Manfaat Jus Mangga

Manfaat Jus Mangga

sempati.co.id – Ada cukup banyak sekali manfaat jus mangga, dimulai dari mencegah kanker hingga mempercantik kulit.

Tak heran buah satu ini menjadi buah yang sangat digemari oleh banyak orang, karena selain memiliki manfaat yang begitu besar, buah ini memiliki rasa yang sangat enak.

Terlepas dari rasa yang enak dan lezat ketika dikonsumsi, ada banyak sekali manfaat selain yang sudah disebutkan di atas.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang manfaat jus mangga untuk kesehatan dan kecantikan yang akan dijelaskan pada tulisan dibawah ini.

Kandungan Mangga dan Manfaatnya

Buah mangga di pasar

Sebelum membahas apa saja manfaat dan khasiat jus mangga, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu buah mangga beserta kandungan nutrisinya agar kita lebih memahami mengapa buah mangga baik untuk tubuh manusia.

Mangga atau mangifera indica dalam bahasa latin, merupakan buah yang berasal dari dataran India yang tersebar ke asia tenggara dan penjuru dunia.

Buah satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti kandungan vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, C dan berbagai vitamin dan mineral.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu faktor mengapa buah mangga menjadi salah satu buah yang sangat diminati oleh orang di seluruh dunia.

Adapun nutrisi lengkap dari buah mangga per 100 gram secara lengkap ialah sebagai berikut :

  • Energi 250 kJ (60 kcal)
  • Karbohidrat 15 g
  • Gula 13.7 g
  • Serat pangan 1.6 g
  • Lemak 0.38 g
  • Protein 0.82 g
  • Vitamin A 54 μg
  • beta-karotena 640 μg
  • lutein zeaksantin 23 μg
  • Vitamin B1 0.028 mg
  • Folat 43 μg
  • Vitamin B2 0.038 mg
  • Kolina 7.6 mg
  • Vitamin K 4.2 μg
  • Zat besi 0.16 mg
  • Vitamin B3 0.669 mg
  • Kalsium 11 mg
  • Vitamin B5 0.197 mg
  • Kalium 189 mg
  • Vitamin B6 0.119 mg
  • Magnesium 10 mg
  • Mangan 0.063 mg
  • Fosfor 14 mg
  • Potasium 168 mg
  • Vitamin C 36.4 mg
  • Sodium 1 mg
  • Seng 0.09 mg
  • Vitamin E 0.9 mg

10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Jus mangga segar dengan sekerangjang buah mangga

Setelah mengenal apa saja kandungan nutrisi buah mangga, maka kita dapat menyimpulkan beberapa manfaat dan khasiat dari jus buah manga, yang diantaranya ialah sebagai beriktu :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat jus mangga untuk mengatasi masalah pencernaan

Buah mangga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dimana serat sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaan tubuh kita.

Serat dapat membantu memperlancar dan meningkatkan penyerapan nutrisi pada usus, sehingga usus akan menjadi lebih sehat dengan feses yang lebih lembut dan besar.

Hal tersebut dapat berdampak pada lancar nya aktivitas buang air besar yang lebih lancar dan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

2. Manfaat Buah Mangga Untuk Wajah dan Kulit

wanita dengan kulit cantik dan sehat memegang mangga

Kulit dan wajah cerah, sehat dan bersinar merupakan impian dari kebanyakan wanita, oleh karena itu ada banyak orang yang mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkanya.

Sebenarnya ada cara-cara alami untuk mendapatkan hal tersebut, tanpa harus mengeluarkan uang yang besar, seperti mengkonsumsi jus mangga.

Kenapa ? karena buah mangga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, dimana vitamin C tersebut berperan penting dalam meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen tersebut berfungsi sebagai protein yang dapat menjaga kesehatan kulit agar tetap lentur dan indah.

Antioksidan dalam jus mangga juga dapat mencegah penuaan dini atau garis halus pada kulit agar tetap terlihat awet muda.

3. Manfaat Jus Mangga Untuk Pria

mangga dan daun mangga

Jus mangga kaya akan kandungan vitamin E, dimana vitamin ini merupakan antioksidan yang mampu menjaga kualitas sperma tetap sehat dan baik.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu sperma untuk lebih cepat masuk ke dalam indung telur dalam proses pembuahan.

Jadi, mengkonsumsi jus mangga setiap hari dapat membantu kaum pria untuk memperlancar program hamil, dimana jus mangga tersebut dapat meningkatkan persentase kehamilan pasangan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

pria terkena serangan jantung

Kesehatan jantung sangat dipengaruhi oleh bagusnya peredaran darah pada tubuh, karena jika sistem peredaran tubuh buruk, maka kinerja jantung akan semakin berat.

Hal tersebut dapat menjadi faktor beberapa penyakit jantung seperti, serangan jantung, stroke dan lain sebagainnya.

Bagusnya, jus mangga merupakan sumber nutrisi alam yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan peredaran darah.

Karena jus mangga mengandung multivitamin kompleks dan mineral seperti, vitamin C, A, Kalium, Zat Besi dan lain sebagainnya.

Kalium memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, khusunya bagi pembuluh darah pada arteri, karena dapat mencegah penyempitan pembuluh darah.

Selain itu zat besi juga dapat membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh dan meningkatkan pendistribusian oksigen.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus mangga setiap hari dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung yang berbahaya.

5. Mengurangi Resiko Kanker

jus mangga dan potongan buah mangga dengan daun mint

Seperti yang sudah disebutkan, jus mangga memiliki kandungan vitamin kompleks dan antioksidan yang tinggi.

Kedua senyawa tersebut dipercaya mampu menangkal serangan radikal bebas pada tubuh, yang dimana radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kanker.

Fungsi tersebut tentu saja akan menurunkan resiko terkena kanker dengan cara meminum jus mangga secara rutin.

6. Menjaga Kesehatan Mata

campuran jus mangga dan jus alpukat

Sudah banyak orang tahu bahwa vitamin A merupakan vitamin yang berfungsi sebagai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Hal tersebut memang benar, karena vitamin A, beta-karoten dan lutein zeaksantin dapat memelihara sel-sel mata agar tetap sehat.

Beberapa senyawa tersebut terdapat pada jus mangga, oleh karena itu jus mangga merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

7. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

smoothies jus mangga dengan potongan buah mangga

Asupan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya sangat berpengaruh pada sitem kekebalan tubuh atau sistem imun pada tubuh kita.

Vitamin A, B, C, E, K, protein, mineral dan antioksidan merupakan senyawa alami yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap bekerja.

Selain itu, kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi antibodi dan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan berbagai kuman, bakteri dan virus yang membahayakan.

Oleh karena itu, mengkonsum jus mangga setiap hari, selain enak tetapi juga menyehatkan.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

mangga potong dadu

Buah mangga memiliki kandungan tinggi serat dan air yang cukup, dimana kedua kandungan tersebut merupakan senyawa alami yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Serat diproses dalam tubuh cukup lama, sehingga dapat memberikan sensasi rasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar berlebih, sehingga dapat mengontrol pola makan lebih teratur.

Selain itu, beberapa penelitian berpendapat bahwa makanan yang memiliki kandungan serat dan air dapat membantu menurunkan berat badan secara segnifikan dan optimal jika di lakukan dengan olahraga.

Selain rasa yang enak, buah mangga menawarkan manfaat yang baik untuk membantu program diet atau menurunkan berat badan yang baik.

9. Mengurangi Resiko Stroke

suster memeriksa kesehatan kakek akibat stroke

Stroke merupakan penyakit dimana kondisi tubuh kekurangan asupan oksigen ke otak akibat dari penyumbatan pembuluh darah yang berakhir dengan pecahnya pembuluh darah.

Untung mengurangi dan mencegah dari resiko terkena penyakit ini kita memerlukan asupan makanan tinggi kalium, dimana fungsi kalium dapat melancarkan dan melebarkan pembuluh darah.

Sehingga aliran darah pada tubuh akan lancar untuk mendistribusikan nutrisi dan oksigen pada semua organ, khususnya otak.

10. Manfaat Jus Mangga Untuk Ibu Hamil

ibu hamil memegang mangga di supermaket

Ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi harian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita normal, karena ibu hamil memerlukan nutrisi lebih untuk janin.

Kebutuhan nutrisi tersebut dapat sebagian terpenuhi dengan mengkonsumsi jus mangga, karena jus mangga memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

Oleh karena itu dengan mengkonsumsi jus mangga secara rutin dan teratur dapat memenuhi nutrisi harian ibu hamil agar tetap sehat ketika sedang mengandung.

Cara Membuat Jus Mangga

campuran jus mangga dan wortel beserta jeruk nipis dan jahe

Membuat jus mangga cukup mudah dan sederhana karena hanya memerlukan alat dan bahan yang sederhana.

Untuk membuat jus mangga lebih sehat dan enak ketika dikonsumsi dapat menambahkan bahan atau buah lain seperti leci ataupun wortel.

Manfaat jus mangga dan wortel cukup baik bagi tubuh selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat wortel sebagai sumber kalori dan vitamin A yang baik bagi kesehatan tentunya,

Untuk membuat jus mangga, cukup sediakan alat dan bahan seperti berikut :

  • Pisau
  • Blender
  • 1 Buah mangga harum manis/gincu
  • Es batu (jika diperlukan)

Untuk membuatnya pun mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Potong mangga menjadi beberapa bagian,
  2. Masukan potongan buah mangga ke dalam blender,
  3. Tambahkan es batu jika ingin mendapatkan tekstur yang berbeda,
  4. Sajikan ke dalam gelas,
  5. Tambahkan es batu (jika perlu).

Kesimpulan

Nah, setelah mengetahui apa saja manfaat jus mangga bagi kesehatan dan kecantikan, penulis berharap tulisan ini dapat menjadi manfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati