Manfaat Jus Seledri

manfaat jus seledri

sempati.co.id – Seledri merupakan sebuah tanaman dan sayuran obat yang seringkali digunakan sebagai bumbu masakan di dapur.

Namun, selain digunakan sebagai bahan masakan, seledri juga dapat diolah menjadi jus, karena manfaat jus seledri mempunyai manfaat dan khasiat yang cukup mengejutkan.

Beberapa manfaat jus seledri ialah untuk membantu meringankan pasien yang mengidap penyakit kanker, ginjal dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat dari tumbuhan tersebut.

Untuk mengetahui apa saja sih manfaat jus seledri secara lengkap ? Yuk! kita bahas semuanya pada tulisan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Jus Seledri

Kandungan nutrisi jus seledri

Seledri atau dalam bahasa latin apium graveolens merupakan tumbuhan yang memiliki beberapa jenis, tidak hanya jenis daun yang seringkali kita lihat dan ketahui.

Terdapat beberapa jenis kelompok lain, seperti seledri jenis batang dan selederi jenis umbi, dimana kandungan nutrisi keduanya tidak berbeda jauh pada jenis seledri pada umumnya.

Nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, dimana dalam 100 gram seledri terkandung nutrisi sebagai berikut :

  • Karbohidrat : 3 gr
  • Air : 95 gr
  • Protein : 0,7 gr
  • Serat : 1,5 gr
  • Zat Besi : 0,2 mg
  • Vitamin A : 450 IU
  • Folat : 35 mcg
  • Vitamin K : 30 mcg
  • Magnesium : 11 mg
  • Kalsium : 40 mg
  • Natrium : 80 mg
  • Kalium : 260 mg
  • Vitamin C : 3 mg

Walaupun seringkali nutrisi seledri dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang, namun pada kenyataannya seledri memiliki nutrisi yang cukup banyak.

Selain itu terdapat kandungan nutrisi lain yang sangat baik untuk tubuh seperti seyawa antioksidan flavonoid dan nutrisi lain yang tak perlu disebutkan karena mempunyai kadar yang rendah.

10 Manfaat Minum Jus Seledri Setiap Hari

Jus seledri disajikan pada gelas di atas meja

Ada banyak sekali manfaat dan khasiat jika meminum jus seledri secara rutin setiap hari, diantaranya ialah untuk mengurangi peradangan, membantu meringankan penyakit penderita kanker dan lain sebagainnya.

Setidaknya ada 10 manfaat jus seledri yang bisa kalian dapatkan jika mengkonsumsi jus satu ini, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Mengurangi Peradangan

seledri batang dengan jus seledri

Peradangan merupakan respon tubuh dari sistem imun ketika sedang melawan berbagai unsur negatif seperti racun, kuman, alergen yang dapat menimbulkan berbagai gejala klinis.

Senyawa flavonoid dapat membantu tubuh untuk mengabaikan beberapa reaksi peradangan, sehingga dapat mengurangi gejala-gejala tersebut.

Sebuah riset atau penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society juga menyatakan bahwa senyawa flavonoid yang terdapat pada jus seledri memiliki sifat anti-inflamasi.

Oleh karena itu, mengkonsum jus seledri dapat mengurangi gejala-gejala yang diakibatkan oleh peradangan pada tubuh.

2. Manfaat Jus Seledri Untuk Ginjal

manfaat jus seledri untuk ginjal

Kandungan antioksidan pada jus seledri cukup baik yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Sebuah penelitian dari The New Englan Journal of Medicine melakukan penelitian pada 227 orang dewasa dan menyatakan bahwa antioksidan tersebut dapat meningkatkan fungsi ginjal sebesar 30%.

Namun para peneliti tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut agar dapat menjadi metode pengobatan penyakit ginjal kronis.

Oleh karena itu, jus seledri sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan sangat tergantung dari beberapa nutrisi, diantaranya ialah serat.

Serat yang terdapat pada jus seledri juga merupakan serat jenis serat tidak larut yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kandungan serat tersebut dibutuhkan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi pada usus sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

Selain itu serat juga dapat membantu memperlancar proses buah air besar dengan cara mengoptimalkan penyerapan air pada tubuh, sehingga feses yang dihasilkan menjadi lebih lunak dan berisi.

Hal tersebut dapat menghindarkan kalian dari gangguan pencernaan seperti buang air besar atau sembelit.

4. Manfaat Jus Seledri Untuk Wajah dan Jerawat

Jus seledri baik untuk kecantikan kulit dan mengatasi jerawat

Manfaat jus seledri untuk wajah cukup banyak, diantaranya mengatasi masalah jerawat, anti penuaan dan mengurangi minyak yang berlebihan pada wajah.

Kandungan vitamin C, A dan berbagai nutrisi lain yang terdapat pada jus seledri mampu membersihkan kotoran, sehingga dapat terhindar dari masalah jerawat.

Selain itu kandungan antioksidan dan vitamin C juga dapat melawan penuaan kulit yang sangat mengganggu para wanita, karena muncul garis-haris hitam atau penuaan dini.

5. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

manfaat jus seledri untuk menangkal berbagai penyakit kronis

Walaupun seringkali dipandang sebelah mata, seledri merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan flavonoid.

Flavonoid dalam jus seledri tersebut merupukan salah satu senyawa antioksidan yang dipercaya dapat menangkal berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, ginjal dan hati.

Namun, pernyataan tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, untuk membuktikan itu semua.

6. Mengurangi Resiko dan Meringankan Penderita Penyakit Kanker

manfaat jus seledri untuk kanker
Celery juice in a mason jar glass. Downward view over a rustic white wood background.

Antioksidan yang terdapat pada jus seledri dipercaya dapat menangkal berbagai serangan radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

Kerusakan tersebut dapat memicu berbagai penyakit mematikan, salah satu diantaranya ialah kanker.

Selain itu sebuah penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa jus seledri juga dapat meringankan dan mengurangi kerusakan akibat kanker setelah kemoterapi doxorubicin.

Namun penelitian tersebut belum seratus persen terbukti, sehingga alangkah baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi jus seledri seusai kemoterapi.

7. Menurunkan Tekanan Darah

alat pengukur tekanan darah dan hati simbol aliran darah

Siapa sangka jus seledri dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah ? hal tersebut kemungkinan terjadi akibat kosentrasi nitrat pada jus seledri yang dapat menjaga kesehatan jantung dan aliran darah.

Selain itu juga jus seledri mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk memperbaiki kerja dinding arteri pada darah, sehingga tekanan darah menjadi normal dan stabil.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus selderi secara rutin dapat membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung kita.

8. Mengurangi Stres Oksidatif

Wanita sedang mengalami stress oksidatif yang lebih berbahaya daripada stress normal

Walaupun masih dalam tahap penelitian, kandungan flavonoid pada jus seledri dipercaya dapat mengurangi stress oksidatif.

Stress tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat memicu berbagai penyakit lain yang lebih berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, bahkan penyakit kanker.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus seledri secara rutin dapat menurunkan resiko yang sudah disebutkan tadi.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

jus seledri yang baik untuk menurunkan berat badan

Seringkali jus seledri disebut sebagai minuman yang dapat menurunkan berat badan dengan cara memecah lemak dan melarutkan lemak tersebut yang disimpan pada hati.

Namun, hal tersebut masih belum memiliki bukti ilmiah yang cukup untuk dijadikan fakta, karena masih membutuhkan penilitian yang lebih lanjut.

Namun, jus seledri mengandung serat yang tentu saja dapat membantu penurunan berat badan dengan memberi sensasi kenyang yang lebih lama.

Selain itu, jus satu ini memang memiliki kadar kalori yang rendah sehingga tidak akan memberi kalian kalori tambahan, namun membantu kalian cepat mendapatkan berat badan yang diinginkan.

10. Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Wanita sedang mengalami kesakitan pada saat menstruasi

Rasa sakit yang dirasakan pada saat mengalami menstruasi memang terkadang sangat menggangu bagi kaum wanita.

Namun sebuah penilitian mengatakan bahwa mengkonsumsi sayuran dan buah, seperti selederi dapat mengurangi keluhan-keluhan yang terjadi pada saat menstruasi.

Jadi jangan bingung ketika mengalami keluhan dan rasa sakit pada saat menstruasi, cukup meminum jus seledri untuk meringankan hal tersebut.

Efek Samping Minum Jus Seledri

berbagai sayuran dengan jus seledri

Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, jus seledri memiliki efek samping negatif jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam kondisi tertentu.

Efek samping tersebut tentu saja harus kita hindari agar tidak terjadi dampak yang lebih tidak diinginkan, seperti :

  • Mengganggu kinerja obat, mengkonsumsi jus seledri secara berlebihan dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja obat, oleh karena itu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi jus seledri.
  • Menyebabkan alergi, beberapa orang yang mungkin mempunyai alergi dapat menyebabkan reaksi alergi ringan hingga berat dengan gejala yang beragam seperti gatal hingga sesak nafas dan syok anafilaksis.
  • Resiko Buruk pada Kehamilan, jika dikonsumsi secara belerbihan untuk ibu hamil, jus seledri mungkin cukup berbahaya karena dapat memicu rahim berkontraksi hingga keguguran. Namun hal tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan, jika dikonsumsi secara wajar jus seledri ini sangat aman dikonsumsi ibu hamil.

Cara Membuat Jus Seledri Dengan Blender

Cara membuat jus seledri dengan blender

Cara membuat jus seledri dengan blender cukup mudah dan sederhana, cukup sediakan bahan-bahan berikut ini :

  • 2-4 ikat seledri
  • 60-100 ml air
  • Bahan tambahan seperti apel, lemon ataupun nanas (sesuai selera).

Bahan mungkin lebih sedikit dibutuhkan jika menggunakan juicer karena bahan sudah otomatis disaring.

Untuk membuatnya cukup ikuti langkah-langkah yang sudah dirangkum penulis, ialah sebagai berikut :

  1. Potong seledri dengan ukuran 2,5 cm.
  2. Bersihkan potongan seledri dengan air.
  3. Masukan potngan seledri dengan air.
  4. Setelah hancur, saring hasil blender menggunakan nut milk bag atau saringan ke dalam gelas.
  5. Tambahkan jus lain seperti perasan lemon, daun mint, jus apel ataupun jus nanas (jika diperlukan dan sesuai selera).

Kesimpulan

Manfaat jus seledri memang baik bagi kesehatan, tetapi mengkonsumsinya secara berlebihan tidaklah baik, karena dapat menimbulkan beberapa efek negatif yang merugikan.

Oleh karena itu konsumsi jus seledri secara bijak dan sewajarnya saja untuk mendapatkan manfaat dan khasiat jus seledri secara maksimal.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas sebagai referensi jus buah dan sayuran dengan segala manfaatnya untuk menemani anda di rumah maupun pada saat bepergian.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati