Manfaat Jus Pare

manfaat jus pare untuk kesehatan

sempati.co.id – Buah pare memang memiliki rasa pahit yang tidak banyak orang suka apalagi jika diolah menjadi jus, tetapi di balik rasa pahit tersebut terdapat manfaat jus pare yang tak disangka-sangka.

Manfaat tersebut tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mata, mengontrol gula darah, menangkal kanker dan berbagai manfaat lainnya.

Untuk mengetahui manfaat jus pare secara lengkap, yuk kita bahas satu per satu pada tulisan dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Jus Pare

Kandungan nutrisi buah pare

Pare atau momordica charantia merupakan sebuah tumbuhan merambat yang memiliki buah yang cukup unik, tekstur buah ini bergerigi dan memiliki warna hijau dominan dengan biji didalamnya.

Jika berbicara tentang nutrisi, buah pare merupakan buah yang termasuk kedalam golongan buah kaya nutrisi.

Buah ini kaya akan beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin B1, B2, B3, C, kalium, kalsium dan kandungan nutrisi lain yang tentu saja tidak kalah penting.

Adapun kandungan nutrisi lengkap dalam 100 gram buah pare, kurang lebih ialah sebagai berikut :

  • Air : 94,4 gram
  • Kalori : 19 kkal
  • Protein : 1,0 gram
  • Lemak : 0,4 gram
  • Fosfor : 65 milligram
  • Zat besi : 0,9 miligram
  • Natrium : 5,0 miligram
  • Kalium : 277,7 miligram
  • Tembaga : 0,03 miligram
  • Zinc : 0,8 miligram
  • Karbohidrat : 3,6 gram
  • Vitamin B2 : 0,04 miligram
  • Serat :1,3 gram
  • Vitamin B1 : 0,18 miligram
  • Kalsium : 31 miligram
  • Vitamin B3 : 0,4 miligram
  • Beta karoten : 197 mikrogram
  • Karoten Total : 80 mikrogram
  • Vitamin C : 58 miligram
  • Magnesium : 16 miligram
  • Potasium : 139 miligram
  • Sodium : 7 mg

10 Manfaat Jus Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Jus dan Buah Pare

Berdasarkan nutrisi jus pare di atas, dapat disimpulkan beberapa manfaat jus pare yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Setidaknya ada sepuluh manfaat jus pare yang baik bagi tubuh, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Memperlancar Pencernaan

Wanita menderita sakit perut

Buah pare memiliki kandungan serat yang tinggi, dimana serat tersebut memiliki fungsi baik untuk memperlancar pencernaan dan menangkal penyebab penyakit perut.

Kandungan serat tersebut merupakan senyawa alami yang dapat membantu usus untuk meredakan sembelit atau konstipasi.

Selain itu juga, buah pare mengandung senyawa antibakter yang dapat membantu melawan bakteri jahat pada usus yang menyebabkan kerusakan pada lambung.

Jadi, mengkonsumsi jus pare secara rutin dapat memperlancar buang air besar (BAB) dan menjaga pola nya agar teratur.

2. Manfaat Jus Pare Untuk Diabetes

Jus pare memiliki kandungan magnesium, dimana magnesium tersebut dapat mengurangi resiko dan membantu pasien diabetes untuk mengontrol gula darah.

Magnesium merupakan senyawa yang baik bagi tubuh karena dapat memaksimalkan tugas hormon insulin yang mengatur kadar gula darah.

Selain itu juga magnesium dapat mencegah penumpukan glukosa pada darah dan mendistribusikannya ke organ lain, seperti hati otot dan jaringan lemak secara optimal.

Sehingga untuk kalian yang memiliki penyakit diabetes dapat mencoba jus pare sebagai salah satu alternatif untuk mengontrol gula darah atau hanya untuk sekedar mencegah terserangnya diabetes.

3. Dapat Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang sudah menjadi momok yang menakutkan bagi umat manusia sampai sekarang.

Tetapi dengan adanya jus pare, mungkin ada beberapa kemungkinan yang menjadi sebuah harapan untuk melawan ketakutan tersebut.

Sebuah tes laboratorium menunjukan beberapa temuan yang dapat menjadi salah satu potensi untuk melawan kanker, salah satunya ialah ekstrak pare.

Tes tersebut menyatakan bahwa buah pare cukup efektif untuk mencegah penyebaran kanker pada tubuh, karena mengandung antioksidan yang mampu melawan sel kanker.

Namun, penelitian tersebut masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut, karena harus dibuktikan lebih kuat lagi.

4. Manfaat Jus Pare Untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih memang merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan kepercayaan diri bagi beberapa orang.

Terkadang kita bingung bagaimana cara untuk menurunkan berat badan dan apa saja yang harus dilakukan, seperti memilih menu latihan dan menu makanan yang harus diambil.

Tapi tenang, mungkin jus pare dapat menjadi salah satu solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut, karena jus pare dikenal ampuh untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jus pare memiliki kandungan serat yang tinggi, dimana serat tersebut baik untuk menurunkan berat badan.

Serat dapat membuat anda kenyang lebih lama, karena serat diproses oleh tubuh secara lambat. Oleh karena itu sensasi kenyang pada tubuh akan lebih lama ketimbang biasanya.

Hal tersebut dapat membantu anda untuk mengatur pola makan, sehingga kalian tidak usah takut untuk merasa lapar ketika sedang melakukan program diet.

Sebuah penelitian juga berpendapat bahwa buah pare juga dapat membakar lemak secara optimal ketika dibarengi dengan olahraga yang tepat.

Oleh karena itu, untuk kalian yang memang ingin memiliki berat badan ideal, mungkin jus pare dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menemani progam diet, walaupun dengan rasa yang sedikit pahit.

5. Jus Pare Untuk Asi dan Ibu Hamil

manfaat jus pare untuk ASI dan ibu hamil

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih daripada biasanya, karena ibu tidak hanya hidup untuk dirinya sendiri, tetapi tentu saja dengan bayi atau janin mereka.

Oleh karena itu, jus pare mungkin menjadi kabar baik untuk para ibu hamil dan menyusui karena buah pare memiliki kandungan nutrisi dan mineral alami yang baik bagi ibu dan janin.

Jus pare mengandung asam folat, serat, vitamin A, vitamin C dan nutrisi lain yang berguna untuk memenuhi nutrisi harian si ibu. Selain itu juga kandungan tersebut dapat menambah nutrisi dalam ASI yang dihasilkan.

Asam polat, magnesium, kalium dan nutrisi lain juga dipercaya untuk mengurangi resiko janin mengalami cacat dan kerusakan saraf pada otak, sehingga janin akan tumbuh sehat dan kuat.

Untuk para ibu hamil dan menyusui, mengkonsumsi jus pare secara rutin dapat membantu anda tetap sehat dan menjaga asupan nutrisi harian kalian.

6. Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit

buah pare untuk kesehatan kulit

Vitamin C merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh, terutama kulit karena vitamin C merupakan kandungan yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen tersebut merupakan protein utama penyusun jaringan kulit yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain itu juga, vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat membantu kerusakan sel kulit akibat radikal bebas yang dapat menyerang jaringan sel.

Jika jaringan sel pada kulit rusak akan mengakibatkan garis-garis halus atau yang seringkali kita sebut sebagai penuaan dini.

Kandungan provitamin A juga dapat membantu kulit pada masa pemulihan akibat luka dan menjaga kesehatan agar tetap sehat.

7. Menjaga Kesehatan Mata

buah pare untuk kesehatan mata

Kesehatan mata merupakan hal yang penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak terserang berbagai penyakit seperti, rabun, katarak dan penyakit lainnya.

Jus pare memiliki kandungan senyawa flavonoid yang merupakan senyawa pembentuk vitamin A, seperti karoten dan beta karoten, lutein dan zeaxanthin.

Pare memiliki kandungan beta karoten dua kali lebih besar dibandungkan dengan brokoli.

Kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan fungsi penglihatan secara baik.

8. Membantu Penderita HIV dan Herpes

lambang HIV dan AIDS

Selain kanker, salah satu penyakit menakutkan yang menghantui manusia ialah serangan virus HIV yang sekarang masih belum ada obat yang pasti dapat menyembuhkanya.

Namun ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah pare memiliki senyawa antivitius yang dapat menghambat aktivitas virus HIV dan melemahkanya sehingga virus tersebut melakukan infeksi pada tubuh.

Selain itu sebuah penelitian juga menyatakan bahwa kandungan pada jus pare dapat membantu pasien dari penyakit herpes dengan cara menyerang virus untuk mengurangi efektivitas produksi virus.

Walaupun demikian, hal tersebut tentu saja perlu dilakukan penilitian yang lebih dalam, agar dapat dibuktikan secara lebih lagi.

9. Memeliharan Kesehatan Tulang

Ingin memiliki tulang kuat dan sehat ? mungkin jus pare merupakan salah satu solusi bagi kalian yang ingin memiliki hal tersebut.

Jus pare memiliki kandungan vitamin K, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, seng dan kandungan lain yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Beberapa nutrisi tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan membantu menyebarkan nutrisi seperti kalsium pada tubuh.

Dengan mengkonsumi jus pare secara rutin, tentu saja dapat memelihara kesehatan tulang dan menghindarkan kalian dari berbagai penyakit tulang seperti keropos tulang (osteoporosis) dan mengurangi resiko patah tulang pada saat terbentur.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat jus pare untuk menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyebab utama bagi berbagai penyakit jantung (kardiovaskular), seperti stroke, gagal ginjal, serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan tumpukan flak dan lemak pada arteri yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang memaksa organ lain seperti jantung bekerja lebih keras.

Namun, jangan risau, jus pare memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengurangi berbagai resiko tersebut, karena kalium dapat membantu menjaga dinding saluran darah tetap elastis.

Selain itu juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga peredaran darah tetap lancar ketika menyalurkan nutrisi pada tubuh.

Efek Samping Jus Pare

potongan buah pare

Walaupun memiliki berbagai macam manfaat baik bagi tubuh, jus pare memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jus pare memiliki fungsi untuk mengontrol gula darah.

Jika dikonsumsi dengan obat-obatan yang dapat menurunkan gula darah akan mengakibatkan kadar gula darah menjadi rendah yang cukup berbahaya.

Hal tersebut dapat memicu penyakit atau kondisi koma hipoglikemik yang terjadi akibat dosis insulin pada tubuh yang berlebihan karena penurunan kadar gula darah yang parah.

Oleh karena itu, untuk penderita diabtes sebelum menjadikan jus pare sebagai salah satu alternatif, alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi pada dokter untuk manfaat yang optimal.

Resep Jus Pare

cara membuat jus pare tidak pahit

Jus pare memang memiliki rasa pahit yang khas, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit tersebut.

Untuk mengurangi rasa jus pare agar tidak pahit ialah dengan cara merendam potongan pare dengan garam atau yoghurt, lalu cuci kembali pare dengan air bersih.

Ada banyak resep jus pare dengan cara mencampurnya dengan buah atau campuran lain seperti sirup.

Untuk sekarang, penulis hanya akan membagikan resep jus pare sederhana yang dapat kalian modifikasi sesuai selera.

Adapun bahan dan alat yang dibutuhkan ialah sebagai berikut :

  1. Buah pare
  2. Garam/yoghurt
  3. Pisau
  4. Blender
  5. Saringan

Untuk membuat jus pare cukup sederhana, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Potong buah pare menjadi beberapa bagian.
  2. Bersihkan dari biji dan bagian putih pada pare.
  3. Rendam buah pare dengan garam atau yoghurt selama 30 menit – 1 jam untuk mengurangi rasa pahit.
  4. Bersihkan potongan buah pare dengan air.
  5. Masukan potongan buah pare pada blender.
  6. Tambahkan gula atau air lemon (jika perlu).
  7. Saring hasil blender dan sajikan pada gelas.

Jus pare memang dapat menjadi pahit jika tidak di rendam dahulu dengan garam/yoghurt dan tidak menambahkan bahan lain.

Campuran jus pare dapat beragam seperti perasan jus lemon, gula, jeruk nipis dan campuran lain sesuai selera.

Namun terdapat manfaat yang baik jika mencampur dengan bahan seperti jeruk nipis/lemon.

Manfaat jus pare campur jeruk nipis atau lemon, selain memberikan rasa yang segar, tentu saja memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan kesehatan, seperti menurunkan berat badan.

Kesimpulan

Manfaat jus pare memang tak diragukan lagi untuk kesehatan, tetapi ada efek samping yang cukup merugikan jika dikonsumi secara berlebihan.

Oleh karena itu konsumsi jus pare secara bijak atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Semoga tulisan ini dapat menjadi manfaat bagi kalian pembaca dan dapat menyebarkannya pada teman, keluarga dan masyarakat luas agar bermanfaat bagi masyarakat.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati