Manfaat Jus Jeruk

Manfaat jus jeruk bagi kesehatan dan kecantikan

sempati.co.id – Manfaat jus jeruk begitu banyak bagi tubuh, sayang jika anda melewatkan khasiat yang diberikan oleh buah berwarna oranye satu ini.

Selain segudang khasiat yang ditawarkan, buah jeruk ini memang memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, yang tentu saja sangat cocok jika dikonsumsi di tengah teriknya matahari.

Buah yang identik dengan kandungan tinggi vitamin C ini memiliki banyak sekali nutrisi lain yang terkandung, untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkap mengenai buah jeruk dibawah.

Kandungan Buah Jeruk

Buah Jeruk Sankis

Buah jeruk adalah buah yang berasal dari tumbuhan berbungan yang termasuk ke dalam keluarga citrus dari suku jeruk-jerukan atau dalam bahasa latin ialah rutaceae.

Jeruk memiliki rasa asam atau manis dengan warna kulit yang beragam sesuai dengan spesies jeruk itu sendiri seperti jeruk manis, jeruk keprok, jeruk nipis, jeruk lemon dan spesies jeruk lainnya.

Sedangkan untuk kandungannya sendiri, setiap jenis memiliki kandungan nutrisi yang tidak begitu jauh berbeda, satu dengan yang lainnya.

Adapun kandungan buah jeruk per 100 gram ialah sebagai berikut :

  • Energi : 45 kal
  • Protein : 0,9 g
  • Lemak : 0,2 g
  • Karbohidrat : 11,2 g
  • Serat : 1,4 g
  • Vitamin C : 49 mg
  • Niasin: 0,2 mg
  • Vitamin B1 : 0,08 mg
  • Kalsium : 33 mg
  • Vitamin B2 : 0,03 mg
  • Fosfor : 23 mg
  • Kalium : 472,1 mg
  • Besi : 0,4 mg
  • Tembaga : 160 mg
  • Seng : 0,2 mg
  • Karoten total : 190 mcg

Berdasarkan informasi yang sudah disebutkan, bisa disimpulkan buah jeruk merupakan buah yang termasuk pada buah yang memiliki nutrisi yang cukup tinggi.

Jeruk memiliki tingkat asam yang tinggi, jadi terdapat resiko jika mengkonsumsi jeruk secara berlebihan, seperti mulas bahkan diare.

Jus jeruk mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, berbagai mineral dan kandungan nutrisi lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Manfaat Jus Jeruk Peras

Manfaat Jus Jeruk Peras

Ada banyak sekali manfaat jus jeruk, dimulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, baik untuk ibu hamil, menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lagi manfaatnya.

Berikut ialah beberapa manfaaat jus jeruk yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat jus jeruk bagi sistem pencernaan

Jeruk memiliki kandungan serat yang tinggi, dimana serat memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, khususnya pada sistem pencernaan.

Terlebih lagi, buah jeruk memiliki serat larut yang sangat bagi bagi usus untuk membantu menyerap nutrisi secara efisien dan optimal.

Buah jeruk memiliki kadar air yang tinggi, dimana tubuh kita memerlukan cairan untuk mengoptimalkan sistem pencernaan agar tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Selain itu, mengkonsumsi jeruk juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan kita agar terhindar dari dehidrasi yang tentunya merugikan bagi tubuh.

2. Manfaat Jus Jeruk Untuk Kulit

jus jeruk dapat menjaga kesehatan kulit dan kecantikan

Seperti yang kita tahu, buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dimana vitamin C tersebut kaya akan kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Antioksidan ini berfungsi untuk membantu tubuh kita agar terhindar dari paparan radikal bebas dari sinar UV yang tentu saja akan merusak kulit yang akan mengakibatkan kerusakan jaringan kolagen pada kulit.

Rusaknya jaringan tersebut dapat menimbulkan garis halus pada kulit, yang seringkali disebut dengan penuaan dini.

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah jeruk atau jus jeruk setiap hari akan membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda.

3. Manfaat Buah Jeruk Untuk Kecantikan

buah jeruk untuk kecantikan

Selain kulit, akibat dari radikal bebas ialah dapat merusak kesehatan dan kecantikan rambut.

Karena kerusakan jaringan kolagen pada kulit akan berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Bila kesehatan rambut terganggu, tentu saja hal ini akan mengganggu penampilan anda karena tentu saja kesehatan rambut akan sangat berpengaruh pada kecantikan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

buah jeruk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada jus jeruk sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Dimana vitamin C berperan penting untuk merangsang sistem imun agar bekerja lebih efektif.

Mengkonsumsi buah atau jus jeruk setiap hari tentunya akan membantu anda terhindar dari berbagai serangan virus, bakteri dan kuman yang berbahaya bagi tubuh.

Anda juga tidak akan mudah sakit ataupun tertular penyakit seperti batuk, flu dan demam akibat dari infeksi.

5. Mencegah Kanker

Jus jeruk dapat mengobati kanker

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam buah jeruk memang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi tubuh.

Salah satunya ialah mengurangi dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Antioksidan dipercaya dapat menangkal radikal bebas pada tubuh, dimana kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas akan berkurang drastis yang akan memicu kanker dan penyakit kronis lainnya.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus jeruk secara rutin dapat menurunkan resiko terkena kanker yang sangat berbahaya.

6. Mengurangi Resiko Diabetes

gula dan jeruk

Jus jeruk memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dimana serat dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh.

Selain itu juga serat dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama, karena serat akan dicerna oleh tubuh lebih lama dibandingkan dengan makanan yang tidak memiliki serat.

Akibatnya tubuh kita tidak akan merasa lapar dan dapat membantu menjaga pola makan yang baik dan teratur.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jeruk dapat menurunkan resiko terkena penyakit mematikan nomor satu di dunia yang dapat membunuh manusia.

7. Mengurangi Resiko Anemia

berbagai buah dan makanan sumber zat besi untuk anemia

Kandungan zat besi pada buah jeruk dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit anemia.

Zat besi dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah (hemoglobin), dimana sel darah merah ini berfungsi sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

Akibatnya fungsi organ pada tubuh akan berkurang dan mengalami lemas dan kekurangan darah (anemia).

Selain itu juga, buah jeruk mengandung asam sitrat dan vitamin C yang tinggi, dimana kedua kandungan ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi di sistem pencernaan.

8. Manfaat Jus Jeruk Untuk Menjaga Tekanan Darah

jus jeruk dapat membantu mengontrol tekanan darah

Hipertensi merupakan sebuah penyakit dimana kondisi tekanan darah yang cukup tinggi yang terjadi oleh berbagai faktor.

Akibat dari penyakit tersebut dapat memberikan dampak lain seperti penyumbatan arteri/pembuluh darah, stroke dan penyakit jantung lainnya.

Kandungan kalium dan zat besi pada buah jeruk dipercaya dapat menurunkan resiko terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya bagi tubuh anda.

9. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

jaringan saraf pada otak

Sebuah penilitian di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dapat membantu mengurangi resiko kehilangan memori dan meningkatkan fungsi saraf pada otak.

Hal tersebut terjadi karena kandungan kalium, folat, antioksidan dan berbagai kandungan nutrisi lainnya memang dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak pada tubuh anda.

10. Membantu Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

manfaat jus jeruk untuk ibu hamil

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi pada tubuh dimana tubuh kekurangan cairan dibandingkan dengan yang didapatkan.

Oleh karena itu keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu yang mengakitbatkan penurunan kinerja tubuh yang segnifikan.

Bayangkan hal ini terjadi pada ibu yang sedang hamil, dimana tentu saja kebutuhan cairan dan nutrisi bagi ibu hamil lebih tinggi dari biasanya.

Kandungan air dan berbagai nutrisi pada jus jeruk akan membantu ibu hamil untuk memenuhi nutrisi harian agar terhindar dari berbagai penyakit seperti dehidrasi.

Selain itu, kandungan folat pada buah jeruk juga dapat mengurangi resiko cacat pada janin.

Oleh sebab itu mengkonsumsi jus jeruk bagi ibu hamil sangat disarankan untuk terhindari dari berbagai penyakit dan mendapatkan manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kesimpulan

Manfaat jus jeruk begitu banyak bagi tubuh kita, ada berbagai macam mineral dan vitamin yang tentunya merupakan sumber nutrisi bagi tubuh.

Terlebih lagi kandungan serat dan vitamin C pada buah jeruk yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Tetapi jangan mengkonsumsi buah jeruk secara berlebihan, karena pastinya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati