Manfaat Jus Strawberry

Manfaat Jus Strawberry

sempati.co.id – Manfaat jus strawberry begitu banyak dan beragam, dimulai dari menjaga kesehatan tubuh, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah berwarna merah satu ini, memiliki rasa asam yang segar, sehingga sangat cocok jika diolah menjadi jus.

Selain kesehatan, buah ini juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kecantikan kulit hingga gigi.

Untuk mengetahui segudang manfaat jus strawberry secara lengkap, yuk kita bahas satu persatu pada tulisan satu ini yang sudah kita rangkum dengan baik.

Kandungan Buah Strawberry

Buah Strawberry Segar

Buah yang termasuk ke dalam keluarga fragaria atau tumbuhan berbunga dalam keluarga mawar atau rosaceae.

Selain rasanya yang sedikit asam dan lezat, buah satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap sebagai buah.

Terdapat kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, yang tentunya sangat bermanfaat jika dikonsumsi, setiap 100 gram buah strawberry mengandung :

  • Air : 90,95 gr
  • Energi : 32 kcal
  • Karbohidrat : 7,68 gr
  • Vitamin C : 58,8 gr
  • Vitamin A : 1 mcg
  • Beta karotin : 7 mcg
  • Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg
  • Lemak total : 0,67 gr
  • Vitamin K : 2,2 mcg
  • Gula : 4,89 gr
  • Vitamin B6 : 0,047 mg
  • Serat : 2 gr
  • Kalsium : 16 mg
  • Kalium : 153 mg
  • Zat besi : 0,41 mg
  • Magnesium : 13 mg
  • Fosfor : 24 mg
  • Zink : 0,14 mg
  • Riboflavin : 0,022 mg
  • Folat : 24 mcg
  • Kolin : 5,7 mcg

Manfaat makan strawberry setiap hari memberikan segudang manfaat kesehatan dan kecantikan, berdasarkan kandungan nutrisi yang diberikan.

Mengkonsumsi buah strawberry sebelum tidur dapat memberikan lonjakan energi, karena memiliki kandungan gula cukup tinggi.

Namun, harap dihindari meminum jus strawberry sebelum tidur, dikarenakan dapat mengganggu kualitas tidur anda.

Manfaat Kandungan Jus Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jus Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berdasarkan kandungan nutrisi buah strawberry diatas, kandungan vitamin dan mineral ini dapat menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit dan memilihara tubuh.

Selain itu kandungan tersebut juga dapat menjaga kesehatan kulit dan berbagai keuntungan lain bagi kecantikan jika dikonsumsi.

Manfaat jus strawberry tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah strawberry mengandung banyak sekali vitamin C dan berbagai antikoksidannya, dimana vitamin C dan antikoksidan dipercaya dapat menjaga dan memelihara sistem kekebalan tubuh kita.

Mengkonsumsi just strawberry setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin C, sehingga anda tidak mudah sakit dan infeksi yang diakibatkan oleh berbagai macam virus, bakter dan kuman.

2. Manfaat Jus Strawberry Untuk Wajah dan Kulit

Kandungan berbagai vitamin dan antioksidan yang terkandung pada buah strawberry dapat menjaga kecantikan kulit dan wajah, karena kandungan tersebut dapat menangkan radikal bebas.

Radikal bebas tersebut dapat merusak jaringan kolagen pada kulit, sehingga menimbulkan garis-garis halus pada kulit (penuaan dini).

Oleh karena itu mengkonsumsi jus strawberry setiap hari dapat menjaga kesehatan wajah dan kulit agar tetap sehat dan terlihat lebih muda.

Selain dikonsumsi, buah strawberry juga dapat dioleskan ke permukaan wajah atau kulit selama 10 menit agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

3. Manfaat Jus Strawberry Untuk Diet

Jika anda sedang menjalankan program diet atau hanya sekedar menjaga berbat badan, buah strawberry dapat menjadi salah satu alternatif buah yang baik.

Selain rasanya yang enak dan lezat, buah strawberry mengandung serat yang tinggi, dimana serat dapat membantu menjaga metabolisme tubuh.

Selain itu juga, serat dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu anda untuk mengatur pola makan yang lebih teratur.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Serat, selain membantu proses penurunan berat badan anda, serat juga memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan, dimana serat mampu mengikat lemak dan kotoran pada usus.

Proses tersebut dapat mencegah anda dari berbagai penyakit dan keluhan pencernaan seperti susah BAB/sembelit dan wasir.

Serat juga dapat membantu usus untuk mencerna nutrisi makanan lebih optimal, sehingga kesehatan pencernaan akan menjadi lebih baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium, serat, berbagai vitamin dan mineral yang terdapat pada buah strawberry dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang jantung.

Kalium dipercaya dapat menurunkan resiko terserang penyakit darah tinggi, kolesterol, peradangan pembuluh darah, stroke dan penyakit jantung lainnya.

Zat besi dan mineral lainnya juga dapat memperlancar dan meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan pendistribusian nutrisi dan oksigen pada tubuh.

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah strawberry setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh anda, khususnya jantung.

6. Mencegah dan Mengurangi Resiko Katarak

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah strawberry dapat menurunkan resiko terkena penyakit katarak dan penyakit mata lainnya.

Hal ini disebabkan vitamin C dan antioksidan tersebut dapat menangkal paparan radikal bebas dan membentuk kolagen yang berfungsi sebagai senyawa penyusun struktur kornea pada mata.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Jus strawberry memiliki kandungan zat besi, kalium, tembaga, fosfor dan zinc, dimana kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Selain itu, berbagai kandungan nutrisi tersebut dapat memperkuat tulang dan meningkatkan mineral pada tulang, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit pengkeroposan tulang (osteoporosis).

8. Mengurangi Peradangan dan Percepatan Proses Penyembuhan Luka

Berbagai macam mineral, vitamin C dan asam ellagic pada buah strawberry merupakan kandungan nutrisi yang dapat merangsang tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan peradangan yang terjadi.

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah strawberry secara rutin pada proses pemulihan, dapat mempercepat penyembuhan pada tubuh anda.

9. Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan serat yang terdapat pada buah strawberry cukup tinggi, oleh karena itu buah ini cukup baik bagi penderita diabetes.

Serat dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama, sehingga dapat menjaga pola makan lebih baik.

Kandungan gula pada strawberry juga tidak terlalu tinggi, sehingga aman dikonsumsi sebagai cemilan alternatif bagi penderita diabetes.

10. Menurunkan Resiko Kanker

Antioksidan yang terkandung pada buah strawberry seperti antosianin, asam elagik dan kandungan lainnya dapat melawan radikal bebas pada tubuh.

Radikal bebas merupakan kerusakan sel pada tubuh yang dapat memicu terjadinya kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus strawberry secara rutin dapat menurunkan resiko terkena kanker dan penyakit kronis lainnya.

11. Manfaat Jus Strawberry Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak sekali nutrisi agar kesehatan ibu dan janin pada tubuhnya tetap sehat.

Kandungan pada buah strawberry begitu banyak, sehingga dapat memenuhi hampir setiap kebutuhan ibu hamil.

Selain berbagai manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat jus strawberry untuk ibu hamil ialah membantu mencukupi cairan tubuh, karena ibu hamil memang rentan terhadap dehidrasi.

Cara Membuat Jus Strawberry Mix

Manfaat Jus Strawberry dan Pisang

Agar lebih nikmat ketika dikonsumsi, jus strawberry dapat dikonsumsi dengan cara mencampur buah lain pada jus.

Sebagai contoh, jus strawberry dapat dicampur dengan buah pisang sehingga memiliki rasa yang lebih enak dan lezat tentunya.

Adapaun cara membuat jus strawberry pisang sederhana dan berbagai bahan-bahan yang harus disediakan ialah sebagai berikut :

  • 7 buah strawberry berukuran besar/sedang
  • 1 buah pisang berukuran besar
  • 2 sendok makan madu
  • 1/2 gelas air

Cara membuatnya sangat mudah, masukan buah strawberry, buah pisang dan air pada blender. Lalu sajikan pada gelas, tambahkan madu dan aduk hingga merata.

Manfaat jus strawberry dan pisang sangat baik bagi tubuh, berbagai kandungan vitamin dan mineral pada strawberry dan pisang dapat melawan kanker, meningkatkan mood, mencegah anemia dan berbagai manfaat lainnya.

Jus strawberry dan pisang juga sangat cocok jika dikonsumsi ketika pagi hari atau pada saat sarapan, karena mengandung cukup energi yang dapat membantu anda menjalani aktifitas sehari-hari.

Kesimpulan

Manfaat jus strawberry begitu banyak bagi tubuh dari mulai kesehatan hingga kecantikan. Tetapi, karena memiliki khasiat yang beragam, tidak baik juga untuk mengkonsumsi buah satu ini secara berlebihan.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati