Manfaat Minum Air Hangat

8 manfaat minum air hangat di pagi dan malam hari

sempati.co.id – Tubuh kita membutuhkan air untuk menjaga keseimbangan dan menjalankan setiap organ pada tubuh agar tetap optimal.

Namun, tidak banyak orang tahu mengenai manfaat minum air hangat bagi tubuh.

Hal tersebut mungkin membuat beberapa orang kaget, tetapi hal tersebut merupakan fakta yang dapat memberikan kalian manfaat yang baik untuk kesehatan, bahkan kecantikan.

Ada banyak penelitian yang sudah dilakukan dan memang para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa air hangat sangat bermanfaat bagi tubuh jika diminum dengan suhu yang tepat.

Untuk mengetahui apa saja manfaat minum air hangat bagi tubuh, penulis sudah merangkum beberapa manfaat tersebut yang akan di jelaskan pada tulisan dibawah ini.

8 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

manfaat dari segelas air hangat

Bagi beberapa orang meminum air memang terasa sepele dan tidak terlalu penting, tetapi sebaliknya meminum air secara rutin dan teratur dapat meningkatkan fungsi organ pada tubuh agar tetap optimal loh!

Selain itu terdapat manfaat lain bagi tubuh, terlebih lagi jika diminum dengan suhu hangat ataupun panas.

Setidaknya ada 8 buah manfaat minum air hangat di pagi dan malah hari, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Meredakan Gejala Flu

manfaat uap air hangat untuk flu dan tenggorokan

Flu, batuk ataupun hidung tersumbat merupakan gejala ringan yang terjadi pada tenggorokan.

Namun, walaupun gejala tersebut tidak membahayakan tetapi terkadang sangat mengganggu dan menjengkelkan.

Untuk mengatasi hal tersebut tidak harus menggunakan obat untuk meredakannya, namun coba menggunakan cara yang sederhana terlebih dahulu seperti meminum air hangat.

Air hangat dapat meringankan gejala seperti flu, batuk, hidung tersumbat, dehidrasi bahkan sakit tenggorokan.

Terlebih lagi, air hangat dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan sekaligus uap yang dihasilkan dapat mengurangi lendir yang menghalangi saluran pernapasan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, penggunaan rempah seperti jahe, lemon dan madu dapat meningkatkan efektifitas manfaat yang dihasilkan.

2. Manfaat Minum Air Hangat Untuk Diet

menuangkan air mineral pada gelas

Tidak ada penelitian khusus yang dapat membenarkan bahwa meminum air hangat dapat menurunkan berat badan, namun meminum air secarar rutin dengan kadar yang tepat dapat membantu program diet.

Mengapa ? karena dengan mengkonsumsi air, dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh sebesar 30%, sehingga tubuh dapat membakar lemak lebih banyak.

Sebuah penelitian berpendapat bahwa air dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan membakar kalori lebih banyak, bukannya air hangat karena dengan meminum air dingin, suhu tubuh akan meningkat untuk menghangatkan air dingin.

Selain itu meminum air juga dapat memberikan sensasi kenyang yang dapat membantu program diet anda agar lebih optimal dan teratur.

3. Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kecantikan

Wanita cantik meminum air hangat

Memiliki kulit yang kusam memang merupakan hal yang cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Namun, jangan risau, dengan menggunakan hal-hal yang sederhana seperti meminum air hangat/panas dapat mempercantik kulit loh!

Air hangat atau panas ternyata dapat melakukan detoksifikasi pada kulit karena dapat meningkatkan suhu tubuh seseorang ketika meminumnya.

Suhu yang meningkat tersebut menyebabkan kulit berkeringat, dari keringat tersebut kulit akan mengeluarkan racun dari pori-pori kulit, sehingga kulit akan tetap terjaga kecantikannya.

4. Manfaat Minum Air Hangat Untuk Ginjal

manfaat minum air hangat untuk ginjal

Siapa sangka minum air hangat dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, khususnya ginjal.

Air hangat jika diminum pada pagi hari dipercaya dapat melarutkan asam yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Namun, pernyataan tersebut masih belum pasti manfaatnya, harus diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pernyatan tersebut.

4. Manfaat Minum Air Hangat Untuk Jantung

Tetesan air pada cangkir

Sirkulasi darah yang lancar merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan kesehatan jantung meningkat.

Hal tersebut dikarenakan jika saluran darah menyempit atau bahkan mengalami hipertensi, maka kerja jantung akan semakin berat.

Maka dari itu berbagai penyakit jantung seperti stroke, gagal jantung dan penyakit jantung lainnya akan mudah menyerang kita.

Dengan meminum air hangat dapat menjadi vasodilator atau sesuatu yang dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkannya.

Oleh karena itu, teknan darah akan menjadi normal dan jantung menjadi lebih sehat.

5. Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Wanita meminum air di pagi hari

Meminum air hangat di pagi hari dianjurkan oleh beberapa dokter, karena memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya ialah memperlancar sistem pencernaan, karena air hangat mampu membantu melarutkan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, oleh karena itu pergerakan usus menjadi meningkat.

Namun pernyataan tersebut masih membutuhkan penlitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenerannya.

6. Manfaat Minum Air Hangat di Malam Hari

manfaat minum air hangat di malam hari

Meminum air hangat sebelum tidur merupakan hal yang cukup baik dilakukan, karena memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur kalian.

Karena air hangat dapat membantu mengurangi kecemasan dan melemaskan otot dan aliran darah pada tubuh, sehingga tubuh menjadi rileks dengan aliran darah yang lancar.

Jadi minum air hangat di malam hari sebelum tidur dapat membuat anda tidur pulas.

7. Membuat Rileks dan Meredakan Stress

air panas di tuangkan pada cangkir putih

Air, kopi dan teh hangat atau panas dipercaya dapat membuat rileks seseorang, bahkan meredakan stress.

Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein yang terkandung didalamnya, namun bagaimana dengan air ?

Beberapa studi berpendapat bahwa hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh kafein, tetapi kadar suhu juga berperan dalam memperbaiki suana hati atau mood.

Karena, air dengan suhu hangat atau panas dipercaya dapat membantu menyehatkan saraf-saraf di tubuh, sehingga fungsi otak dan anggota tubuh lainnya dapat bekerja dengan optimal.

8. Mengurangi Sakit Pada Saat Menstruasi

manfaat minum air hangat untuk wanita

Terkadang kaum wanita merasa terganggu bahkan sakit jika sedang mengalami haid atau menstruasi.

Namun dengan meminum air hangat teratur dapat meringankan dan mengurangi rasa sakit ketika pada saat menstruasi.

Hal tersebut dikarenakan, intesitas minum yang dapat memenuhi kebutuhan cairan terpenuhi, sehingga rasa nyeri akibat haid dapat berkurang.

Selain itu, air hangat juga dapat merileksasikan otot dan pembuluh darah sehingga tidak terjadi keram.

Kesimpulan

Manfaat minum air hangat sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi agar organ pada tubuh dapat berjalan dengan optimal.

Selain itu ada banyak manfaat lain yang sangat baik dan berguna bagi kesehatan, oleh karena itu konsumsi air secara rutin agar kebutuhan air dan mineral kita tetap terpenuhi.

Sekian dan Terima Kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati