Manfaat Jus Timun

Manfaat Buah dan Jus Timun

sempati.co.id – Timun atau mentimun merupakan merupakan sayur yang seringkali dijadikan lalapan pada suatu makanan. Tetapi, timun juga dapat diolah menjadi jus, karena manfaat jus timun yang tidak main khasiatnya.

Khasiat tersebut cukup beragam dimulai dari memperlancar pencernaan, menurunkan kadar gula darah sampai menyegarkan nafas.

Bagaimana menarik bukan ? Untuk mengetahui secara lengkap manfaat dan khasiat jus timun, yuk kita bahas satu persatu dalam tulisan dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Jus Timun

Potongan mentimun

Sebelum mengenal lebih dalam apa saja khasiat dan manfaat jus timun, alangkah baiknya kita mengetahui informasi dasar dari kandungan nutrisi timun itu sendiri.

Ada beberapa nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang terdapat pada timun seperti, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B9, Folat, Kalsium dan berbagai nutrisi lainnya.

Selengkapnya untuk kandungan nutrisi timun ialah sebagai berikut ini :

Kalori : 15 kcal
Karbohidrat : 3,63 g
Air : 95,23 g
Protein : 0,65 g
Gula : 1,67 g
Serat : 0,5 g
Lemak : 0,11 g
Vitamin : C 2,8 mg
Vitamin K : 16,4 µg
Thiamine : 0,027 mg
Riboflavin : 0,033 mg
Niacin : 0,098 mg
Panthothenic acid : 0,259 mg
Folat : 7 µg
Kalsium : 16 mg
Zat Besi : 0,28 mg
Magnesium : 13 mg
Fosfor : 24 mg
Kalium : 147 mg
Sodium 2 mg
Zinc : 0,2 mg

10 Khasiat dan Manfaat Jus Timun Bagi Tubuh

Buah dan jus timun segar

Setelah mengenal apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada timun, maka kita dapat menyimpulkan beberapa khasiat dan manfaat jus timun itu sendiri, seperti :

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pria mengalami sembelit dan masalah pencernaan

Untuk menjaga dan melancarkan sistem pencernaan, tentu saja kita membutuhkan serat sebagai nutrisi alami untuk menjaga kesehatan pencernaan dari berbagai penyakit.

Serat pada umumnya memang membantu menjaga kesehatan pencernaan, karena serat dapat meningkatkan penyerapan air dan nutrisi pada usus besar.

Sehingga feses atau hasil pembuangan akan menjadi lebih besar dan halus, sehingga aktivitas buang air besar menjadi lancar dengan pola BAB yang lebih teratur.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus timun setiap hari dapat memperlancar buang air besar dan mengatasi penyakit sembelit atau susah buang air besar.

2. Manfaat Jus Timun Untuk Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah penyakit yang merupakan salah satu akar dari berbagai penyakit jantung, dimana tentu saja cukup berbahaya dan mematikan.

Oleh karena itu perlu diperhatikan asupan nutrisi untuk terhindar dari penyakit satu ini.

Sebuah penilitian menyatakan bahwa makanan yang mengandung magnesium, kalium dan serat dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Dimana timun atau jus timun memiliki semua nutrisi yang telah disebutkan.

Tentu saja penelitian ini masih harus di teliti lebih lanjut untuk pengujian yang lebih akurat.

3. Manfaat Jus Timun Untuk Wajah dan Kulit

Manfaat jus timun untuk kecantikan

Siapa yang tidak mau mendapatkan kulit sehat dan cerah setiap saat ? Tentu saja semua orang ingin memiliki kondisi kulit tersebut.

Jangan risau, memiliki kulit sehat dan cerah tidak harus selalu melakukan perawatan kulit yang mahal, cukup dengan memanfaatkan nutrisi alami dari timun anda dapat mandapatkan kulit cerah dan sehat.

Kandungan vitamin C pada timun sangat berguna bagi kulit, karena vitamin C tersebut dapat membantu jaringan kulit untuk merangsang pertembuhan sel baru.

Selain itu antioksidan pada timun juga dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit, sehingga keriput atau garis halus pada wajah akan berkurang.

Untuk manfaat yang lebih maksimal, kalian juga dapat meletakan potongan timun pada bagian mata saat tidur, karena timun dapat mengurangi lingkaran hitam dan bengkak pada mata.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

jus timun segar dengan potongan timun

Tulang yang kuat membutuhkan nutrisi yang optimal juga untuk menjaga kesehatan tulang, maka dari itu diperlukan nutrisi seperti kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan nutrisi lainnya.

Berbagai nutrisi tersebut bisa kalian dapatkan dengan hanya mengkonsumsi jus timun, karena berbagai nutrisi tersebut sebagian besar terdapat pada timun.

Selain itu kandungan vitamin K dan nutrisi yang disebutkan dapat menjaga kepadatan tulang, sehingga kalian akan terhindar dari penyakit keropos tulang atau osteoporosis.

5. Mengurangi Resiko Dehidrasi

Wanita mengalami dehidrasi

Kekurangan cairan dan elektrolit pada tubuh dapat mengakibatkan ketidakseimbangan tubuh, bahkan dapat lebih berbahaya lagi.

Timun memiliki sebagian besar air dan elektrolit dimana kedua senyawa tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus timun merupakan pilihan yang tepat untuk menggantikan cairan dan elektrolit setelah berolahraga atau aktivitas berat lainnya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung

Jus timun memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung, seperti serat, kalium, vitamin K dan lain sebagainnya.

Kandungan nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat menurunkan tekanan darah dan penumpukan mineral pada arteri.

Sehingga aliran darah menjadi lancar yang baik untuk jantung karena jantung akan bekerja keras jika tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus timun setiap hari dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit jantung seperti kolesterol, hipertensi, stroke dan lain sebagainnya.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Smoothie Timun

8. Manfaat Jus Timun Untuk Mengontrol Gula Darah

Pria memakan sayuran dan timun untuk kesehatan

Kadar serat yang cukup tinggi pada jus timun dapat membantu mengontrol gula darah, khususnya untuk penderita diabetes.

Hal tersebut dikarenakan, serat dapat membantu mengurangi rasa lapar berlebih dalam jangka yang lumayan lama.

Serat dicerna pada usus cukup lama, sehingga memberikan sensai kenyang lebih lama yang dapat membantu menjaga pola makan agar lebih teratur.

9. Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat jus timun untuk mencegah kanker

Radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu kanker, dimana sel sehat yang terpapar akan rusak dan mengakibatkan berbagai penyakit.

Kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan masih belum ada obat yang pasti untuk menyembuhkannya.

Kita hanya dapat mencegah agar tidak terkena penyakit mematikan tersebut, salah satunya ialah dengan cara mengkonsumsi jus timun, karena banyak mengandung antioksidan dan senyawa antikanker.

Antioksidan polifenol dan senyawa cucurbitacin pada mentimun dipercaya dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker dan menghentikan reproduksi sel kanker pada tubuh.

Senyawa cucurbitacin merupakan senyawa yang memiliki sifat anti kanker yang dapat mengurangi resiko berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker rahim dan kanker prostat.

10. Manfaat Jus Timun Untuk Menurunkan Berat Badan

Timun memiliki kandungan air yang tinggi dengan kalori yang rendah, hal tersebut sangat cocok untuk menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa makanan yang mengandung tinggi air dan rendah kalori dapat menurunkan berat badan yang segnifikan.

Selain itu jus timun memiliki kandungan serat tinggi, dimana serat dapat membantu menjaga dan mengatur pola makan yang baik.

Karena serat tersebut dapat memberikan sensasi kenyang yang cukup lama, karena membutuhkan waktu yang lumayan saat diproses oleh tubuh.

Resep Jus Timun

Campuran jus mentimun dan seledri

Setelah mengetahui beberapa khasiat minum jus mentimun, dimana khasiat tersebut tentu saja baik untuk tubuh karena menjauhkan kita dari berbagai penyakit seperti penyakit hipertensi dan jantung.

Terdapat beberapa resep jus timun seperti, jus timun nanas, jus timun mau dan resepe jus timun lainnya.

Tetapi pada kesempatan kali ini penulis akan berbagai resep dan manfaat jus timun dan seledri, kenapa ? karena manfaat jus timun dan seledri begitu banyak dan menyehatkan tubuh.

Untuk membuatnya kita cukup menyediakan bahan dan alat, seperti :

  • 2 buah timun
  • 5 batang seledri
  • 1/2 buah perasan jeruk lemon
  • 200 ml air
  • es batu (jika perlu dan secukupnya)

Untuk membuatnya pun mudah, cukup menyediakan alat seperti blender, pemeras buah dan pisau.

Setelah bahan dan alat sudah siap kalian hanya harus mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Bersihkan semua bahan, seperti getah dan kupas sebagian kulit pada timun.
  2. Potong timun dan iris seledri menjadi beberapa bagian.
  3. Masukan potongan timun, seledri, perasan jeruk lemon dan air.
  4. Blender hingga merata.
  5. Sajikan pada gelas dan tambahkan es batu jika perlu.

Kesimpulan

Manfaat jus timun sangat banyak dan cukup segar dinikmati ketika cuaca sedang panas terik.

Tetapi, alangkah baiknya jika tidak menkonsumsi jus timun secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kalian dan masyarakat luas dan membantu masyarkat untuk menjalani pola hidup yang sehat.

Sekian dan Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati