Manfaat Jus Pisang

Manfaat Jus Pisang

sempati.co.id – Manfaat jus pisang sudah tidak diragukan lagi, buah satu ini memiliki banyak sekali nutrisi bermanfaat yang baik bagi tubuh.

Buah yang tak asing lagi bagi masyarakat indonesia ini dapat anda temukian dengan mudah hampir di seluruh indonesia.

Penasaran apa saja kandungan nutrisi dan manfaat jus pisang bagi tubuh kita bila dikonsumsi sehari-hari ? yuk kita ulas !

Sekilas Mengenai Buah Pisang

Pohon pisang

Buah yang mempunyai nama ilmiah (Musa paradisiaca) merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah tropis dan lembab, terutama dataran rendah, dimana hujan merata sepanjang tahun.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara pengkespor utama di dunia, seperti Kepulauan Pasifik, daerah Amerika Tengah dan Brazil.

Pisang yang dihasilkanpun beragam, seperti pisang awak, pisang nipah, pisang berangan, pisang ambon, pisang raja, pisang varigata dan berbagai jenis pisang lainnya.

Pisang memiliki tekstur lembek dengan rasa manis yang lezat ketika dimakan. Oleh karena itu selain diolah menjadi jus, pisang juga dapat diolah menjadi pisang keju, pisang goreng bahkan pisang masak hijau.

Kandungan Nutrisi Pisang

potongan buah pisang

Pisang memiliki banyak mineral dan berbagai macam vitamin yang berguna untuk tubuh. Buah satu ini memiliki kandungan yang kaya akan magnesium dimana sangat dibutuhkan oleh berbagai bagian tubuh.

Berikut apa saja kandungan buah pisang berdasarkan USDA per 100 gram atau satu buah pisang berukuran sedang, diantaranya :

  • Energi 371 kJ (89 kcal)
  • Air 74.91 g
  • Karbohidrat 22.84 g
  • Gula 12.23 g
  • Serat pangan 2.6 g
  • Lemak 0.33 g
  • Protein 1.09 g
  • Vitamin B1 0.031 mg
  • Vitamin B2 0.073 mg
  • Vitamin B3 0.665 mg
  • Vitamin B5 0.334 mg
  • Vitamin B6 0.4 mg
  • Folat 20 μg
  • Kolina 9.8 mg
  • Vitamin C 8.7 mg
  • Zat besi 0.26 mg
  • Magnesium 27 mg
  • Mangan 0.27 mg
  • Fosfor 2 mg
  • Potasium 358 mg
  • Sodium 1 mg
  • Seng 0.15 mg

Karena mengandung karbohidrat dan gula, manfaat jus pisang di pagi hari dapat menggantikan sarapan sebagai pengganjal sampai waktu makan siang tiba.

Buah pisang juga termasuk kedalam buah yang rendah lemak (0,33 g), manfaat jus pisang untuk diet bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan.

Ada juga kandungan lain yang berguna untuk mencegah penyakit-penyakit berat seperti kandungan kalium, magnesium dan kandungan lainnya.

Beragam Manfaat Jus Pisang Untuk Tubuh

Jus pisang dengan apel

Buah yang secara ilmiah mirip dengan manusia ini dapat mencegah penyakit yang menyerang pada tubuh, seperti mengontrol tekanan darah hingga melancarkan pencernaan.

Pisang memiliki 60% kemiripan DNA dengan manusia

Penasaran apa manfaat mengkonsumsi buah pisang setiap hari ? yuk kita bahas satu per satu.

Setidaknya ada 12 manfaat jus pisang untuk tubuh manusia, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Kita tahu bahwa buah pisang memiliki berbagai vitamin, seperti vitamin C dan berbagai vitamin B.

Vitamin tersebut dipercaya merupakan antioksidan yang berfungsi dan membantu tubuh dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun diri kita.

Vitamin C dan B juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan mengurangi stress oksidatif serta radikal bebas dalam tubuh.

2. Manfaat Jus Pisang Baik Untuk Tulang

Memperbaiki kesehatan tulang

Mangan yang terkandung pada jus pisang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka.

Selain mangan terdapat mineral lain yang penting dan dibutuhkan tulang, yaitu magnesium dan kalium.

Kedua mineral tersebut dapat meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang dan dapat mencegah terserang penyakit osteoporosis.

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa seorang wanita yang mengalami osteoporosis mempunyai kondisi rendah mangan dalam tubuh. Jadi sangat penting mengkonsumsi jus pisang setiap hari, jika diperlukan.

3. Mencegah Hipertensi dan Stroke dengan Jus Pisang

Kalium merupakan sebuah mineral cukup penting yang diperlukan tubuh untuk memelihara jantung dan sirkulasi darah.

Pembuluh darah melebar dan akan semakin baik jika kebutuhan kalium terpenuhi, karena kalium berfungsi sebagai vasodilator.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus pisang setiap hari dapat menjaga anda dari berbagai penyakit seperti, hipertensi, stroke, serangan jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

4. Mencegah Anemia

Gejala anemia

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Salah satu penyebabnya ialah kekurangan zat besi dalam tubuh.

Pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, dimana zat besi tersebut dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.

Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh terhindar dari anemia, disarankan untuk memakan makanan yang kaya akan zat besi seperti jus pisang.

5. Melancarkan Pencernaan

Salah satu kandungan dalam pisang yang paling penting ialah serat. Serat sangat berguna bagi sistem pencernaan, dimana serat dapat membantu mencerna makanan lebih baik.

Serat juga berfungsi untuk meningkatkan pelepasan cairan lambung dan meningkatkan efesiensi penyerapan nutrisi makanan. Penyerapan ini dapat membantu melembutkan feses dan mecegah terjadinya penyakit sembelit.

6. Sumber Energi Alami

macam-macam gula sebagai sumber energi

Serat mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa dan maltosa alami atau gula alami yang dapat membantu menambah energi pada tubuh.

Jadi jika kalian sedang merasa lemas, lesu ataupun tidak bertenaga, mengkonsum jus pisang dapat membantu anda mendapatkan energi alami tanpa campuran bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi tubuh anda.

7. Meningkatkan Proses Pemulihan

Lelah setelah olahraga

Potasium atau Kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk mengatur cairan tubuh, menghantar sinyal listrik pada syaraf dan mengatur kontraksi otot.

Jika kadar kalium dalam tubuh kurang, maka proses pemulihan kita akan terganggu dikarenakan hal tadi.

Dengan mengkonsumsi jus pisang, kandungan salah satu elektrolit pada jus pisang ini dapat membantu mempercepat pemulihan dalam tubuh setelah olahraga ataupun cidera.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak manusia

Potasium, selain bermanfaat sebagai pencegah penyakit-penyakit yang disebutkan sebelumnya, potasium atau kalium dapat meningkatkan fungsi otak.

Jus pisang memiliki kadar potasium yang cukup tinggi, dimana elemen khusus ini dapat bekerja dengan baik untuk meningkatkan fungsi otak dan memahami atau memproses informasi lebih cepat.

Jadi menambahkan pisang atau jus pisang pada sarapan bagi anak, dapat membantu proeses belajar anak di sekolah.

9. Alternatif Makanan Untuk Program Diet

tips diet

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan atau mendukung program diet anda. Dikarenakan indeks glikemik pisang masih terbilang rendah.

Kandungan karbohidart kompleks pada pisang tidak dapat membuat kadar gula darah naik secara drastis.

Kandungan serat pada pisang juga dapat memberi sensasi kenyang lebih lama, karena dapat memperlambat proses pencernaan anda.

Oleh karena itu mengkonsumsi pisang setiap hari, dipercaya dapat membantu anda menurunkan berat badan anda.

10. Mengurangi Resiko Kanker

cara mencegah kanker

Pisang mengandung antioksidan yang cukup tinggi dari vitamin C dan berbagai vitamin B yang terkandung dalam segelas jus pisang.

Antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan radikal bebas, dimana radikal bebas tersebut merupakan sumber dari berbagai penyakit kronis seperti kanker.

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur berkualitas

Pisang dipercaya sebagai buah yang dapat membantu anda tidur lebih nyenyak dan membuat anda merasa lebih senang dan bersemangat.

Hal tersebut dikarenakan kandungan asam amino triptopan yang berfungsi untuk merangsang pelepasan hormon serotonin.

Hormon ini dikenal dengan hormon yang dapat mengatur suasana hati anda. Bahkan kekurangan hormon ini dapat menimbulkan gangguan perasaan hingga depresi.

Selain itu, hormon serotonin juga dapat membantu anda menjadi rileks dan meningkatkan kualitas tidur anda.

Cara Membuat Jus Pisang

Jus pisang apel

Membuat jus pisang, sangatlah mudah. Dengan hanya menggunakan blender dan beberapa bahan tambahan, dapat membuat jus pisang yang lezat.

Anda dapat menambahkan susu, diamana khasiat jus pisang dan susu baik bagi tubuh dan memberikan energi yang cukup pada pagi hari.

Apel juga dapat ditambakan, dimana khasiat jus apel dan pisang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan serat yang tinggi.

Adapun resep pisang sederhana ialah sebagai berikut :

Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus pisang sederhana, anda dapat mendapatkannya dengan mudah dimana saja, seperti :

  • 2 buah pisang berukuran sedang,
  • 300 ml air putih,
  • gula secukupnya,
  • 1 buah apel,
  • 2 sdm susu bubuk,
  • es batu (jika perlu).

Setelah semua bahan terkumpul, siapkan sebuah blender untuk mencampur semua bahan tadi, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Siapkan blender
  2. Kupas pisang, potong menjadi beberapa bagian
  3. Masukan pisang, susu bubuk, gula (jika perlu), es batu (jika perlu) dan air.
  4. Selanjutnya blender hingga halus.
  5. Potong apel dengan bentuk dadu kecil.
  6. Masukan apel ke dalam blender.
  7. Terakhir tuangkan jus ke dalam gelas.
  8. Jus pisang sederhana siap dinikmati

Resep jus pisang sederhana tersebut mempunyai rasa manis, sedikit asam dan lezat. Potongan apel memberikan tekstur crunchy dan es batu yang memberikan rasa segar ketika di nikmati.

Kesimpulan

Pisang mengandung banyak nutiris dan mineral baik bagi tubuh, sehingga mengkonsumsi jus pisang setiap hari dapat meningkatkan fungsi tubuh dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Namun ada banyak orang bertanya bolehkah pisang dijus ? jawabannya boleh, tetapi alangkah lebih baik pisang dimakan langsung ataupun lebih tepat jika dijadikan smoothies.

Dikarenakan pisang memiliki sedikit air, oleh karena itu pisang hanya dapat diolah dengan menggunakan juicer, namun hanya dapat diolah menggunakan blender..

Serat pada pisang kemungkinan akan hancur ketika diolah menggunakan blender, membuat nutrisi pada buah pisang tidak maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati