Manfaat Jus Sirsak

Jus sirsak lengkap dengan buah dan bijinya

sempati.co.id – Sirsak atau seringkali disebut dengan nama nangka belanda mungkin tidak terlalu populer seperti buah jeruk ataupun mangga.

Tetapi buah satu ini memiliki rasa yang tidak kalah segar dan enak ketika dijadikan sebuah jus.

Memliki rasa yang manis dan asam membuat jus satu ini sangat nikmat ketika dikonsumsi ketika terik panas matahari sedang tinggi.

Namun, dibalik rasanya yang enak tersebut terdapat manfaat jus sirsak dan efek samping dari buah satu ini yang mungkin tidak kalian duga.

Untuk mengetahuinya secara lebih detil, yuk ! kita bahas semuanya dalam tulisan dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

potongan buah sirsak

Sekilas buah sirsak memang memiliki kemiripan bentuk dengan buah nangka, maka tidak heran buah satu ini seringkali disebut dengan nama lain seperti nangka walanda, nangka landa dan nangka lainnya.

Selain dagingnya, ternyata daun dan batang buah sirsak juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Tetapi, buah dengan nama latin annona muricata ini selain memiliki nama yang banyak, tetapi buah ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup lumayan beragam.

Adapun kandungan gizi buah sirsak secara lengkap ialah sebagai berikut :

  • Air: 81.7 gr
  • Energi: 65 Kalori
  • Serat : 3,2 gr
  • Karbohidrat: 16,3 gr
  • Protein: 1 gr
  • Lemak: 0,3 gr
  • Kalsium: 14 mg
  • Fosfor: 27 mg
  • Kalium: 298,9 mg
  • Vitamin C: 20 mg

10 Manfaat dan Khasiat Jus Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jus sirsak dengan berbagai manfaat untuk kesehatan

Setelah mengetahui apa saja kandungan gizi dari buah sirsak, kita dapat menyimpulkan beberapa khasiat dan manfaat berdasarkan kandungan tersebut.

Tetapi terdapat nutrisi lain dan senyawa yang tidak disebutkan karena memiliki takar yang relatif rendah, namun memliki fungsi yang sangat baik untuk tubuh.

Apa saja manfaat jus sirsak tersebut ? setidaknya ada 10 manfaat jus sirsak yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

kesehatan pencernaan terjaga

Mengalami masalah pencernaan seperti sembelit ? mungkin jus sirsak dapat menjadi alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Mengapa ? karena pada halnya buar sirsak mengandung serat, air dan vitamin C yang baik bagi kesehatan pencernaan.

Serat dan air dapat memperlancar aktifitas buang air besar seperti sembelit, karena serat dapat mengoptimalkan penyerapan air pada usus besar, sehingga feses yang dihasilkan lebih halus dan berisi.

Selain itu kandungan vitamin C pada buah sirsak dapat mengatasi penyakit desentri atau infeksi pada saluran usus.

Buah sirsak juga merupakan buah yang memiliki fungsi antibakteri, sehingga tubuh terhindar dari ancaman bakteri dan parasit yang dapat memberi efek buruk bagi tubuh.

2. Manfaat Jus Sirsak Untuk Asam Lambung

Jus sirsak segar baik untuk lambung

Ketika asam lambung naik atau kambuh, tentunya rasa sakit akibat hal tersebut sangat menggangu.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika hal tersebut terjadi, salah satunya mengkonsumsi jus sirsak.

Jus sirsak merupakan obat alami untuk penderita asam lambung dan maag, ditambah dengan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

3. Manfaat Jus Sirsak Untuk Pria

pria sehat melakukan olahraga

Pria cenderung melakukan prilaku yang tidak baik bagi kesehatan, seperti merokok.

Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan terserang penyakit seperti kanker dan gangguan pernafasan lainnya.

Oleh sebab itu untuk mencegah dan mengurangi resiko tersebut, mengkonsumsi jus sirsak dapat mencegah hal tersebut terjadi.

Karena jus sirsak merupakan salah satu makanan yang bersifat anti kanker karena mengandung zat senyawa fitokimia.

Selain itu jus sirsak juga merupakan jus yang dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga kesuburan kaum pria dapat terjaga karena mengandung banyak mineral, vitamin dan protein yang dibutuhkan.

4. Manfaat Jus Sirsak Untuk Kecantikan

wanita cantik sedang tertawa bersama

Sudah tak asing jika kandungan vitamin C dapat membantu merawat kecantikan kulit dan rambut.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus sirsak dapat membuat kulit kalian sehat dan cantik, karena jus sirsak mengandung cukup tinggi vitamin C.

Vitamin C dapat merangsang pertumbuhan kolagen pada tubuh, sehingga regenerasi kulit akan semakin cepat yang menjadikan kulit kalian tetap elastis dan sehat.

Selain itu kandungan antioksidan pada jus sirsak dapat menangkal berbagai paparan radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit yang menghasilkan garis-garis kerutan dan penuaan kulit.

Maka dari itu, mengkonsumsi jus sirsak secara rutin akan membuat kulit anda sehat, cerah dan cantik setiap saat.

5. Manfaat Jus Sirsak Untuk Diet

manfaat jus sirsak untuk diet

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi serat dan air dapat menurunkan barat badan secara segnifikan.

Jus sirsak disini merupakan minuman yang mengandun banyak air dan serat, oleh karena itu jus sirsak dapat membantu menurunkan berat badan.

Tentu saja hal tersebut harus dibarengi dengan olahraga teratur dan pola makan yang tidak berlebihan.

6. Manfaat Jus Sirsak Untuk Ibu Hamil

buah-buahan yang baik untuk wanita hamil

Ada banyak mitos mengenaui buah dan jus sirsak yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui.

Mitos tersebut ialah seperti mengalami masalah persalinan jika mengkonsumsi buah atau jus sirsak.

Hal tersebut tentu saja sangat salah, melainkan jus sirsak sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil atau menyusui.

Manfaat tersebut cukup banyak dianataranya seperti merangsang produksi asi, mengurangi rasa mual dan meningkatkan nafsu makan.

Kandungan nutrisi seperti magnesium, kalsium, vitamin dan lain sebagainnya juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan.

7. Manfaat Jus Sirsak Untuk Kolesterol

Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi jus sirsak juga dapat mengatasi masalah penyakit yang cuku serius seperti kolesterol.

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa mengkonsumsi berbagai produk buah sirsak dapat menurunakn kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Kandungan trigliserida yang tinggi pada buah sirsak terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

8. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

jus sirsak segar disajikan pada gelas

Sebuah penilitian yang dilakukan oleh ilmuan yang menyatakan bahwa kandungan asetogenin pada sirsak dilansir dapat melawan beberapa kanker seperti kanker payudara, prostat dan paru-paru.

Asetogenin tersebut dapat memotong perkembangan sel abnormal pada aliran darah, serta dapat menghambat senyawa berbahaya dalam kanker.

Namun penelitian tersebut masih dalam tahap percobaan tanpa mengujinya langsung pada manusia.

Tetapi, dari hasil penelitian tersebut, ekstrak buah sirsak tersebut dianggap cukup menjanjikan oleh para peneliti sebagai buah yang dapat menyembuhkan penyakit kanker.

9. Mengurangi Stress

pria mengalami stress berat

Jika kalian sedang mengalami stress atau susah tidur, mungkin teh daun sirsak dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Penilitian yang dilakukan Rutgers University Libraries menyatakan bahwa produk sirsak mempunyai sifat antiradang yang dapat mengurangi stress dan membantu mengatasi susah tidur atau insomnia.

Jadi jika mengalami gangguan stress dan susah tidur mengkonsumsi olahan buah sirsak seperti teh daun sirsak dan jus sirsak dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

10. Sebagai Makanan Antibakteri

manfaat jus sirsak baik sebagai antibakteri

Buah sirsak merupakan buah yang dapat melawan berbagai serangan dari luar tubuh, karena buah ini merupakan buah pelindung alami.

Mengapa ? karena buah ini merupakan buah antikanker, antiparasit dan antibakteri.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang optimal, mengkonsumsi buah sirsak secara rutin secara langsung ataupun membuatnya menjadi jus sirsak yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Efek Samping Sirsak

buah sirsak dengan bungan melati di atas nampan

Walaupun memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan, tetapi jus sirsak ini memiliki dampak negatif pada tubuh yang memiliki kondisi khusus.

Alangkah baiknya jika meninjau ulang apabila kalian sedang mengalami kondisi sebagai berikut :

  • Peradangan Mata, mengkonsumsi jus sirsak ketika mengalami peradangan pada mata, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jus satu ini. Karena biji pada buah sirsak dianggap beracun yang mengandung senyawa anonaine, asam hidrosianat dan muricine yang dapat memperburuk peradangan pada mata.
  • Parkinson, sebuah penelitian berpandapat bahwa zat kimia yang terkandung pada buah sirsak ternyata terdapat juga pada manusia yang mengalami parkinson. Hal tersebut dapat meningkatkan manusia normal mengalami penyakit satu ini jika dikonsumsi secara jangka panjang. Namun tidak perlu takut untuk mengkonsumsi jus sirsak jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.
  • Penurunan Berat Badan, kondisi satu ini memang dianggap baik bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Namun, hal tersebut berbanding terbalik jika dikaitkan pada orang yang sedang menjalankan menaikan berat badan, karena jus sirsak ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara drastis.

Resep Jus Sirsak

potongan buah sirsak dengan anggur sebagai bahan membuat jus sirsak

Setelah mengetahui beberapa manfaat dan resiko pada jus sirsak, sekarang penulis akan berbagi resep jus sirsak sederhana yang dapat kalian buat dengan mudah.

Untuk membuatnya cukup mudah, sediakan alat dan bahan seperti pada daftar dibawah ini :

  • 1 buah sirsak berukuran sedang (450gr),
  • 3 sdm gula pasir,
  • 2 sdm susu kental manis,
  • air 300 ml,
  • es batu jika diperlukan.

Langkah-langkah nya pun mudah dan sederhana, cukup mengikuti langkah dibawah ini :

  1. Kupas buah sirsak, ambil daging dan buang bijinya.
  2. Masukan daging buah sirsak, susu kental manis, gula dan air pada blender.
  3. Setelah di blender hingga lembut, masukan hasil blender pada gelas.
  4. Sajikan dengan es batu jika diperlukan.

Nah, setelah mengetahui cara membuat jus sirsak sederhana di atas, mungkin beberapa orang tidak terlalu suka dengan tambahan gula dan susu kental manis.

Bahan tersebut dapat diganti dengan bahan lain seperti buah-buahan lain bahkan sirup sesuai selera pembaca semua.

Kesimpulan

Manfaat jus sirsak memang baik bagi kesehatan, tetapi mengkonsumsi nya secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada tubuh.

Oleh karena itu konsumsilah jus sirsak sewajarnya saja untuk mendapatkan manfaat dan khasiat jus sirsak secara optimal.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas sebagai referensi tentang manfaat jus sirsak.

Sekian dan Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati