Manfaat Jus Nanas

Manfaat Jus Nanas

sempati.co.id – Pernah memakan nanas ? Tentu saja buah satu ini sangat enak dimakan langsung ataupun dijadikan jus. Tetapi apakah kalian tahu manfaat jus nanas selain rasanya yang segar ?

Jus nanas memang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat baik untuk menangkal berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Namun dibalik manfaat dan khasiat itu semua terdapat beberapa resiko atau dampak buruk bagi kesehatan.

Ingin tahu apa saja manfaat dan dampak negatif dari jus nanas ini ? yuk! kita bahas semuanya pada tulisan dibawah ini.

Kandungan Nanas dan Manfaatnya

Potongan buah nanas beserta jus nanas

Ananas comosus atau buah nanas merupakan buah tropis yang memiliki warna buah kuning dengan rasa yang sangat segar ketika dimakan.

Buah ini kaya akan beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya.

Dalam potongan nanas berukuran 100 gram terdapat nutrisi sebagai berikut :

  • Karbohidrat : 13 gram
  • Serat : 1,5 gram
  • Protein : 0,5 gram
  • Gula : 10 gram
  • Vitamin A : IU
  • Folat : 18 mikrogram
  • Kalium : 110 miligram
  • Magnesium : 12 miligram
  • Vitamin C : 50 gram

Sebetulnya terdapat nutrisi lain yang memiliki kadar rendah seperti vitamin B, kolin, selenium, zinc, bromelain dan berbagai antioksidan yang sengaja tidak dimasukan karena jumlah yang sedikit.

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi pada buah nanas, tentunya kita dapat menyimpulkan beberapa khasiat dan manfaat jus nanas.

Setidaknya ada 10 manfaat dan khasiat jus nanas yang dapat anda dapatkan jika menkonsumsi jus nanas secara rutin setiap harinya, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

wanita sedang mengalami sakit perut

Mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan susah air besar ? mungkin jus nanas merupakan salah satu solusi yang baik untuk mengatasi hal tersebut.

Mengapa ? karena nanas merupakan buah yang memiliki kadar air tinggi dengan kandungan serat yang cukup banyak.

Dimana serat dan air tersebut sangat berguna untuk memperlancar pencernaan, ditambah dengan kandungan bromelain yang dapat meringankan peradangan usus.

Serat juga berfungsi sebagai senyawa yang dapat meningkatkan fungsi usus untuk menyerap air dan nutrisi lain lebih optimal, sehingga hasil pembuangan kita akan menjadi lebih halus dan besar.

Selain itu serat juga dapat membantu kita untuk mendapatkan pola buang air besar yang lebih teratur.

Semua manfaat untuk meningkatkan dan mencegah berbagai masalah pencernaan dapat kita dapatkan hanya dengan meminum jus nanas secara rutin.

2. Manfaat Jus Nanas Untuk Wanita

Wanita hamil memegang buah nanas

Jika anda sedang melakukan program kehamilan, tidak ada salahnya mengkonsumsi jus nanas.

Karena jus nanas memiliki nutrisi penting untuk membantu keseburan anda, khususnya wanita.

Kandungan nutrisi seperti vitamin C, zinc, folat, beta karoten, tembaga dan berbagai nutrisi yang terkandung pada jus nanas dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi jus nanas untuk membantu anda dalam program kehamilan, selain rasanya yang segar dan sehat jus ini memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh.

3. Manfaat Jus Nanas Untuk Kecantikan

Wanita cantik berbaring dengan buah nanas

Kulit yang cantik, segar dan sehat merupakan mimpi dari sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilan tubuh.

Untuk mempertahankan hal tersebut, asupan nutrisi yang baik sangat penting seperti vitamin C yang berguna untuk kecantikan kulit.

Vitamin C memiliki fungsi yang baik bagi kulit, karena vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat berbagai faktor.

4. Manfaat Jus Nanas Untuk Diet

Jus nanas segar dengan buah nanas di atas meja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nanas memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, dimana kedua kandugan tersebut sangat baik bagi anda yang sedang melakukan program diet.

Mengapa ? karena sebuah studi menyatakan bahwa makanan ataupun minuman yang memiliki kadar serat dan air tinggi dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan secara segnifikan.

Serat juga merupakan senyawa yang cukup lama diproses dalam tubuh, sehingga nanas dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama agar kita dapat mengatur pola makan lebih baik.

Selian itu buah nanas merupakan buah yang rendah kalori, sehingga tidak akan menganggu program diet anda jika dikonsumsi.

5. Manfaat Jus Nanas Untuk Batuk

Wanita cantik mengalami kedinginan dan batuk

Jika sedang mengalami sakit batuk, mungkin jus nanas dapat membantu meringankan penyakit tersebut.

Karena jus nanas memiliki kandungan bromelain, vitamin C dan nutrisi yang terdapat pada jus nanas dapat membantu mencairkan dahak sehingga mudah di keluarkan.

Selain itu nutrisi pada jus nanas dapat mempercepat pemulihan dan menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri yang menyebabkan batuk dan flu.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pria mengalami serangan jantung

Kinerja jantung sangat dipengaruhi oleh aliran darah pada tubuh, karena jika aliran darah dalam tubuh buruk, maka kinerja jantung akan semakin berat.

Hal tersebut dapat menjadi faktor beberapa penyakit jantung yang cukup berbahaya bahkan mengakibatkan kematian.

Untuk mengurangi resiko dan mencegah berbagai penyakit tersebut, tubuh membutuhkan beberapa nutrisi penting seperti serat, kalium dan antioksidan.

Karena beberapa nutrisi tersebut dapat mengontrol aliran darah tetap stabil dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Selain itu nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

tiga orang memiliki tulang yang kuat untuk berlari

Jus nanas memiliki nutrisi yang baik bagi tulang, seperti vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap terjaga.

Berbagai nutrisi tersebut dibutuhkan tulang untuk meningkatkan kepadatan tulang agar kuat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti pengeroposan tulang atau osteoporosis.

8. Mengurangi Resiko Katarak

Mata wanita katarak

Untuk menjaga kesehatan mata dibutuhkan beberapa nutrisi yang baik, seperti vitamin A dan beberapa vitamin dan mineral lainnya.

Jus nanas memiliki kandungan beta karoten dimana senyawa tersebut merupakan penyusun vitamin A yang sangat baik bagi mata.

Selain itu kandungan vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, karena beberapa studi menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C dapat mengurangi resiko katarak.

Tentu saja penelitian tersebut masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

9. Anti Peradangan

Potongan buah nanas

Senyawa bromelain seperti yang sudah disebutkan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satu kandungan jus nanas tersebut juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan, karena mempunyai sifat anti peradangan.

Jadi dengan menkonsumsi jus nanas setelah olahraga berat ataupun cidera dapat membantu anda untuk memulihkan tubuh anda dengan cepat.

Selain itu, bromelain juga dapat membersihkan sel-sel yang rusak dari tubuh, memar, pembengkakan dan juga meringankan asam urat.

10. Mengurangi Resiko Kanker

Potongan dan jus nanas di atas tikar bambu

Kandungan antioksidan pada jus nanas dipercaya dapat mengurangi resiko kanker yang dapat menyerang tubuh.

Karena antioksidan tersebut memiliki fungsi untuk menangkal radikla bebas yang dapat merusak sel-sel sehat yang merupakan penyebab kanker.

Selain itu senyawa bromelain juga mempunyai potensi sebagai senyawa anti kanker yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Namun hal tersetbut masih membutuhkan penilitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Efek Samping Makan Nanas

mangkuk berisi nanas di atas meja

Selain memiliki mafaat yang baik bagi tubuh, ternyata buah nanas memiliki efek samping yang dapat merugikan.

Kandungan bromelain memang memiliki banyak manfaat, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan ini mungkin akan cukup berbahaya bagi kesehatan.

Rasa tidak nyaman di mulut, bibir dan lidah akan timbul jika dikonsumsi secara berlebihan, bahkan dapat mengakibatkan ruam, diare, muntah-muntah dan pendarahan menstruasi yang berlebih.

Bromelain juga dapat mengganggu kinerja obat seperti :

  • Antibiotik
  • Antidepresan
  • Antikonvulsan
  • Pengencer darah

Buah nanas juga memiliki kandungan tinggi kalium, sehingga cukup berbahaya bagi orang yang memiliki kondisi ginjal buruk yang akan berakhir pada kondisi hiperkalemia.

Konsultasikan pada dokter sebelum menjadikan jus nanas sebagai menu makanan alternatif untuk mendapatkan berbagai manfaat yang sudah disebutkan.

Jus satu ini juga dapat menyebabkan peningkatakn terkena penyakit maag atau refluks pada orang yang menderita penyakit refluks gastroesofageal.

Resep Jus Nanas Campur Wortel

Jus nanas bersama buah-buahan

Untuk membuat jus nanas terasa enak dan memiliki nutrisi dan manfaat yang lebih baik, maka ditambakan wortel sebagai sumber nutrisi lain yang tak kalah bermanfaat.

Manfaat jus nanas dan wortel dapat meningkatkan kesehatan mata, kulit dan rambut karena wortel memiliki kandungan kaya akan vitamin A dan nutrisi lainnya.

Untuk membuatnya pun tidaklah sulit, cukup sediakan bahan-bahan seperti dibawah ini :

  • 1 buah nanas ukuran besar
  • 500 gram wortel
  • Air
  • 200 gram gula pasir
  • 1 jeruk lemon
  • Es batu

Setelah semua bahan terkumpul, untuk membuat jus nanas dengan wortel ini cukup mudah, ikut langkah-langkah berikut ini :

  1. Cuci nanas dan wortel hingga bersih
  2. Kupas kulit wortel dan nanas
  3. Potong-potong menjadi beberapa bagian kecil
  4. Masukan potongan tersebut ke dalam blender
  5. Saring hasil blender ke dalam gelas saji
  6. Larutkan gula pada air panas
  7. Masukan larutan gula dan perasan jus lemon
  8. Sajikan dengan es batu

Mudah bukan ? selain rasanya yang segar dan enak ketika diminum, jus nanas dan wortel ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat jus nanas dan dampak negatifnya bagi tubuh.

Sebaiknya tidak mengkonsumsi jus nanas secara berlebihan karena segala sesuatu jika berlebihan tidaklah baik.

Semoga tulisan dan informasi ini bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati