Manfaat Jus Jambu Merah

manfaat jus jambu merah

sempati.co.id – Jambu biji merah, merupakan sebuah buah yang seringkali dijadikan jus. Sudah tidak asing bahwa halnya manfaat jus jambu merah dapat menyembuhkan dan meringankan penyakit demam berdarah.

Namun, selain dari khasiat tadi, ternyata manfaat jus jambu merah sangatlah banyak dan sangat bermanfaat bagi kesahatan dan kecantikan tubuh manusia.

Tetapi, selain manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah satu ini, ternyata terdapat juga dampak buruk bagi kesehatan.

Penasaran apa saja manfaat dan dampak yang diberikan dari buah berbiji satu ini ? Yuk! kita bahas secara lengkap pada tulusan di bawah ini.

Kandungan Jambu Biji Merah

Buah jambu merah dan potongan jambu merah dengan daun di keranjang

Jambu biji atau jambu batu (psidum guajava) merupakan buah yang memiliki biji cukup banyak, yang berasal dari Brasil dan tersebar luas ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Buah jambu biji merah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangatberguna bagi tubuh, seperti, vitamin B1, vitamin B2, Serat, Zat Besi dan nutrisi lainnya.

Khusunya vitamin C, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana cukup baik untuk mengatasi berbagai penyakit dan mempertahankan tubuh kita dari serangan virus dan bakteri.

Untuk mengetahui kandungan nutrisi buah jambu biji merah secara lengkap per 100 gram ialah sebagai berikut :

  • Air : 86 gram
  • Energi : 68 kal
  • Protein : 2,55 gram
  • Lemak : 0.95 gram
  • Karbohidrat : 12.2 gram
  • Serat : 5.4 gram
  • Abu : 0.6 gram
  • Vitamin C: 228 miligram
  • Kalsium : 14 miligram
  • Vitamin E : 0.73 mg
  • Fosfor : 11 miligram
  • Kalium : 417 miligram
  • Magnesium : 22 miligram
  • Vitamin K : 2.6 miligram
  • Zat besi : 1.1 miligram
  • Folat : 48 microgram
  • Natrium : 10 miligram
  • Tembaga : 0.230 miligram
  • Zinc : 0.3 miligram
  • Vitamin B1 : 0.02 miligram
  • Beta karoten : 27 microgram
  • Vitamin B2 : 0.03 miligram
  • Niasin: 0,8 gram

11 Khasiat Jus Jambu Biji Merah

potongan buah jambu merah dengan jus jambu merah di atas meja

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi buah jambu biji merah, kita dapat menyimpulkan beberapa khasiat dan manfaat dari buah tersebut.

Setidaknya ada 11 manfaat yang dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

2 buah gelas jus jambu merah

Berbeda dengan khasiat daun jambu biji yang dapat mengatasi diare, buahnya memiliki manfaat yang sebaliknya.

Dimana jus jambu merah dapat memperlancar sistem pencernaan, karena buah satu ini memiliki kandungan air dan serat alami.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa makanan atau minuman yang mengandung tinggi air dan serat dapat memperlancar pencernaan sehingga dapat terhindar dari konstipasi atau susah buang air besar.

Selain itu serat dapat membantu meningkatkan penyerapan air dan nutrisi pada usus besar, sehingga hasil pembuangan kalian akan menjadi halus dan lebih besar.

Selian melancarkan, pola buang air besar pun menjadi lebih teratur, sehingga buah satu ini memang cocok untuk mengatasi sembelit.

2. Manfaat Jus Jambu Merah Untuk Ibu Hamil

ibu hamil memegang buah jambu merah

Ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi yang lebih dibandingkan dengan biasanya, karena ibu hamil tidak hanya hidup untuk dirinya, tetapi dengan sang janin yang berada pada perut sang ibu.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin dapat menjadi alternatif untuk memenuhin kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

Jus jambu merah mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti fosfor, zat besi, folat dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C dan berbagai nutrisi lainnya yang terdapat pada buah satu ini.

Jadi jus jambu merah sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil agar tetap terjaga kesehatannya demi tumbuh kembang si bayi.

3. Manfaat Jus Jambu Merah Untuk Kecantikan

wanita bule cantik memakan buah jambi biji merah

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa jus jambu merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Bukan itu saja, kandungan antioksidan seperti betakaroten dan likopen juga dapat melindungi sel-sel kulit sehat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Karena jika sel-sel pada kulit rusak akan mengakibatkan rusaknya kulit yang menimbulkan garis-garis halus atau yang seringkali disebut dengan tanda-tanda penuaan.

Hal tersebut tentunya cukup mengganggu untuk penampilan kalian, oleh karena itu dengan mengkonsumsi jus jambu merah dapat mengekencangkan kulit dan membuat terlihat lebih muda.

4. Manfaat Jus Jambu Biji Merah Untuk Diet

wanita memegang garpu dengan buah

Memiliki berat badan berlebih atau susah mengatur pola makan yang tidak teratur merupakan beberapa faktor obesitas yang dapat merugikan kita dikemudian hari.

Namun, untuk melakukan penurunan berat badan dengan diet sangatlah sulit bagi beberapa orang.

Untuk mengatasi hal tersebut, mungkin jus jambu merah dapat menjadi salah satu solusi makanan pendamping yang dapat dijadikan alternatif.

Karena, jus jambu merah memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi, dimana serat dan air tersebut merupakan senyawa yang dapat menurunkan rasa lapar berlebih.

Kandungan gula dalam buah jambu biji lebih rendah daripada jeruk dan apel.

Hal tersebut dikarenakan, serat diproses didalam tubuh cukup lama, sehingga memberikan sensasi kenyang lebih lama.

Selain itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa diet dengan menkonsumsi makanan dan minuman tinggi serat dan air dapat menurunkan berat badan secara segnifikan.

5. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

kartun wanita sebagai simbol sistem imun dan kekebalan tubuh

Sering terserang penyakit dengan mudah ? mungkin sistem imun tubuh kamu sedang tidak baik dan kekurangan nutrisi pendukungnya, seperti vitamin C.

Vitamin C dan senyawa antioksidan pada jus jambu merah dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, karena kedua senyawa tersebut dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh.

Antioksidan juga berfungsi sebagai penangkal dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat pada tubuh, sehingga tubuh kita dapat terserang berbagai penyakit dengan mudah.

Vitamin C juga dapat merangsang tubuh kita untuk meningkatkan produksi antibodi, sehingga sistem imun pada tubuh kita akan semakin kuat dari serangan virus dan bakteri.

6. Menjaga Tekanan Darah

dokter memeriksa tekanan darah pasien wanita

Sebagian orang mungkin tidak menyukai biji pada buah jambu merah, padahal biji tersebut memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Antibodi tersebut dipercaya oleh peneliti sebagai senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan menjadi lancar dan normal.

Namun, penelitian tersebut tentunya harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut secara ilmiah.

7. Mencegah Penyakit Demam Berdarah

nyamuk aedes aegypti menyerang kulit manusia

Manfaat satu ini mungkin sudah seringkali kalian dengar bahwa jambu biji merah dapat mengobati demam berdarah.

Benar adanya bahwa buah satu ini dapat menghambat pertumbuhan virus dengue, menurunkan resiko pendarahan dan meningkatkan produksi trombosit.

Hal tersebut dapat kita dapatkan dengan cara menkonsumsi jus jambu merah dan ekstrak dari daunnya untuk mengatasi demam berdarah atau DBD.

8. Menurunkan Resiko Kanker

foto tangan memegang pita pink logo kanker dunia

Rusaknya sel pada jaringan tubuh kita merupakan salah satu faktor utama penyebab kanker yang sampai sekarang belum ada obat pasti untuk mengatasi penyakit mematikan tersebut.

Kita hanya dapat mencegah dan menurunkan resiko terkena kanker tersebut, salah satunya ialah dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Antioksidan tersebut mampu menangkal radikal bebas sebagai penybab utama kerusakan sel, dimana jus jambu merah memiliki kandungan antioksidan dari vitamin C yang tinggi.

Maka dari itu, mengkonsumsi jus jambu merah setiap hari dapat menurunkan resiko kanker yang membayang-bayangi kita.

9. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

seseorang memeriksa kadar gula darah menggunakan glukometer

Jus jambu merah ataupun putih memiliki manfaat yang dapat menurunkan gula dalam darah, karena buah ini memiliki kadar gula rendah dan tinggi serat sehingga baik untuk penderita diabetes.

Buah satu ini juga dapat membantu mengurangi resiko lonjakan gula darah yang cukup berbahaya bagi penderita diabetes.

Tentunya jus ini dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang baik bagi penderita diabetes, namun alangkah baiknya untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum melakukannya.

10. Menurunkan Resiko Terkena Flu dan Batuk

wanita bule terkena flu

Kandugan vitamin C pada jus jambu merah bersifat sebagai antibakteri dan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu dan batuk.

Karena senyawa tersebut dapat membantu untuk meredakan lendir dan dahak pada tenggorokan dengan cara membunuh bakteri jahat yang menybabkan sistem pernafasan terganggu.

Selain jus buah nya, teh yang terbuat dari daun jambu biji ini juga dapat meringankan tenggorokan yang sedang terkena flu dan batuk.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata

wanita cantik dengan mata yang sehat dan indah

Sudah banyak orang tahu bahwa vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A juga dapat membantu kalian untuk terhindar dari berbagai penyakit mata seperti, katarak dan membantu meningkatkan penglihatan mata kita.

Jus jambu merah memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, oleh karena itu mengkonsumsi jus jambu merah dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan mata.

Efek Samping Jambu Biji Merah

potongan buah dan buah jambu merah segar

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, hal tersebut juga sama dengan halnya jus jambu merah, karena dapat menyebabkan beberapa dampak bukur bagi kesehatan, seperti :

  • Hipoglikemia, merupakan sebuah kondisi kadar gula darah pada tubuh lebih rendah daripada kondisi normal. Hal tersebut karena buah jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak dengan anjuran dokter dapat membahayakan penderita diabetes.
  • Eksim, bagi penderita eksim, mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat memperburuk keadaan penderita eksim, karena daun jambu dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Ada beberapa dampak negatil lainnya yang bersifat tidak terlalu berbahaya seperti, mual ataupun sakit perut.

Oleh karena itu konsumsi produk buah jambu secara normal dan dengan arahan dokter jika perlu.

Resep Sederhana Jus Jambu Merah

jus jambu merah dengan hiasan potongan buah jambu merah di atas daun jambu

Terdapat banyak resep untuk membuat jus jambu merah yang enak sesuai selera.

Namun penulis kali ini akan memberikan resep sederhana yang nantinya kalian dapat gunakan untuk mencampurkannya dengan bahan lain.

Untuk membuat jus jambu merah sederhana, cukup sediakan beberapa alat dan bahan untuk digunakan, diantaranya ialah :

  1. 1 atau 2 buah jambu biji merah
  2. 1 gelas air
  3. 2 sdm gula pasir (jika perlu)
  4. Es batu (jika perlu)
  5. Pisau
  6. Blender

Untuk membuatnya cukup ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Potong buah jambu biji merah menjadi beberapa bagian dengan pisau
  2. Masukan potongan buah dan air kedalam blender beserta gula dan es batu (jika perlu)
  3. Blender hingga halus, sesuai selera
  4. Sajikan ke dalam gelas
  5. Tambahkan lagi es batu (jika perlu)

Nah, resep sederhana membuat jus jambu merah sudah kalian ketahui, tinggal kalian kreasikan saja sesuai selera dengan cara menambahkan bahan lain seperti buah dan sirup.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa saja manfaat jus jambu merah dan dampak buruk bagi kesehatan.

Penulis berharap para pembaca sadar akan hal tersebut dan dapat menyebar luaskan informasi tersebut sehingga menjadi manfaat untuk masyarakat luas.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati