Manfaat Jus Buah Naga

Manfaat Jus Buah Naga

sempati.co.id – Manfaat jus buah naga begitu banyak dan beragam, dimulai dari meningkatkan sistem imun pada tubuh hingga mengurangi resiko kanker.

Bahkan banyak dokter dan peneliti kesehatan makanan, merokemendasikan buah naga atau jus buah naga sebagai makanan sehat yang cocok di konsumsi setiap hari.

Namun dibalik berbagai manfaat pada jus buah naga, tentu saja ada beberapa resiko yang timbul jika menkonsumi buah naga secara tidak benar.

Apa sajakah manfaat dan keburukan buah naga tersebut ? Yuk! kita bahas satu per satu dalam artikel dibawah ini.`

Kandungan Nutrisi Jus Buah Naga

Potongan Buah Naga Putih

Sebelum membahas apa saja manfaat dan keburukan dari jus buah naga, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga.

Buah naga atau hylocereus undatus merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam keluarga kaktus yang berasal dari dataran benua amerika, dimulai dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Namun Buah ini sudah banyak dibudidayakan ke berbagai daerah di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Buah ini memiliki rasa segar dan manis ketika matang, yang tentu saja sangata banyak diminati oleh banyak orang.

Selain rasa, ternyata buah naga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti kalori, protein, zat besi, vitamin C dan nutrisi lainnya.

Selengkapnya kalian bisa melihat dibawah daftar nutrisi lengkap buah naga per 100 gram, ialah sebagai berikut :

  • Air : 85,7 gram
  • Energi : 71 kal.
  • Protein : 1,7 gram
  • Lemak : 3,1 gram
  • Karbohidrat : 9,1 gram
  • Zat besi : 0,4 mg
  • Natrium : 10 mg
  • Seng (Zinc) : 0,4 mg
  • Vitamin B1 : ,5 mg
  • Kalium : 128 mg
  • Vitamin B2 : 0,3 mg
  • Kalsium : 13 mg
  • Vitamin B3 : 0,5 mg
  • Serat : 3,2 gram
  • Vitamin C : 1 mg
  • Abu : 0,4 gram
  • Fosfor : 14 mg

10 Manfaat Makan Buah Naga Merah Setiap Hari

Jus buah naga dengan stroberi dan kacang almond

Seperti yang sudah disebtukan diatas, jus buah naga mengandung banyak nutrisi alami yang berguna bagi tubuh, maka dari itu kita dapat simpulkan beberapa manfaat dan khasiat jus buah naga berdasarkan kandungan nutrisinya.

Adapun manfaat tersebut setidaknya ada 10 manfaat jus buah naga bagi kesehatan dan kecantikan, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Mendehidrasi Tubuh

jus buah naga segar

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan yang mengakibatkan ketidakseimbangan pada tubuh.

Hal tersebut dapat menyebabkan rasa lemas, pusing, mual hingga mengalami drop atau pingsan.

Untuk mengatasi hal tersebut, tubuh memerlukan cairan dan elektrolit untuk mengembalikan cairan pada tubuh agar normal kembali.

Buah naga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dimana cairan tersebut dapat membantu dan mencegah terjadinya dehidrasi akibat kekurangan cairan.

Oleh karena itu, jus buah naga sangat cocok dikonsumsi sehabis olahraga berat atau aktivitas berat lainnya.

2. Manfaat Jus Buah Naga Untuk Kecantikan

wanita cantik memegang buah naga

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cantik, rambut yang sehat dan bebas dari jerawat ?

Hal tersebut merupakan beberapa faktor penentu kecantikan dari kebanyakan orang.

Untuk mendapatkan hal tersebut, orang sudi membayar lebih untuk mendapatkan treatment atau layanan kecantikan dari berbagai klinik ataupun dokter ternama.

Kabar baiknya, dengan memanfaatkan buah naga, kalian dapat mendapatkan hal tersebut tanpa harus mengeluarkan kocek dalam untuk menjadi cantik dan sehat.

Cukup mengkonsumsi jus buah naga setiap hari, karena jus buah naga tersebut memiliki kandungan nutrisi alami yang dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan tubuh.

Buah naga mengandung vitamin C, antioksidan dan berbagai senyawa bioaktif didalamnya.

Kandungan tersebut dapat menangkal berbagai faktor yang dapat merusak kulit dan merangsang pertumbuhan jaringan sel kulit yang baru.

Sehingga kulit akan tetap terlihat lebih sehat dan kencang. Selain itu antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas, sehingga terhindar dari kerusakan sel yang mengakibatkan kerutan dan garis hitam atau penuaan kulit.

Selain itu, untuk mendapatkan kulit bebas jerawat dan rambut kuat, kalian cukup mengoleskan gel buah naga pada rambut atau area kulit yang terdapat jerawat.

3. Manfaat Jus Buah Naga Untuk Kesehatan Jantung

Jus buah naga di atas daun pandan

Jantung merupakan salah satu organ utama pada tubuh manusia, kinerja jantung sangat dipengaruhi oleh sistem peredaran tubuh kita.

Oleh karena itu, jika sistem peredaran darah tubuh kita sehat, maka kinerja jantung akan semakin baik dan tidak bekerja melebihi batas normal.

Jus buah naga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga aliran darah menjadi lancar dan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit jantung, seperti hipertensi.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan likopen, betalain, omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Baik Untuk Mengatasi Diabetes

Potongan dan Jus Buah Naga

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang merenggut nyawa manusia didunia.

Oleh karena itu kita harus menjaga tubuh kita dan mencegah penyakit ini sebelum menyerang tubuh.

Ada banyak cara untuk mencegah terkena penyakit diabetes, seperti menkonsumsi makanan rendah gula dan tidak menkonsumsi makanan tinggi gula secara berlebihan.

Sebagai contoh ialah jus buah naga, karena buah naga mengandung serat yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, kandungan nutrisi kompleks buah naga dapat membantu regenerasi sel pada pankreas yang rusak dan berujung pada rendahnya insulin sebagai salah satu faktor penyebab diabetes.

Rasa manis buah naga bukan berasal dari glukosa, sehingga baik untuk penderita diabetes.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus buah naga sehari-hari dapat menurunkan resiko diabetes dan membantu mengatasi penyakit tersebut.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah dan sayur dengan papan bertuliskan immune system

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah naga mengandung banyak vitamin C dan antioksidan didalamnya.

Kedua senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin C tersebut dapat merangsang pembentukan antibodi pada tubuh, sehingga sistem imun kita akan menjadi semakin kuat.

Selain itu, antioksidan dapat mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Lengan manusia dengan otot dan tulang

Tulang yang kuat dan sehat, tentu saja memerlukan berbagai mineral dan nutrisi yang baik untuk menjaganya.

Nutrisi tersebut dapat kita temukan dari jus buah naga, seperti magnesium, kalsium, fosfor , kalium dan nutrisi lainnya.

Kandungan tersebut dapat membantu tulang untuk mempertahankan kepadatan tulang, sehingga tulan menjadi kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

7. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan sehat akibat buah-buahan

Serat dan air merupakan senyawa alami yang dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan manusia.

Senyawa tersebut dapat meningkatkan penyerapan air dan nutrisi lainnya pada usus besar sehingga penyerapan nutrisi menjadi maksimal dan optimal.

Hasilnya feses akan menjadi lembut dan lebih berisi, sehingga aktivitas buang air besar akan lancar dan terhindar dari sembelit.

Selain itu buah naga juga mengandung oligosakarida yang merupakan prebiotik atau bakteri baik bagi usus.

8. Mengurangi Resiko Kanker

pita pink logo kanker dunia

Antioksidan pada buah naga dapat membantu tubuh kita untuk memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh kita.

Kerusakan sel tersebut dapat menjadi faktor terjadinya penyakit berbahaya seperti kanker.

Selain itu likopen dan hydroxycinnamates merupakan senyawa yang bersifat antioksidan dan antikanker, sehingga dapat menurunkan berbagai resiko kanker seperti kanker prostat, payudara dan paru.

9. Manfaat Buah Naga Untuk Wanita Hamil

Manfaat jus buah naga untuk ibu hamil

Ibu hamil memerlukan nutrisi lebih, karena ibu hamil tidak hanya memerlukan nutrisi untuk dirinya, tetapi dengan janin yang berada didalamnya.

Buah naga memiliki nutrisi yang baik dan sangat diperlukan untuk ibuh hamil, seperti kalsium, fosfor, potasium, energi dan berbagai nutrisi dan mineral lainnya.

Oleh karena itu, mengkonsumi jus buah naga setiap hari dapat memenuhi nutrisi harian ibu hamil agar tetap sehat.

10. Manfaat Jus Buah Naga Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah naga dan Jus Buah naga

Memiliki berat badan dan berlebih dan nafsu makan yang tinggi merupakan faktor yang mengakibatkan gagalnya program diet bagi beberapa orang.

Selain buruk bagi kesehatan hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit lainnya.

Tapi jangan risau, jus buah naga mungkin menjadi salah satu solusi bagi permasalahan di atas.

Karena, jus buah memiliki kandungan air dan tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga pola makan agar tetap teratur.

Serat, merupakan senyawa yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk di proses pada tubuh, sehingga memberikan sensasi rasa kenyang yang lama juga.

Oleh, karena itu rasa lapar yang berkurang tersebut dapat membantu kita untuk tetap kenyang dan mengatur pola makan agar teratur.

Selain itu, sebuah penelitian menyatakan program diet yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi air dan serat dapat meningkatkan penurunan berat badan yang signifikan.

Keburukan Buah Naga

Wanita meremas buah naga

Jus buah naga dapat menjadi buruk apabila dikonsumsi berlebihan, karena beberapa kandungan buah naga yang berlebihan dapat memicu beberapa resiko dan penyakit, seperti :

  1. Hipotensi, dimana hipotensi adalah kondisi tekanan darah dibawah normal atau tekanan darah normal akibat kandungan kalium yang dikonsumsi secara berlebihan dari buah naga.
  2. Hipoglikemia, karena buah naga dapat mengontrol gula darah dengan menurunkan penyerapan gula, sehingga kadar gula dara akan menjadi rendah jika dikonsumsi secara berlebih.

Ada beberapa resiko lain seperti gangguan pencernaan dan perut kembung yang tentu saja dapat merugikan tubuh, akibat dari menkonsumsi jus buah naga secara berlebihan.

Resep Jus Buah Naga Mix

Manfaat Jus Buah Naga dan Pisang

Buah naga sangat cocok dijadikan jus, apalgi ditambah dengan buah lain seperti pisang.

Selain rasanya yang enak, buah pisang memiliki banyak manfaat yang baik jika disandingkan dengan buah naga.

Manfaat jus buah naga dan pisang sangat baik bagi tubuh, karena pisang memiliki pektin dan pati yang dapat mengontrol gula darah dan kandungan serat yang tinggi untuk pencernaan.

Untuk membuat jus buah naga mix dengan pisang cukup mudah dan sederhana karena tidak memerlukan gula tambahan untuk rasa manisnya dan tentu saja lebih sehat.

Adapun alat dan bahan yang diperlukan ialah sebagai berikut :

  • 1 buah naga
  • 2 Buah pisang berukuran kecil atau 1 buah pisang berukuran sedang
  • 1 gelas air
  • Madu (bila perlu)
  • Es batu (bila perlu)
  • Blender dan pisau

Cara membuatnya pun mudah, cukup ikut langkah-langkah berikut ini :

  1. Kupas dan potong buah naga dan pisang menjadi beberapa bagian.
  2. Masukan semua bahan seperti potongan buah naga, pisang, madu (jika perlu) dan 1 gelas air.
  3. Jika sudah halus, tuangkan ke dalam gelas.
  4. Sajikan dengan es batu jika perlu.

Jus buah naga mix dengan buah pisang ini merupakan jus yang baik dikonsumsi ketika pagi hari sebagai sarapan karena mengandung cukup tinggi energi.

Kesimpulan

Manfaat jus buah naga memang memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi tubuh, tetapi jangan menkonsumsinya secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan berbagai resiko dan penyakit yang merugikan.

Oleh karena itu, konsumsi jus buah naga secara bijak dan secukupnya saja untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan kalian pembaca tentunya.

Sekian dan Terima Kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati