Manfaat Jus Tomat

Manfaat Jus Tomat

sempati.co.id – Ada banyak perdebatan apakah tomat itu buah atau sayur, tetapi terlepas dari itu semua selain dijadikan sebagai masakan, ternyata ada banyak sekali manfaat jus tomat.

Manfaat jus tomat diantaranya ialah untuk menurunkan berat badan, membuang racun, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengetahui apa saja manfaat jus tomat, simak tulisan dibawah ini untuk mengetahui itu semua.

Kandungan Nutrisi Jus Tomat

Jus tomat dengan buah tomat

Tomat atau solanum lycopersicum merupakan sayur atau buah yang memiliki banyak variasi yang berbeda dimulai dari warna dan ukuran.

Namun kandungan tomat tidak jauh berbeda yang satu dan yang lainnya.

Sebelum mengetahui apa saja manfaat jus tomat, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja kandungan nutrisi dari tomat itu sendiri.

Tomat memiliki banyak nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, seperti vitamin C, vitamin B, protein, serat, kalsium dan berbagai nutrisi lainnya.

Kandungan tomat secara lengkap dapat di lihat dibawah, setiap 100 gram tomat mengandung :

  • Air : 93 gram
  • Energi : 24 kalori
  • Protein : 2 gram
  • Lemak : 0.7 gram
  • Karbohidrat : 3.3 gram
  • Serat : 1.8 gram
  • Kalsium : 5 miligram (mg)
  • Fosfor : 27 mg
  • Vitamin B1 : 0.07 mg
  • Zat besi : 0.5 mg
  • Vitamin B2 : 0.04 mg
  • Natrium : 10 mg
  • Kalium : 210 mg
  • Tembaga : 0.07 gram
  • Seng : 0.2 mg
  • Beta-Karoten : 384 mcg
  • Karoten total : 320 mcg
  • Niasin : 0.7 mg
  • Vitamin C : 30 mg

Ada berbagai kandungan nutrisi yang tak disebutkan di atas, namun memiliki pernanan penting dalam tomat, seperti kandungan likopen, enzim fitoena dan fitofluena.

Karena memiliki kadar yang rendah, tidak perlu disebutkan diatas, namun hal tersebut tidak berarti tidak penting, namun memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

10 Manfaat dan Khasiat Minum Jus Tomat Setiap Hari

khasiat dan manfaat jus tomat

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi dari jus tomat, maka berdasarkan dari hal tersebut dapat disimpulkan beberapa manfaat dan khasiat jus tomat.

Setidaknya ada 10 manfaat jus tomat yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

pria mengalami gangguan pencernaan

Jika kalian sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar, mungkin jus tomat dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jus tomat mengandung cukup banyak serat dan air yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Serat dan air dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada usus, sehingga feses yang dihasilkan akan lebih lembut dan berisi.

Mungkin terdengar bertolak belakang, tetapi keunikan jus tomat dapat mengatasi sembelit sekaligus dengan diare

Selain itu serat dan air dapat membuang kotoran pada usus dan memperlancar pergerakan usus, sehingga dapat terhindar dari masalah sembelit.

2. Manfaat Jus Tomat Untuk Kulit dan Kecantikan

manfaat jus tomat untuk kecantikan

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Hal tersebut dikarenakan vitamin C dapat mendorong pembentukan kolagen, dimana kolagen sebagai komponen penting dalam pertumbuhan kulit, rambut sampai kuku.

Sebuah penilitian juga menemukan bahwa pasta tomat dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat dari paparan sinar matahari, polusi, asap dan lain sebagainnya.

Kandungan vitamin C juga dapat menghindarkan kita dari berbagai macam kerusakan kulit seperti, keriput, noda hitam, garis halus dan berbagai masalah penuaan kulit.

3. Manfaat Jus Tomat Untuk Pria

jus tomat mengurangi resiko kanker prostat pada pria

Siapa sangka jus tomat memiliki manfaat yang baik bagi kesuburan pria, dimana jus tomat dapat menjaga kualitas sperma bahkan sampai mengurangi resiko kanker prostat.

Kandungan likopen pada jus tomat merupakan senyawa antioksidan yang sangat baik bagi pria, karena dapat menangkal radikal bebas.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa mengkonsumsi tomat dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma hingga 70 persen

Selain meningkatkan kualitas sperma, likopen juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kerusakan sperma sekaligus meningkatan tingkat motilitas dan kemampuan bergerak yang lebih baik.

Sehingga mengkonsum jus tomat setiap hari dapat membantu kalian, khusunya para pria untuk membantu proses program kehamilan.

4. Manfaat Jus Tomat Untuk Diet

mengukur lingkar perut untuk diet

Jus tomat mungkin dapat menjadi alternatif sebagai salah satu menu pilihan untuk menjalani program diet yang baik.

Karena jus tomat memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, dimana kedua kandungan tersebut sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Serat dapat membantu anda untuk menahan lapar lebih lama, karena serat di proses tubuh secara perlahan sehingga dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama.

Selain itu jus tomat juga merupakan minuman yang rendah kalori, sehingga tidak akan mengganggu program diet kalian.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi serat dan air dapat membantu menurunkan berat badan secara segnifikan.

5. Mengurangi Resiko Berbagai Penyakit Jantung dan Kardiovaskular

jus tomat dengan hiasan potongan tomat

Jus tomat memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung dan menghindarkan dari berbagai penyakit jantung seperti kolesterol, stroke, serangan jantung dan berbagai penyakit jantung lainnya.

Kandungan likopen pada jus tomat sangat berperan penting disini, karena likopen dapat memberikan manfaat itu semua.

Likopen dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga sirkulasi aliran darah dalam tubuh agar tetap lancar dan tidak tersumbat.

Jika sikulasi aliran darah lancar maka jantung tidak akan bekerja keras, sehingga terhindar dari berbagai penyakit jantung atau kardiovaskular.

6. Mengurangi Resiko Diabetes

potongan tomat dengan jus tomat

Resiko penyakit diabetes selalu menghantui setiap orang dengan garis keturunan yang mengidap penyakit diabteres,

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit dengan faktor genetik

Sehingga orang dengan orang tua yang mengidap penyakit diabetes mempunyai resiko yang lebih tinggi daripada orang normal.

Oleh karena itu walaupun tidak mengidap penyakit ini, orang dengan keturunan mengidap penyakit diabetes harus lebih hati-hati dalam memilih menu makanan dan minuman.

Jus tomat memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang rendah, sehingga jus satu ini sangat cocok bagi penderita diabetes dan orang yang menghindari makanan dan minuman tinggi kalori.

Selain itu ju juga sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi jus tomat sangat baik untuk penderita diabetes dan menurunkan resiko terkena penyakit satu ini, karena rendah gula sehingga tidak menimbulkan gejolak gula pada darah.

7. Mengurangi Resiko Kanker

menuangkan jus tomat ke dalam gelas

Ada banyak penelitian yang dilakukan terkait pada jus tomat, bahwa ekstrak likopen pada tomat dapat menurunkan beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit dan prostat.

Ekstrak likopen pada jus tomat tersebut merupakan senyawa antioksidan dan terbukti bahwa ekstrak likopen tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Namun hal tersebut dilakukan pada hewan seperti tikus dengan konsentrasi ekstrak likopen yang tinggi, sehingga masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk membuktikan hal tersebut.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

jus tomat dengan potongan tomat oleh pisau di atas nampan

Jus tomat memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, dimana kedua kandungan tersebut merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C dapat meningkatkan produksi antibodi pada tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh akan lebih terjaga.

Selain itu antioksidan juga dapat menangkal serangan radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel, sehingga tubuh kita mudah terkena berbagai serangan seperti virus, bakteri dan kuman.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus tomat secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena serangan penyakit.

9. Terhindar dari Dehidrasi

jus tomat beserta buah

Untuk menjaga keseimbangan pada tubuh, tubuh membutuhkan air untuk menjaga keseimbangann elektrolit tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Jus tomat memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Jika cairan tubuh terpenuhi maka fungsi tubuh akan menjadi maksimal dan optimal untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

10. Detoksifikasi

memotong tomat menjadi dua dengan pisau

Tubuh kita terkena berbagai polusi setiap harinya yang dapat berdampak pada tubuh dimulai dari efek ringan sampai berat seperti penyakit kanker.

Untuk mengeluarkan polusi dan racun tersebut dibutuhkan proses detoksifikasi yang dilakukan pada organ tubuh seperti ginjal dan hati.

Kedua organ tersebut merupakan organ penting yang dapat membuang racun-racun pada tubuh, sehingga dibutuhkan beberapa nutrisi agar kinerja organ tersebut agar tetap baik dan efektif.

Jus tomat memiliki kandungan klorin dan sulfur yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

Oleh karena itu agar tetap sehat dan bersih dari racun dan polusi, mengkonsumsi jus tomat setiap hari dapat mengatasi masalah tersebut.

Resep Sederhana Jus Tomat

Resep jus tomat sederhana

Untuk membuat jus tomat sederhana, penulis sudah menyiapkan resep sederhana jus tomat yang dapat kalian buat dengan sangat mudah.

Bahan-bahan yang digunakan pun sederhana, cukup memerlukan blender untuk membuat jus tomat satu ini.

Namun perlu diingat untuk menggunakan bahan-bahan yang segar agar mendapatkan rasa yang enak dan menyehatkan.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan ialah sebagai berikut :

  • 100 gram buah tomat merah
  • 2 sdm madu alami
  • 100 ml air
  • Es batu jika diperlukan

Langkah-langkah untuk membuat jus tomat sederhana sangatlah mudah, ikuti langkah berikut ini :

  1. Cuci tomat hingga bersih
  2. Potong tomat menjadi beberapa bagian
  3. Masukan potongan tomat kedalam blender beserta madu dan air
  4. Setelah di blender hingga halus, sajikan kedalam gelas
  5. Masukan es batu jika perlu

Jus tomat sederhana ini sangat nikmat dan menyegarkan jika dikonsumsi ketika panas terik matahari sedang tinggi dan gerah.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa saja manfaat jus tomat yang sudah disebutkan diatas, semoga tulisan ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat secara luas.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati