa menambakan gula terlalu banyak atau bahkan alangkah baik tidak menambahkan gula sama sekali agar terhindar dari berbagai penyakit, seperti diabetes.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas untuk mendapatkan informasi mengenai apa saja manfaat minum kopi pahit di pagi hari setiap harinya.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.