Manfaat Jus Belimbing

Manfaat Jus Belimbing

sempati.co.id – Belimbing merukapan buah yang memiliki bentuk unik, dimana terdapat lima buah sisi yang menonjol. Oleh karena itu dalam bahasa inggris disebut starfruit. Tetapi apakah kalian tau manfaat jus belimbing satu ini ?

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas manfaat jus belimbing, dimulai dari kandungan nutrisi apa saja sih yang terdapat di dalamnya, hingga manfaat apa saja bagi tubuh kita.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk kita bahas secara lebih lengkap pada tulisan di bawah ini, yang sudah kami rangkum dengan baik.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing

buah belimbing

Buah belimbing atau averrhoa carambola merupakan buah yang cukup unuk dimulai dari bentuk hingga rasa dan manfaatnya.

Ada banyak orang yang tidak tahu bahwa buah belimbing ini merupakan buah asli yang berasal dari Indonesia dan tersebar ke seluruh dunia.

Karena buah belimbing memiliki kadar air yang cukup tinggi, buah ini dapat diolah menjadi wine dan acar teh

Selain rasanya yang enak dan segar, buah ini memiliki warna hijau ketika tumbuh dan cenderung memiliki warna kuning atau oranye ketika matang, ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Adapun kandungan nutrisi buah belimbing ialah sebagai berikut :

  • Air : 90 g
  • Energi : 36 Kal
  • Vitamin B1 : 0,03 mg
  • Protein : 0,4 g
  • Lemak : 0,4 g
  • Karbohidrat : 8,8 g
  • Serat : 3,2 g
  • Abu : 0,4 g
  • Vitamin C : 35 mg
  • Kalsium : 4 mg
  • Fosfor : 12 mg
  • Beta-karoten : 29 mcg
  • Karoten total : 170 mcg
  • Zat besi : 1,1 mg
  • Natrium : 4 mg
  • Kalium : 130 mg
  • Zinc : 0,1 mg

Ada beberapa nutrisi lain yang tida disebutkan diatas seperti vitamin B5, B9, magnesium dan nutrisi lainnya yang memiliki tingkat yang cukup rendah, sehingga tidak perlu dicantumkan.

Buah belimbing mengandung asam oxalat yang harus dihindari oleh orang yang memiliki penyakit pada ginjal.

Setiap kandungan nutrisi tersebut tentu saja baik bagi kesehatan bahkan kecantikan. Tetapi, setiap sesuatu yang berlebihan tentu saja tidaklah baik, oleh karena itu jangan mengkonsumsi buah belimbing secara berlebihan, secukupnya saja.

Manfaat Minum Jus Belimbing Tiap Hari

jus belimbing segar

Tentu saja ada banyak manfaat minum jus belimbing tiap hari, dimulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan resiko kanker, sampai menurunkan berat badan.

Setiap manfaat tersebut dapat kita dapatkan hanya dengan meminum jus belimbing secara rutin agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Apa saja manfaat jus belimbing secara lengkap ? untuk selengkapnya ialah sebagai berikut :

1. Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Pencernaan

sistem pencernaan baik dan sehat

Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi, dimana serat tersebut merupakan serat tak larut.

Serat tersebut dapat membantu memperlancar pencernaan karena dapat meningkatkan penyerapan air pada usus besar sekaligus meningkatkan masa feses dan memperlembutnya.

Selain itu serat tersebut dapat membantu kalian untuk mendapatkan buang air besar secara teratur dan menghindarkan kita dari penyakit sembelit yang cukup menganggu.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus belimbing setiap hari dapat menjadi solusi untuk terhindar dari sembelit dan meningkatkan kesehatan penceranan kalian.

2. Manfaat Jus Belimbing Untuk Hipertensi

tekanan darah tinggi atau hipertensi

Buah belimbing memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi penderita hipertensi, kita sebut saja kalium. Kalium merupakan mineral yang baik bagi tubuh, khusunya bagi penderita tekanan darah tinggi.

Kalium berfungsi untuk memberikan efek rileks dan melemaskan pembuluh darah menjadi melebar, sehingga aliran darah pada tubuh akan semakin lancar dan tekanan darah akan menurun.

Selain kalium, tedapat juga pektin yang merupakan jenis serat yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

Ada juga kalsium dan magnesium yang dapat mengurangi resiko penyempatan pembuluh darah dan meningkatkan efektifitas obat bagi penderita hipertensi.

3. Manfaat Jus Belimbing Untuk Kolesterol

nyeri leher salah satu gejala kolesterol

Belimbing merupakan buah yang memiliki kadar lemak rendah dan tanpa kolesterol. Hal tersebut merupakan informasi yang cukup baik bagi penderita kolesterol tentunya.

Kandungan pektin pada buah belimbing ternyata memiliki fungsi yang baik untuk penderita kolesterol, dimana pektin tersebut dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (LDL).

Seperti yang sudah disebutkan, pektin juga dapat mengontrol tekanan darah agar tetap normal, sehingga kerja jantung tidak akan berat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dan sistem jaringan aliran darah.

4. Manfaat Belimbing Untuk Wajah dan Kulit

manfaat buah belimbing untuk wajah dan kulit

Selain kesahatan, tentunya jus belimbing memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan, dimana terdapat berbagai senyawa aktif antioksidan.

Antioksidan tersebut dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel kulit, yang tentunya berakibat pada kerusakan kulit yang menimbulkan gari halus (penuaan dini).

Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dapat membantu mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit agar tetap terlihat cerah dan tidak kusam.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut secara optimal, selain mengkonsumsinya sebagai jus, belimbing dapat dijadikan masker pada dearah kulit yang diinginkan.

5. Manfaat Jus Belimbing Menurunkan Berat Badan

Gambar animasi jus belimbing

Kita tahu bahwa hampir semua buah memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh, termasuk pada buah belimbing.

Kandungan serat yang cukup tinggi dapat menjaga pola makan anda yang sedang menjalan program diet atau menurunkan berat bada, karena serat membutuhkan waktu yang cukup lama di proses oleh tubuh.

Sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan membantu kalian yang sedang menurunkan berat badan dapat mengatur pola makan lebih baik.

Selain itu, belimbing memiliki kadar lemak yang rendah dan tinggi kandungan air yang tentu saja baik bagi tubuh untuk mempertahankan elektrolit agar terhindar dari dehidrasi.

6. Jus Belimbing Baik Untuk Penderita Diabetes

pria bule memegang buah belimbing

Walaupun memiliki kandungan glukosa (gula) yang cukup tinggi, jus belimbing tetap baik bagi penderita diabetes.

Karena jus belimbing memiliki kandungan serat tak larut yang dapat membantu mengontrol pola makan, karena dapat mengurangi nafsu makan akibat serat yang lama diproses oleh tubuh.

Sehingga kadar gula darah dapat terjaga, karena serat tersebut juga dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa pada tubuh.

Selain itu juga, sebuah penilitian yang dilakukan bahwa diet yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dengan serat tak larut dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes sampai tipe dua.

7. Meningkatkan dan Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

gambar sistem kekebalan tubuh

Buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana fungsi vitamin C ini ialah sebagai salah satu senyawa yang dapat meningkatkan proses pertumbuhan imun pada tubuh.

Hal tersebut tentu saja sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh, karena dapat mengurangi resiko terserangnya penyakit akibat dari berbagai serangan virus dan bakteri.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus belimbing secara rutin akan meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

8. Mencegah Berbagai Penyakit Jantung

jus belimbing, manfaat dan nutrisinya

Jus belimbing memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan jantung, seperti kalium dan zat besi.

Kedua mineral tersebut dipercaya dapat mengurangi resiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang merupakan faktor terbesar terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular (penyakit yang berbuhungan dengan jantung).

Kalium dan zat besi memiliki manfaat yang baik, seperti mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, sehingga tidak terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri dan aliran darah menjadi lancar.

Hal tersebut akan menurunkan beban kerja bagi jantung dan menjaga kesehatannya.

Oleh karena itu resiko terserang penyakit seperti stroke, hipertensi dan penyakit jantung lainnya akan berkurang.

9. Mencegah dan Menurunkan Resiko Kanker

jus dan buah belimbing segar

Antioksidan merupakan senyawa penting yang dapat menangkal paparan radikal bebas pada tubuh, entah itu dari faktor luar ataupun faktor dari dalam.

Radikal bebas tersebut dapat merusak dan membunuh jaringan sistem sel sehat yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker, dimana tentu saja berbahaya dan mematikan.

Selain itu tedapat penelitian tentang kulit belimbing, yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan pada kulit belimbing lebih tinggi daripada daging buahnya.

Serat yang terdapat pada kulit belimbing tersebut dapat mengurangi dan membersihkan usus besar dari berbagai racun yang tentu saja dapat memicu kanker pada usus besar.

10. Mengurangi Resiko Maag

pria dengan gejala maag

Buah belimbing, menurut sebuah penilitian dapat mengurangi resiko terkena penyakit maag yang diakibatkan oleh luka yang berasal dari lambung.

Berbagai antioksidan, seperti flavonoid dipercaya dapat mencegah terjadinya luka pada lapisan dalam lambung karena senyawa tersebut dapat memperkuat lapisan tersebut.

Oleh karena itu, mengkonsumi jus belimbing setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit maag bagi tubuh.

11. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat jus belimbing baik untuk pemulihan

Kolagen merupakan jenis protein pada tubuh yang merupakan pondasi utama dari kulit, tulang, rambut dan bagian tubuh lainnya.

Oleh karena itu kolagen diperlukan untuk membangun kembali jaringan yang rusak pada otot, kulit dan persendian.

Kolagen terbentuk dari vitamin C yang diserap oleh tubuh, oleh karena itu mengkonsumsi vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh, sehingga proses penyembuhan luka akan semakin cepat.

Buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, oleh karena itu mengkonsumsi jus belimbing dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

12. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat jus belimbing untuk kesehatan tulang

Kesehatan tulang bergantung pada beberapa kandungan mineral yang kita konsumsi seperti, kalium, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, zinc dan nutrisi lain.

Setiap mineral dan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat terhindar dari penyakit seperti penyakit keropos tulang (osteoporosis).

Selain itu vitamin C juga dapat meningkatkan proses pembentukan kolagen yang baik untuk persendian dan tulang.

13. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Rambut

perempuan memakan buah belimbing
Mädchen isst eine Scheibe Sternfrucht

Seperti yang kita ketahui, kolagen merupakan protein penyusun utama dari kulit, tulang dan rambut.

Rusaknya jaringan kolagen pada kulit rambut dapat mengakibatkan rusaknya rambut, seperti kering dan rontok.

Mengkonsumsi jus belimbing yang kaya akan vitamin C dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut karena, vitamin C merupakan nutrisi yang baik untuk memproduksi kolagen.

Bahaya Buah Belimbing

potongan buah belimbing

Walaupun memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, ternyata buah belimbing mempunyai efek negatif bagi tubuh, khsusnya bagi penderita penyakit ginjal.

Kandungan asam oxalat pada buah belimbing, termasuk kedalam buah yang memiliki kandungan oxalat tinggi sebanyak 50.000 sampai 95.000 ppm dalam 100 gram.

Senyawa tersebut dapat memicu terjadinya oksaluria, yang merupakan sebuah kondisi pada tubuh membentuk batu-batu ginjal, sehingga sangat buruk dikonsumsi untuk orang yang memiliki penyakit pada ginjal.

Selain itu juga, asam oxalat dianggap dapat mengganggu penyerapan berbagai nutrisi pada tubuh. Hal tersebut dapat berakibat fatal seperti gagal ginjal, bahkan kematian.

Resep Jus Belimbing

cara membuat jus belimbing

Belimbing merupakan buah yang memiliki rasa manis, asam dan segar ketika dikonsumsi dan memiliki kadar air yang tinggi.

Oleh karena itu buah satu ini sangat cocok dijadikan berbagai olahan minuman yang enak dan segar, salah satunya ialah jus.

Belimbing dapat di olah menjadi berbagai makanan, seperti wine buah dan acar teh.

Untuk membuat jus belimbing, ada banyak variasi yang dapat digunakan seperti menambahkan buah lain seperti nanas, pepaya, jambu air dan buah lainnya.

Namun untuk kali ini terdapat resep jus belimbing sederhana yang dapat kalian modifikasi nantinya.

Alat dan bahan untuk resep jus belimbing ialah sebagai berikut :

  1. 1 buah belimbing sedang/besar
  2. 100 ml air
  3. Gula dan es batu (jika diperlukan dengan takaran sesuai selera)

Untuk membuatnya cukup mudah, kita hanya membutuhkan sebuah blender, saringan dan pisau untuk memotong buah.

Adapun cara dan langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Bersihkan dan potong belimbing menjadi beberap bagian.
  2. Buah biji belimbing.
  3. Masukan potongan belimbing dan gula (jika perlu).
  4. Saring hasil blender kedalam gelas.
  5. Sajikan dengan es batu (jika perlu).

Resep jus belimbing tersebut sangat mudah dan sederhana yang nantinya bisa kalian tambahkan dengan bahan lain agar lebih nikmat ketika dikonsumsi.

Kesimpulan

Ada berbagai manfaat jus belimbing yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Tetapi manfaat jus belimbing tersebut memiliki beberapa resiko dan bahaya bagi beberapa orang yang memiliki kondisi khusus.

Oleh karena itu informasi dari tulisan ini diharapkan bermanfaat sebagai tambahan informasi yang dapat berguna bagi kalian dan masyarakat luas.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati