Categories
Minuman

Manfaat Jus Wortel

sempati.co.id – Manfaat jus wortel memang dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Namun terdapat banyak sekali manfaat yang terdapat pada jus wortel seperti menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan berat badan.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas apa saja manfaat dari jus wortel secara lengkap, yang akan dijelaskan pada tulisan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Jus Wortel

Kandungan nutrisi jus wortel

Wortel atau daucus carota merupakan tumbuhan sejenis umbi yang memiliki warna oranye yang kaya akan karbohidrat dan vitamin A.

Selain tinggi vitamin A, terdapat kandungan nutrisi lain seperti beberapa vitamin dan mineral yang tentu saja sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin B1, vitamin C, Serat, Kalsium dan lain sebagainnya.

Dalam sebuah wortel berukuran 100 gram, terkandung nutriri sebagai berikut :

  • Kalori : 94
  • Karbohidrat : 9,5 gr
  • Serat : 3 gr
  • Gula : 4,2 gr
  • Lemak : 0,15 gr
  • Protein : 0.9 gr
  • Vitamin A : 835 μg
  • Kalium : 320 mg
  • Natrium : 70 mg
  • Vitamin K : 13 μg
  • Kalisum : 30 mg
  • Vitamin B1 : 0,18 mg
  • Fosfor : 35 mg
  • Vitamin B6 : 0,252 mg
  • Folat : 20 μg
  • Vitamin C : 8 mg
  • Potasium : 349 mg

Selain nutrisi yang disebutkan diatas, terdapat senyawa fitokimia, seperti beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopenn dan zeaxanthin yang tentu saja sangat baik bagi tubuh.

10 Manfaat Minum Jus Wortel Setiap Hari

10 Manfaat minum jus wortel setiap hari

Berdasarkan kandungan nutrisi yang cukup banyak pada wortel, maka dapat disimpulkan beberapa manfaat dari jus wortel jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

Manfaat tersebut diantaranya seperti menjaga kesehatan jantung, mata, mengurangi resiko kanker dan beberap manfaat lainnya.

Setidaknya ada 10 manfaat jus wortel yang perlu kalian ketahui, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

simbol senyum pada perut menandakan kesehatan pencernaan

Jika kalian mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, bahkan konstipasi, alangkah baiknya meminum jus wortel untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada halnya jus wortel mengandung cukup banyak serat dan air, sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Serat mampu meningkatkan penyerapan air dan nutrisi pada usus, sehingga feses yang dihasilkan akan halus dan berisi, sehingga memperlancar aktifitas buang air besar (BAB) kalian.

Selain itu jus wortel juga merupakan minuman yang memiliki efek prebiotik, sehingga dapat menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus agar tetap terjaga.

2. Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan

wanita cantik memakan wortel

Memiliki kulit kusam dan kurang cantik merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri, terutama bagi kaum wanita.

Namun tenang, dengan mengkonsumsi jus wortel beberapa masalah tersebut dapat diatasi, karena jus wortel mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Vitamin C pada jus wortel dapat memperbaiki kerusakan sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan melakukan regenerasi lebih cepat, sehingga lebih elastis, sehat dan bercahaya.

Selain itu kandungan antioksidan pada jus wortel juga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan jaringan kulit yang menimbulkan flek hitam dan garis hitam pada kulit.

Kandungan beta-karoten, karoten dan likopen juga efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan yang terjadi akibat sinar matahari sekaligus merawat dan menjaga kesehatan kulit.

3. Manfaat Jus Wortel Untuk Lambung

Manfaat Jus Wortel Untuk Lambung

Bagi penderita penyakit lambung, mungkin jus wortel merupakan minuman yang tepat untuk meringankan nyeri pada lambung.

Mengapa ? Karena jus wortel merupakan jus yang memiliki banyak sekali komponen alkali alami yang dapat menetralkan asam lambung yang berlebih.

Oleh karena itu, jika asam lambung sedang naik, alangkah baiknya mengkonsumsi jus wortel dan mengkonsumsinya secara rutin agar terhindar dari penyakit satu ini.

4. Manfaat Jus Wortel Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memegang wortel

Wanita hamil membutuhkan banyak sekali nutrisi yang diperlukan agar proses kehamilan tetap terjaga kesehatannya.

Jus wortel menyediakan cukup nutrisi untuk memenuhi nutrisi harian tersebut, seperti kalsium, folat, potasium, magnesium, multi vitamin dan mineral.

Kandungan nutrisi tersebut dapat memperkuat tulang pada ibu dan janin, sekaligus mengurangi resiko cacat pada janin ketika melahirkan.

Antioksidan pada jus wortel juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Jadi, mengkonsumsi jus wortel secara rutin bagi ibu hamil sangatlah baik untuk menjaga kesehatan si ibu dan janin setiap harinya.

5. Manfaat Jus Wortel Untuk Mata

Manfaat jus wortel untuk mata

Siapa yang tidak mengetahui bahwa wortel merupakan sumber dari vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Sudah tidak asing lagi hal tersebut, karena memang jus wortel memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan mata, seperti vitamin A, likopen, lutein dan zeaxanthin.

Kandungan nutrisi yang disebutkan dapat menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit mata seperti katarak, rabun dan degenerasi manula.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jus wortel untuk menjaga kolesterol dan kesehatan jantung

Aliran darah yang baik merupakan kunci untuk menangkal berbagai penyakit pada jantung, karena jika aliran darah tidak normal maka beban kerja jantung akan bertambah.

Wortel merupakan sumber kalium dan potasium yang baik, dimana kalium dan potasium dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Sehingga peredaran darah akan menjadi lancar dan tidak tersumbat, resiko terkena penyakit jantung seperti stroke, hipertensi dan lain sebagainya juga akan menurun.

Jadi mengkonsumsi jus wortel secara rutin akan menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga kesehatannya.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

jus wortel dengan daun mint

Jus wortel merupakan jenis jus yang termasuk pada jus yang memiliki nilai indeks glikemik rendah, yang berarti kandungan karbohidrat pada makanan atau minuman tersebut tidak menimbulkan lonjakan gula darah.

Selain itu jus wortel mengandung cukup tinggi air dan serat, dimana serat pada jus wortel dapat mencegah terjadinya resistansi insulin sebagai salah satu faktor penyebab penyakit diabetes.

Dengan terkontrolnya kadar gula darah, maka resiko terserangnya berbagai penyakit seperti diabetes akan berkurang.

8. Menurunkan Resiko Kanker

jus wortel mix dengan jahe dan perasan jeruk

Kandungan nutrisi pada jus wortel dapat memperlambat pembetukan sel-sel kanker yang terjadi akibat dari paparan radikal bebas pada tubuh.

Beberapa kandungan tersebut seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, antosianin dan berbagai antioksidan lain yang bermanfaat bag itubuh.

Mengkonsumsi jus wortel secara rutin dapat mencegah berbagai kanker, seperti kanker prostat, kanker usus dan kanker payudara.

9. Menurunkan Berat Badan

jus wortel dan tomat

Memanfaatkan jus wortel sebagai salahs satu menu pada diet yang anda lakukan untuk menurunkan berat badan, mungkin dapat menjadi salah satu alternatif yang cukup baik.

Karena, jus wortel memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi, dimana serat dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama karena diproses tubuh cukup lama.

Sehingga anda dapat mendapatkan pola makan yang lebih teratur untuk melakukan program diet untuk menurunkan berat badan agar terhindar dari obesitas.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

jus tomat dan jus wortel

Kandungan nutrisi pada jus wortel seperti, vitamin C, vitamin A dan berbagai antioksidan nya terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan pada tubuh.

Hal tersebut karena kandungan nutrisi tadi dapat memicu tubuh untuk memproduksi antibodi lebih banyak, sehingga dapat menangkal berbagai virus, bakteri dan kuman yang dapat merusak tubuh.

Namun, untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tetap baik, tidak cukup hanya dengan meminum jus wortel, tetapi harus dibarengi dengan tidur dan olahraga yang teratur.

Resep Jus Wortel

resep jus wortel dan tomat

Agar tetap dapat menikmati jus wortel dengan rasa yang tidak membosanan, penulis akan memberikan resep jus wortel sederhana agar kalian tidak bosan meminumnya.

Pemilihan bahan tambahan menjadi poin penting dalam membuat jus wortel, karena tidak semua bahan cocok untuk dipadukan.

Penulis menambahkan jus tomat dan perasan lemon/jeruk agar rasa yang diberikan menjadi segar dan nikmat.

Selain itu manfaat jus wortel dan tomat sangat baik bagi tubuh untuk menjaga kesehatan kalian sehari-hari.

Untuk membuatnya sangat mudah, cukup sediakan bahan-bahan di bawah ini :

  • 100 gr tomat merah
  • 50 gr wortel
  • 300 ml air jeruk manis
  • 3 sdm madu
  • 100 ml air es

Cara membuat jus wortel mix pun sangat mudah dan sederhana, cukup ikut langkah-langkah berikut ini :

  1. Potong tomat dan wortel menjadi beberapa bagian kecil
  2. Masukan potongan tomat dan wortel ke dalam blender beserta bahan lainnya
  3. Blender hingga lembut dan merata
  4. Tuangkan pada gelas saji

Bagaimana ? mudah bukan ? Selain menyehatkan jus wortel dan tomat tersebut sangat segar dan sangat cocok dinikmati ketika sedang panas terik di siang hari.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa saja manfaat jus wortel, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi jus tersebut dan menambahkannya ke dalam menu harian kalian untuk mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan.

Namun penting untuk diingat agar tetap selalu membersihkan dahulu wortel sebelum diolah menjadi jus, karena wortel biasanya masih terdapat kotoran dan tanah yang menempel.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kesehatan pembaca dan masyarakat luas agar menerapkan pola hidup sehat.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.