Categories
Minuman

Manfaat Jus Alpukat

sempati.co.id – Alpukat memang nikmat ketika diolah menjadi jus, tetapi apa kalian tahu apa saja manfaat jus alpukat ?

Buah yang memiliki tekstur lembut dan cukup berat ketika dimakan, memang memiliki penggemar setia yang tak kalah banyak dengan buah lain seperti mangga dan strawberry.

Selain penggemarnya yang banyak, ternyata jus alpukat memiliki manfaat yang tak kalah banyak, dimulai dari menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi resiko kanker.

Penasaran apa saja manfaat lain pada jus alpukat ? pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan apa saja manfaat jus alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang akan dibahas pada tulisan dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Jus Alpukat

potongan buah alpukat beserta jus alpukat segar

Kebanyakan orang beranggapan bahwa alpukat dapat menaikan berat badan, tetapi terdapat beberapa orang yang beranggapan bahwa alpukat dapat mengontrol berat badan dengan baik.

Lemak tak jenuh atau unsaturated fat merupakan jenis lemak yang baik bagi tubuh, bahkan baik untung menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena memang buah alpukat merupakan buah yang mempunyai cukup tinggi kadar lemak.

Walaupun begitu, lemak pada alpukat merupakan lemak tidak jenuh yang mampu memberikan efek membakar kalori lebih cepat.

Berbeda dengan jenis buah lain yang biasanya mengandung kandungan air yang tinggi, alpukat memiliki 15% lemak dari total keseluruhan buah.

Bahkan 77% dari total kalori yang terdapat pada buah alpukat berasal dari lemak. Untuk lebih jelasnya kandungan nutrisi dari 100 gram buah alpukat terkandung :

  • Air : 84,3 g
  • Energi : 85 Kalori
  • Protein : 0,9 g
  • Lemak : 6,5 g
  • Karbohidrat : 7,7 g
  • Abu : 0,6 g
  • Kalsium : 10 miligram (mg)
  • Fosfor : 20 mg
  • Besi : 0,9 mg
  • Natrium : 2 mg
  • Kalium : 278,0 mg
  • Tembaga : 0,20 mg
  • Seng : 0,4 mg
  • Beta-Karoten : 189 mikrogram (mcg)
  • Karoten Total : 180 mcg
  • Vitamin B1 : 0,05 mg
  • Vitamin B 2 : 0,08 mg
  • Niasin : 1,0 mg
  • Vitamin C : 13 mg

Terdapat beberapa nutrisi lain seperti potasium, vitamin K, E, folat, antioksidan dan senyawa lainnya yang memiliki kadar redah, sehingga tidak perlu dituliskan.

10 Manfaat Meminum Jus Alpukat Setiap Hari

2 buah gelas jus alpukat di atas serbet

Berdasarkan kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, kita dapat menyimpulkan beberapa manfaat jus alpukat yang tentunya baik bagi tubuh.

Setidaknya ada 10 manfaat dan khasiat yang diberikan jus alpukat jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya, ialah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Perut wanita dengan sayuran dan buah diantara kedua tangan menunjukan perut dan sistem pencernaan yang sehat

Berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, konstipasi dan lain sebagainya merupakan gejala akibat dari kekurangan nutrisi seperti serat dan air.

Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan asupan nutrisi yang tinggi serat, salah satunya ialah jus alpukat.

Alpukat merupakan buah yang memiliki kadar serat yang cukup tinggi, dimana serat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Serat dapat meningkatkan penyerapan air pada usus, sehingga feses yang dihasilkan akan lebih lembut dan berisi, sehingga terhindar dari penyakit yang sudah disebutkan.

Jus alpukat juga dapat memperbaiki pola aktifitas buang air besar anda, sehingga lebih teratur, jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

2. Manfaat Jus Alpukat Untuk Kecantikan

Wanita cantik memegang buah alpukat

Sudah tidak asing bahwa vitamin C dan vitamin E merupakan nutrisi yang baik bagi kecantikan dan kesehatan kulit.

Kedua vitamin tersebut dapat melindungi kulit dari berbagai faktor negatif seperti kerusakan dari cahaya matahari dan dapat merangsang pertumbuhan kolagen untuk meregenerasi kulit.

Selain itu kandungan antioksidan pada jus alpukat juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jus alpukat secara rutin dapat membuat kulit tetap lembab, sehat dan elastis.

3. Manfaat Jus Alpukat Untuk Diet

potongan buah alpukat di atas nampan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa jus alpukat dapat menurunkan berat badan, sehingga jus satu ini dapat mendukung program diet kalian.

Kandungan karbohidrat dan serat pada jus alpukat dapat memberikan sensai kenyang lebih lama, karena serat diproses cukup lama oleh tubuh.

Selain itu kandungan lemak tak jenuh juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat membakar kalori lebih cepat.

Tetapi memang jus alpukat memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, sehingga tidak dianjurkan mengkonsumsi jus alpukat secara berlebihan.

Selain itu jangan melakukan penambahan gula dan susu kental manis pada jus alpukat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Manfaat Jus Alpukat Untuk Wanita dan Ibu Hamil

wanita hamil memegang buah alpukat di perut dengan kedua tangan

Siapa sangka bahwa jus alpukat ternyata sangat baik dikonsumsi untuk wanita, bahkan ibu hamil.

Kandungan folat pada jus alpukat pada masa kehamilan dapat mengurangi resiko cacat pada janin, karena folat dapat meningkatkan pembetukan sel dan jaringan baru.

Nutrisi yang terdapat pada jus alpukat juga dapat memenuhi sebagian dari nutriri harian yang dibutuhkan untuk ibu hamil.

Selain itu vitamin C dan vitamin E pada jus alpukat juga sangat baik untuk kesahatan kulit dan rambut karena dapat meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap cantik dan rambut yang sehat.

5. Manfaat Jus Alpukat Untuk Asam Lambung

Manfaat jus alpukat untuk asam lambung

Sebuah penelitian beranggapan bahwa jus alpukat dapat mengatasi masalah lambung, seperti tingkat asam pada lambung yang tinggi.

Hal tersebut dikarenakan nutrisi pada jus alpukat dapat mengeluarkan cairan empedu dan lambung untuk menjaga keasaman.

Alpukat juga mengandung alkali yang berarti bahwa buah alpukat merupakan buah dengan tingkat PH yang tinggi, sehingga alpukat tinggi akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi refluks asam.

6. Manfaat Jus Alpukat Untuk Pria

pria memakan buah alpukat dengan sendok

Selain baik untuk kaum wanita, ternyata jus alpukat juga baik untuk kaum pria karena mengandung nutrisi yang baik, seperti kandungan beta sitosterol.

Beta sitosterol yang berasal dari steorl tanaman dalam jus alpukat dapat meringankan pembesaran prostat dan meningkatkan kesehatannya.

Bahkan kandungan beta sitosterol pada alpukat lebih banyak dibandingankan dengan buah atau jus jeruk.

7. Mengurangi Resiko Kanker

3 buah smoothies alpukat dengan pisang dan lemon

Seperti yang sudah kita tahu bahwa antioksidan dapat mengurangi resiko kanker karena kerusakan sel yang terjadi akibat radikal bebas.

Jus alpukat mengandung senyawa fitokimia sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker dan membantu meringankan proses pengobatannya.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan dari International Journal of Food Science yang menyebutkan bahwa senyawa fitokimia tersebut dapat menghambat proses pertumbuhan sel kanker dan mempercepat proses penghancuran sel tersebut.

Jadi selain baik untuk mencegah, jus alpukat ini dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit kanker.

8. Menurunkan dan Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat jus alpukat untuk mengontrol tekanan darah

Jus alpukat mengandung cukup tinggi kalium, dimana kalium tersebut bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, sekaligus menurunkan tekanan darah.

Oleh karena itu jus alpukat cukup baik dikonsumsi sebagai minuman alternatif untuk penderita penyakit darah tinggi (hipertensi).

Selain itu kalium juga bermanfaat untuk mengatur irama jantung agar tetap berjalan normal dan teratur.

9. Memelihara Kesehatan Jantung

buah alpukat baik untuk kesehatan jantung

Berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang terkandung pada jus alpukat merupakan kandungan nutirisi yang baik bagi kesehatan jantung.

Sebuah penelitian juga berpendapat bahwa lemak tak jenuh yang berasal dari alpukat dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol LDL pada orang yang mempunyai kondisi kelebihan berat badan dan obesitas.

Sehingga jika kadar kolesterol kita baik, maka kesehatan jantung juga akan baik dan menurunkan berbagai resiko penyakit jantung yang cukup mematikan.

10. Menjaga Kesahatan Mata

Jus alpukat dan nanas dengan hiasan mentimun

Alpukat mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dimana kedua antioksdan tersebut dipercaya merupakan senyawa yang baik untuk kesehatan mata.

Kandungan karoten dan beta-karoten pada jus alpukat juga merupakan penyusun dari vitamin A yang baik untuk mata.

Oleh karena itu mengkonsumsi jus alpukat secara rutin dapat meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi resiko berbagai gangguan mata seperti katarak dan degenerasi manula.

Resep Jus Alpukat

jus alpukat segar di atas papan kayu dengan potongan buah alpukat

Agar mendapatkan manfaat yang optimal dan tentunya menyehatkan, hindari penggunaan gula dan susu kental manis karena dapat memberikan lonjakan gula yang cukup tinggi.

Oleh karena itu disini penulis akan memberikan resep sederhana jus alpukat tanpa gula, tetapi tetap nikmat ketika diminum.

Adapun bahan yang diperlukan ialah sebagai berikut :

  • 2 buah alpukat
  • 2 buah apel
  • 1 cangkir susu almond tanpa pemanis
  • 2 sendok madu murni
  • es batu (jika diperlukan)

Setelah semua bahan terkumpul, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Kupas alpukat, ambil dagingnya
  2. Potong apel menjadi beberapa bagian
  3. Masukan semua bahan kedalam blender
  4. Blender hingga halus
  5. Sajikan pada gelas dan tambahkan es batu jika perlu

Nah, mudah bukan ? tidak hanya menyehatkan, tetapi resep jus alpukat tersebut sangat nikmat dan menyehatkan ketika diminum, walaupun tidak menggunakan gula dan susu kental manis.

Kesimpulan

Manfaat jus alpukat memang begitu banyak dan baik bagi kesehatan tubuh kita, tetapi hindari mengkonsumsi jus alpukat secara berlebihan karena dapat menyebabkan beberapa efek negatif.

Jus alpukat juga dapat menimbulkan resiko alergi lateks dengan gejala seperti hidung tersumbat, batuk dan edema.

Sehingga konsumsilah jus alpukat dengan bijak dan secukupnya saja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas sebagai referensi berbagai manfaat jus buah sebagai teman perjalanan anda.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.