Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya paling unik dan lezat

sempati.co.id – Makanan khas Surabaya tidak kalah terkenal dengan ciri khas Surabaya yang legendaris berupa patung Ikan Sura dan Buaya yang saling bergelut satu sama lain.

Makanan tersebut memang di dominasi oleh rasa manis dari kecap yang merupakan salah satu ciri khas makanan khas Surabaya, dimana penggunaan kecap dan sambal kacang menjadi primadona disana.

Tetapi ada banyak sekali rasa lain yang dapat anda temukan di Kota Pahlawan satu ini, yaitu rasa pedas yang tidak dapat anda rasakan di tempat-tempat lain yang sangat unik.

Nah, untuk Mengetahui itu semua yuk kita bahas lebih dalam pada tulisan di bawah ini mengenai apa saja makanan khas Surabaya yang dapat anda temui jika berkunjung kesana.

Makanan Unik Khas Surabaya

Jika kalian berkunjung kesana, kalian akan disuguhi banyak sekali tempat-tempat wisata seperti, monumen kapal selam, kebun binatang Surabaya, Jembatan Suramadu dan masih banyak lagi.

Namun, jika berkunjung ke suatu wilayah tentu saja kurang pas jika tidak sekalian mencoba makanan khas tradisional dari daerah tersebut.

Kota Surabaya menawarkan banyak sekali makanan khas yang memiliki karakteristik unik, dimana setiap masakan dan makanan tersebut memiliki ciri khas masing-masing.

Setidaknya ada 11 makanan khas Surabaya yang akan dijelaskan pada tulisan ini, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Sate Klopo

Sate dengan taburan kelapa parut

Pada urutan pertama yang wajib kalian cicipi saat berkunjung ke kota Surabaya ialah sate klopo.

Sate ini memiliki rasa yang sangat gurih, dikarenakan menggunakan parutan kelapa yang ditaburi di atas sate tersebut.

Ada hal unik yang menjadikan sate ini diminati banyak orang, dimana penggunaan bahan sate yang dapat dipilih.

Jika biasanya sate menggunakan bahan daging sapi ataupun kambing, sate klopo bebas menggunakan bahan yang disediakan, seperti :

  1. daging ayam,
  2. daging sapi,
  3. daging, kambing,
  4. udang,
  5. sumsum,
  6. dan lain sebagainnya.

Maka dari itu sate klopo memiliki penggemarnya tersendiri dan sangat diminati oleh banyak orang karena sate yang dimasak dapat dipilih sesuai selera.

Sambal kacang ditambah taburan kelapa sudah pasti akan membuat lidah anda dimanjakan oleh makanan khas Surabaya satu ini.

2. Rawon, Makanan Khas Surabaya Paling Populer

Makanan Khas Surabaya paling populer

Siapa yang tidak kenal dengan rawon, makanan satu ini sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia, karena memang sudah diancungi jempol soal rasanya yang sangat lezat.

Bahkan ada banyak wisatawan asing yang rela berkunjung ke Indonesia hanya untuk mencoba rawon yang otentik yang hanya di temukan di kota asalnya, yaitu Kota Surabaya.

Rawon memiliki rasa yang sangat kompleks, dimana penggunaan rempah yang kuat, seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, ketumbar, cabai, kunyit, asam jawa, biji keluak dan jahe.

Berbagai rempah tersebut membuat masakan khas satu ini menjadi sangat kaya rasa, ditambah dengan kuah kental dan daging yang dipadukan menjadi satu.

Tentu saja semua itu membuat rawon menjadi sangat terkenal dan membuat kalian tidak berhenti untuk memakan makanan khas Surabaya satu ini.

3. Tahu Tek

Sepiring tahu tek khas surabaya

Walaupun terlihat simple atau sederhana, makanan satu ini memiliki rasa yang cukup lezat ketika disantap yang bernama tahu tek atau seringkali disebut tahu telur.

Makanan ini banyak disukai oleh kebanyakan masyarakat kota Surabaya dan daerah Jawa Timur, karena memiliki rasa yang pas bagi kebanyakan masyarakat disana.

Memiliki bahan yang terbilang sederhana, dimana tahu tek berbahan dasar tahu goreng, telur dadar, lontong, kerupuk dan tauge yang disiram menggunakan bumbu kacang diatasnya.

Rasanya gurih, manis dan jika ada yang menyukai rasa pedas, bisa menambahkan sambal atau potongan cabai untuk menambahkan rasa.

4. Sego Sambel, Makanan Khas Surabaya Yang Sangat Pedas

Makanan pedas khas Surabaya

Bagi pencinta pedas yang terbilang ekstrem, makanan khas Surabaya satu ini sangat cocok dicoba untuk kalian.

Makanan satu ini bernama sego sambel. Sego sambel sendiri memiliki arti sego yang berarti nasi dan sambel berarti sambal, jadi makanan ini berarti nasi yang ditambah dengan sambal.

Sego sambal sebenarnya sangat sederhana, dimana nasi ditambah dengan sambal dan lauk pauk yang dapat dipilih sesuai selera, seperti ayam, tahu, tempe, telor dadar, daging, kedelai goreng dan lain sebagainya.

Yang menjadi spesial disini ialah sambal yang digunakan dan komposisi sambal tersebut yang mempunyai rasa pedas manis yang khas dan membuat selera makan anda menjadi tidak tertahankan.

5. Sate Karak

Makanan khas surabaya yang hampir punah

Kota Surabaya memiliki banyak sekali varian sate, seperti sate klopo, sate yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas.

Sate lain yang berada di kota ini yaitu sate karak yang cukup unik dan menarik untuk disantap jika berkunjung kesana.

Jika biasanya sate menggunakan lontong ataupun nasi pada saat penyajiannya, sate karak menggunakan ketan hitam yang ditaburi kelapa parut.

Sate karak terkadang menggunakan serundeng sebagai pengganti kelapa parut yang ditaburi di atas ketan hitam pada saat disajikan.

Bahan dasarnya pun cukup berbeda, dimana penggunaan jeroan dari sapi, khususnya usus yang sudah dibumbui dengan rempah spesial khas tradisional.

Sate ini sudah ada sejak dan cukup populer dari tahun 1960 dan menjadi salah satu masakan khas Surabaya yang wajib anda coba.

6. Rujak Cingur

rujak segar khas surabaya

Jika berbicara mengenai rujak, apalagi di Kota Surabaya pasti yang terngiang di kepala kita ialah rujak cingur.

Rujak satu ini sangat populer di kota tersebut, bahkan di seluruh Indonesia karena rasanya yang sangat segar dan enak.

Saking populer nya rujak cingur dapat anda temukan dengan sangat mudah di Kota Surabaya, khususnya di berbagai jalan dan pasar disana.

Makanan tradisional ini berasal dari kata rujak dan cingur, yang berarti mulut, mulut disini berupa mulut atau moncong sapi yang direbus dan dihidangkan bersama rujak.

Bahan-bahan yang digunakan berupa irisan buah, seperti timun, bengkuang, nanas, mangga muda dan kedondong, lontong, tempe, tahu, cingur dan bendoyo.

Untuk bumbu rujaknya sendiri terbuat dari petis udang, kacang tanah goreng, gula merah dan cabai.

7. Longtong Balap

makanan lontong khas surabaya

Makanan satu ini terbilang cukup sederhana yang terdiri dari tahu goreng, lontong, tauge, bawang goreng, sambal, kecap dan lentho.

Yang menjadikan makanan ini istimewa ialah penggunaan lentho yang merupakan bahan makanan yang menyerupai tempe yang terbuat dari kacang tolo, di rebus dan di haluskan, kemudian di campur dengan singkong parut, kecap, putih telur dan digoreng sampai kering.

Walaupun terbilang sederhana, tetapi rasa dari lontong balap tidak kalah lezat dengan makanan khas tradisional Surabaya lainnya.

8. Tahu Campur

Olahan tahu khas surabaya

Bila tadi ada banyak makanan yang menggunakan saus kacang sebagai kuah ataupun saus utama, makanan satu ini cukup berbeda yang bernama tahu campur.

Makanan ini bukanlah makanan berbahan dasar tahu biasa, tetapi menggunakan daging sapi sebagai penambah cita rasa yang diberikan.

Sop daging sapi ditambah dengan perkedel singkong, tahu goreng, tauge, selada, mie kuning dan kerupuk udang menjadikan masakan ini menjadi kombinasi yang seimbang dari segi rasa gurih, asin dan kesegaran.

Sambal yang digunakan pun cukup unik, yaitu menggunakan sambal petis yang menambah cita rasa asam manis yang menyegarkan ketika disantap.

9. Lontong Kupang

Makanan unik khas surabaya

Bagi yang menyukai makanan laut atau seafood Kota Surabaya juga menyediakan makanan berbahan dasar olahan laut, yaitu lontong kupang.

Berbeda dengan makanan yang menggunakan lontong sebelumnya, lontong kupang terdiri dari sup yang diberi bawang putih, garam, gula, lada putih dan tentu saja kerang kupang sebagai bahan utama masakan ini.

Rasanya sangat segar dan memiliki rasa khas cita rasa makanan laut yang menggoda lidah anda ketika disantap.

10. Oleh-Oleh Khas Surabaya Yang Tahan Lama, Lapis Surabaya

Oleh-oleh surabaya yang tahan lama

Bagi yang mencari oleh-oleh atau buah tangan khas Surabaya yang tidak cepat basi ketika dibawa pulang dalam perjalanan, ada banyak sekali oleh-oleh yang kita bisa beli, salah satunya ialah lapis surabaya.

Oleh-oleh khas Surabaya satu ini memiliki tekstur yang lembut layaknya lapis pada umumnya, tetapi terdapat perbedaan dari lapis biasanya.

Perbedaan tersebut terletak pada komposisi lapis yang lebih sedikit, biasanya lapis menggunakan beberapa lapisan, tetapi lapis khas Surabaya menggunakan 3 lapis saja.

Selain itu penggunaan selai stroberi pada setiap lapisan memberikan rasa asam manis yang nikmat ketika dimakan bersama saudara, keluarga dan kerabat dekat.

11. Soto Legendaris di Surabaya, Soto Gubeng

soto legendaris surabaya

Salah satu makanan legendaris dari Surabaya yaitu soto gubeng. Soto ini berbeda dengan soto pada umumnya, dikarenakan rasa dari kuah soto ini sangat kental dan kaya rasa.

Selain itu soto ini menggunakan dua jenis daging secara bersamaan, yaitu daging sapi dan daging ayam yang gurih, ditambah dengan bawang goreng, daun bawang, jeruk nipis dan sambal.

Makanan satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang, singkatnya soto gubeng mempunyai nama yang berasal dari stasiun terbesar di Surabaya yang bernama sama.

Soto ini sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi hangat dan tentunya membuat anda sangat lahap untuk terus memakan soto legendaris satu ini.

Kesimpulan

Makanan khas Surabaya memang memiliki rasa dominan manis dan gurih yang sangat digemari banyak orang, entah itu wisatawan domestik ataupun internasional.

Tetapi ada juga banyak rasa lain yang dapat anda temukan, seperti halnya sego sambal yang mempunyai rasa pedas yang tidak ada di daerah lain.

Oleh karena itu jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Surabaya jika berkunjung kesana dan jangan lupa juga untuk membagikan postingan ini ke keluarga dan teman terdekat kalian ya !

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati