Manfaat Jus Apel

Buah dan Jus Apel

sempati.co.id – Siapa yang tidak mengenal apel ? Buah satu ini memang memiliki rasa yang lezat baik diolah maupun di makan secara langsung, tetapi bagaimana dengan manfaat jus apel ?

Nah, jus apel ini memiliki manfaat yang luar biasa loh bagi tubuh, dimulai dari kesehatan pencernaan bahkan mempercantik kulit agar tetap sehat dan segar !

Walaupun memiliki beberapa manfaat jus apel memiliki potensi yang dapat membahayakan bagi tubuh juga loh.

Penasaran kan apa saja manfaat dan bahaya yang diberikan buah satu ini ? Yuk ! kita simak selengkapnya pada tulisan dibawah yang sudah di rangkum dengan baik.

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Sebelum menjelaskan mengenai apa saja manfaat dan bahaya jus apel, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja nutrisi buah apel itu sendiri.

Karena setelah kita mengetahui nutiris apa saja yang terdapat pada buah apel, kita dapat menyimpulkan beberapa manfaat bahkan bahaya yang ada pada buah apel.

Buah apel atau malus domestica pada bahasa latin, merupakan buah yang tumbuh pertama kali di dataran asia tengah dan tersebar ke seluruh dunia, bahkan dapat beradaptasi dengan bermacam suhu.

Apel merupakan buah yang dominan memiliki warna merah ketika matang ini memang memiliki banyak nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh.

Apa saja sih kandungan nutrisi buah apel ?

Vitamin C terdapat banyak pada jus apel memang tidaklah asing, tetapi ada beragai macam vitamin dan mineral lain didalamnya, berikut fakta gizi buah apel per 100 gram :

  • Kalori : 58
  • Air : 84,1 gr
  • Gula : 24 gr
  • Protein : 0,3 gr
  • Vitamin B2 : 0,03 mg
  • Serat : 2,6 gr
  • Vitamin B1 : 0,04 mg
  • Kalsium : 6 mg
  • Fosfor : 10 mg
  • Natrium : 2 mg
  • Vitamin A : 90 mcg
  • Kalium : 130,0 mg
  • Tembaga : 124,20 mg
  • Zinc : 0,3 mg
  • Karbohidrat : 14,9 gr
  • Vitamin C : 5 mg

Manfaat Jus Apel Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat jus apel untuk kecantikan dan kesehatan, dimulai dari menjaga kesahatan wajah dan kulit, menjaga kesehatan jantung, bahkan hingga menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Untuk mengetahui apa saja manfaat jus apel selengkapnya, yuk! kita bahas satu per satu di bawah ini :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

anak kecil sakit perut

Sedang mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit ?

Mungkin mengkonsumsi jus apel merupakan salah satu solusi bagi kalian yang mengalami hal tersebut.

Pasalnya buah apel memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi, dimana serat tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Serat memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, khususnya usus, dimana serat dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan fungsi usus untuk menyerap nutrisi dan air secara lebih optimal.

Dengan begitu, feses yang dihasilkan akan menjadi besar dan lembut, sehingga proses buang air besar dapat menjadi lancar dan teratur.

Selain itu serat dapat apat membantu memelihara mikroba baik dalam usus yang dapat merangsang aktivitas sel imun untuk melawan bakteri dan virus jahat pada tubuh.

2. Manfaat Jus Apel Untuk Diet

manfaat buah dan jus apel untuk diet

Jika anda mempunyai masalah berat badan berlebih atau hanya ingin sekedar menjaga pola hidup sehat, mungkin jus apel dapat membantu anda dengan masalah tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, apel memiliki kandungan serat yang tinggi, dimana serat tersebut juga memiliki khasiat yang baik untuk menurunkan berat badan.

Serat mempunyai sifat yang dapat mengembangkan dan menggumpalkan makanan pada lambung yang dapat memberikan sensai kenyang lebih lama.

Hal tersebut dapat membantu anda untuk mengontrol nafsu makan dan menjaga pola makan agar lebih baik dan teratur.

Jadi kalian yang sedang melakukan program diet, dengan menkonsum jus apel tidak perlu takut untuk merasakan lapar yang berlebih dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Manfaat Apel Untuk Wajah dan Kulit

wanita cantik memakan apel

Buah apel memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, dimana vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Radikal bebas merupakan salah satu faktor dari rusaknya kulit, karena radikal tersebut dapat merusak sel jaringan kulit yang berakibat dari berbagai masalah kulit.

Seperti garis halus pada wajah dan kulit atau yang seringkali disebut dengan penuaan dini.

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu bagi kebanyakan orang yang sangat menghargai kecantikan wajah yang dapat menurunkan kepercayaan diri.

Antioksidan pada jus apel dapat mengatasi dan menurunkan resiko tersebut, dimana antioksidan merupakan senyawa yang dapat menangkal radikal bebas tersebut.

Selain itu kandungan vitamin C nya dapat meningkatkan kesehatan kulit agar terlihat lebih cantik dan cerah bercahaya.

Bagaimana ? menarik bukan ? Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, konsumsi jus apel secara rutin setiap hari agar kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

pria mengalami serangan jantung

Kolesterol dan tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya berbagai penyakit jantung.

Dikarenakan tekanan darah tinggi membuat kerja jantung lebih tinggi daripada biasanya yang mengakibatkan munculnya penyakit lain, seperti stroke dan serangan jantung.

Ditambah lagi dengan adanya kolesterol yang dimana kondisi aliran darah menjadi tersumbat yang dapat mengakibatkan kondisi fatal bahkan kematian.

Tapi tenang, jus apel mungkin dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan jantung, karena jus apel mengandung senyawa yang dapat mengurangi resiko bahkan menghindarkan anda dari berbagai penyakit tersebut.

Jus apel mengandung senyawa polifenol yang merupakan antioksidan dan flavonoid, senyawa tersebut terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko terkena stroke.

Senyawa polifenol terdapat pada kulit apel, jadi ketika membuat jus atau mengkonsumsi secara langsung alangkah lebih baik sertakan juga kulitnya.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus apel akan menurunkan resiko berbagai penyakit jantung dan kesehatan jantung akan terjaga kesehatannya.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Gula darah tinggi, gejala penyakit diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jus apel mengandung senyawa polifenol yang baik untuk kesehatan jantung, tetapi senyawa tersebut juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes juga loh !

Sebuah penelitian menyatakan bahwa senyawa polifenol tersebut dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Karena senyawa dtersebut dapat mencegah kerusakan jaringan sel beta pada organ pankreas.

Sel beta tersebut merupakan sel yang berfungsi untuk memproduksi insulin, dimana seringkali mengalami kerusakan yang merupakan salah satu faktor terjadinya penyakit diabetes.

Selain itu, apel juga baik untuk menjaga pola makan, karena kandungan serat yang dapat memberikan sensasi rasa kenyang lebih lawa.

Oleh karena itu, jus apel dapat menjadi salah satu alternatif untuk penderita diabetes untuk mengatur pola makan, tetapi alangkah baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan arahan dan hasil yang optimal.

6. Menurunkan Resiko Kanker

jus apel segar

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi manusia, karena sampai saat ini tidak ada obat yang pasti dapat mengatasi penyakit tersebut.

Jadi alangkah baiknya kita untuk mencegah hal tersebut sebelum menyesal di kemudian hari.

Berita baiknya buah apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antosiasin dan flavonol yang merupakan antiradang dan antikanker.

Ada berbagai studi atau penelitian yang terkait dengan kandungan tersebut pada buah apel yang menunjukan hasil yang cukup meyakinkan.

Dimana kandungan tersebut dapat menurunkan terkena resiko berbagai penyakit kanker, seperti kanker paru, usus, pankreas, kolorekteral dan kanker payudara.

Tetapi, hal tersebut masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk memberikan kepastian yang lebih akurat.

7. Manfaat Jus Apel Untuk Penyakit Asma

Perempuan mengalami penyakit asma

Sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh pada tubuh kita, karena sistem kekebalan tubuh merupakan benteng utama tubuh untuk melawan berbagai faktor yang dapat merusak, salah satunya radikal bebas.

Radikal bebas tersebut dapat merusak sel hampir pada semua bagian organ tubuh kita, seperti paru-paru.

Antioksan pada jus apel sangat berperan penting dalam masalah ini, karena antioksidan dapat melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit asma.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat jus apel untuk menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang kita bergantung dari berbagai nutrisi yang dikonsumsi seperti zat besi dan kalium.

Kekurangan mineral tersebut dapat menurunkan fungsi tulang, bahkan dapat memicu terjadinya keropos tulang atau osteoporosis.

Jus apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tulang yang dapat menjaga kesehatan dan kepadatannya.

Sehingga tulang menjadi kuat, sehat dan menjaga kepadatan mineral yang terkandung didalamnya.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

jus apel hijau

Dengan bertambahnya usia, fungsi otak berangsur-angsur akan menurun dan melemah, yang mengakibatkan peningkatan terkena berbagai penyakit pada otak.

Sekali lagi, senyawa polifenol merupakan senyawa yang sangat baik bagi tubuh, khususnya kesehatan otak.

Senyawa polifenol dapat memerlihara fungsi otak yang dapat meningkatkan fungsi saraf yang dapat menurunkan resiko terkenya penyakit alzheimer dan parkinson.

Selain itu senyawa tersebut dapat menangkal radikla bebas yang dapat menurunkan fungsi kognitif pada otak.

10. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mata

mata sehat dan indah

Seperti yang sudah banyak orang tahu, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

Jus apel memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan quercetin yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit mata.

Beberapa Resiko Jus Apel

manfaat dan resiko jus apel

Terkadang orang tidak mau ribet untuk mengkonsumsi sebuah makanan yang berujung pada konsumsi makana dan minuman kemasan.

Salah satunya jus apel kemasan yang dikonsumsi banyak orang, dimana jus apel kemasan tersebut seringkali memiliki kandungan gula yang tinggi.

Kandungan gula yang tinggi tersebut dapat memicu berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh, seperti diabetes dan bertambahnya berat badan, bahkan obesitas.

Jadi, alangkah lebih baik untuk mengkonsumi jus apel secara alami yang dibuat sendiri untuk mendapatkan khasiat dan manfaat yang optimal.

Konsumsi juga jus apel secukupnya, jangan mengkonsumi jus apel berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Jangan sampai ingin menjadi sehat malah menjadi bumerang bagi kalian yang sedang menjalankan diet atau program kesehatan lainnya.

Cara Membuat Jus Apel

Cara membuat Jus Apel

Membuat jus apel sangat mudah dan sederhana, cukup menyediakan pisau dan blender untuk alat membuatnya.

Adapun bahan-bahan yang harus disediakan ialah sebagai berikut :

  • 1 buah apel segar
  • 2 sendok gula pasir (jika perlu)
  • es batu / air (secukupnya dan jika perlu)

Untuk membuatnya pun mudah, cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Cuci apel hingga bersih
  • Potong apel menjadi beberapa bagian
  • Buang biji apel
  • Pada tahap ini kalian bebas untuk membuang kulitnya, tetapi kulit apel mempunyai khasiat yang sangat baik untuk tubuh.
  • Masukan potongan apel, beserta air/es batu dan gula
  • Sajikan pada gelas

Berikut tadi merupakan resep jus apel sederhana yang dapat kalian modifikasi dengan menambahkan buah lain atau bahan-bahan lain seperti jus lemon dan wortel.

Kesimpulan

Manfaat jus apel memang beragam dan baik untuk kesehatan dan kecantikan, tetapi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena terdapat beberapa resiko jika dionsumsi secara berlebih.

Ada beberapa pertanyaan umum mengenai manfaat buah apel biasa dengan manfaat buah apel fuji atau manfaat jus apel hijau apakah berbeda ?

Secara garis besar manfaat jus apel hijau dan manfaat buah apel fuji dengan buah apel pada umumnya memiliki khasiat dan manfaat yang sama, tetapi mungkin terdapat perbedaan yang tidak terlalu signifikan.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian dan bagi masyarakat luas.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati