Makanan Khas Kalimantan Selatan

Masakan Khas Kalimantan Selatan

sempati.co.id – Makanan khas Kalimantan Selatan merupakan salah satu ciri khas daerah Kalimantan Selatan selain kain sasaringan yang terkenal sebagai kain adat tradisional suku Banjar.

Ada banyak sekali varian makanan yang tersedia di provinsi ini, dimulai dari makanan ringan, seperti jajanan pasar sampai makanan berat yang membuat perut kenyang.

Untuk mengetahui apa saja makanan khas Kalimantan Selatan dengan berbagai keunikan dan rasanya, yuk kita ketahui semua itu pada tulisan di bawah ini.

32 Makanan dan Jajanan oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan

Apam barabai, oleh-oleh dan makanan khas Kalimantan Selatan

1. Nasi Itik Gambut

Sebungkus nasi itik gambut khas banjarmasin

Makanan khas Kalimantan Selatan yang pertama kita bahas ialah, nasi itik gambut.

Sekilas warna dari masakan ini mirip sekali dengan masakan rendang, tetapi tentu saja berbeda.

Bumbu merah khas banjar seringkali disebut dengan nama bumbu habang.

Bahan utama masakan khas tradisional ini berupa itik yang diberi bumbu merah khas Banjar.

Masakan ini biasa dibungkus dengan daun pisang yang ditutup rapat, jadi ketika nasi ini dibuka akan mengeluarkan aroma yang dapat menggugah selera semua orang.

2. Nasi Kuning Banjar

Nasi kuning banjar khas banjarmasin

Selanjutnya ada satu masakan yang sudah banyak orang tahu, yaitu nasi kuning.

Nasi kuning biasa disajikan ketika sarapan ataupun acara-acara tertentu seperti acara adat ataupun acara-acara spesial.

Hal tersebut juga berlaku bagi nasi kuning banjar yang seringkali disajikan pada saat sarapan di pagi hari.

Namun ada yang berbeda dengan nasi kuning pada umumnya, nasi kuning khas banjar menggunakan lauk yang cukup unik.

Lauk yang digunakan cukup beragam, seperti ikan bumbu merah, daging ayam sampai daging bebek.

3. Sate Tulang

Sate tulang khas Kalimantan Selatan

Setelah mendengar nama dari masakan satu ini mungkin beberapa orang akan kebingungan dan tidak habis pikir, karena masakan satu ini bernama sate tulang.

Sate tulang mungking memiliki nama yang aneh dan tidak lazim karena siapa yang mau memakan tulang ?

Tapi tenang saja, bahan utama dari sate ini bukanlah tulang melainkan sisa-sisa bagian ayam yang tidak terpakai seperti kulit dan bagian lemak pada ayam.

Semua bahan tersebut digiling dengan bumbu merah atau bumbu habang yang dicampur dengan jahe dan bumbu lainnya.

Setelah digiling, sate dibentuk dan ditusuk pada lidi yang nantinya akan dibakar seperti sate pada umumnya.

4. Ikan Patin Baubar

Ikan patin baubar komplit

Ikan patin baubar merupakan salah satu masakan khas Kalimantan Selatan yang wajib anda cicipi jika berkunjung ke daerah ini.

Mengapa ? Karena masakan khas tradisional satu ini memliki cita rasa yang kompleks, karena memiliki proses pengolahan memasak yang cukup panjang.

Ikan patin pertama-tama dipotong menjadi beberapa bagian, lalu kemudian dibumbui dengan bumbu khusus.

Setelah itu ikan dipepes dan kemudian dibakar, sehingga ikan patin matang secara merata dengan karamelisasi bumbu yang meresap setelah dibakar.

Rasa yang diberikan tentu saja sangat nikmat dan menggugah selera makan agar semakin lahap, ditambah dengan nasi hangat yang membuat anda tidak akan menyesal mencoba salah satu masakan khas tradisional Kalimantan Selatan.

5. Ikan Seluang Goreng

Ikan seluang goreng, pelengkap makanan khas banjarmasin dan Kalimantan Selatan

Bagi masyarakat Sunda, mungkin sudah tidak asing dengan masakan yang berbahan dasar ikan endol, dimana ikan endol merupakan jenis ikan kecil yang seringkali digoreng garing bersama tepung bumbu.

Pada daerah Kalimantan Selatan juga terdapat masakan yang hampir serupa, yaitu ikan seluang goreng.

Jenis olahan ikan satu ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah, sehingga sangat cocok dijadikan makanan pendamping yang disajikan dengan nasi beserta sambal yang pedas.

Ikan seluang goreng juga seringkali dijadikan oleh-oleh atau buah tangan karena memiliki daya tahan kadaluarsa yang cukup lama.

6. Ikan Patin Gangan Asam

Jika anda penggemar sayur asam, mungkin masakan satu ini sangat cocok dengan anda.

Sayur ini bernama ikan patin gangan asam. Gangan berarti olahan sayur, jadi gangan asam ialah sejenis sayur asam khas Kalimantan Selatan.

Tetapi, bedanya ialah gangan asam menggunakan tambahan ikan, seperti ikan patin dan ikan lainnya.

Rasa dari gangan asam sangatlah segar dari rasa asam dan berbagai sayuran lainnya yang sangat cocok dimakan ketika hangat beserta nasi putih.

7. Otak-Otak Ikan Pipih

otak-otak ikan pipih khas banjar

Mungkin masyarakat di Indonesia sudah tidak asing dengan makanan yang bernama dengan otak-otak.

Otak-otak merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri dan dibungkus daun pisang yang kemudian dibakar hingga matnag.

Namun otak-otak khas Kalimantan Selatan berbeda dengan otak-otak pada umumnya, dimana otak-otak ini menggunakan bahan dasar ikan pipih ataupun ikan belinda.

Terdapat perbedaan mencolok dari tekstur dan rasa, dimana otak-otak ikan pipih menggunakan tambahan santan, parutan kelapa dan telur ayam.

Sehingga rasa yang dihasilkan lebih gurih dan akan membuat kalian tidak berhenti memakan makanan khas Kalimantan Selatan satu ini.

Biasanya otak-otak ikan pipih disediakan dalam bentuk mentah untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Selatan.

8. Gangan Paliat

Sayur asam gangan paliat khas Kalimantan Selatan

Olahan masakan ikan lainnya yang berada di provinsi Kalimantan Selatan ialah gangan paliat.

Masakan satu ini sekilas memang mirip dengan opor, tetapi opor biasanya menggunakan ayam ataupun daging sapi, gangan paliat menggunakan ikan baung.

Masakan khas satu ini sangat diburu oleh wisatawan yang berkunjung karena rasanya yang nikmat, gurih dengan tekstur yang lembut menjadikan makanan khas satu ini menjadi unggulan provinsi Kalimantan Selatan.

9. Ketupat Kandangan

Jika tadi ada gangan paliat yang mirip dengan opor, ada satu lagi masakan khas Kalimantan Selatan yang mirip dengan opor.

Masakan khas satu ini menggunakan ketupat layaknya opor pada biasanya, tetapi lauk yang digunakan berbeda, yaitu olahan ikan dan telur.

Kuah kental yang kaya rempah tentu saja menggugah selera banyak orang, ditambah lagi jika dipadukan dengan sambal acan khas dari Kalimantan Selatan akan membuat anda tidak menyesal mencoba hidangan satu ini.

10. Iwak Karing Sapat

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya ialah olahan ikan yang bernama iwak karing sapat.

Masakan khas satu ini merupakan olahan ikan yang digoreng hingga garing sehingga dapat dimakan dengan tulangnya.

Tekstur yang renyah dan rasa yang gurih menjadikan makanan satu ini lebih kepada cemilan dibandingkan dengan lauk pada makanan.

Oleh karena itu, iwak karing sapat seringkali dijual sebagai oleh-oleh khas dari provinsi Kalimantan Selatan.

11. Lontong Orari

Satu lagi masakan dengan menggunakan ketupat atau lontong yang bernama lontong orari.

Pada biasanya lontong dipadukan dengan kuah kental ditambah dengan potongan sayur dan telur, layaknya lontong sayur.

Tetapi lontong orari menggunakan tambahan ikan gabus dan daging ayam sebagai lauk utama pada lontong satu ini.

Rasa gurih dari santan yang bercampur dengan rempah menjadikan lontong orari salah satu makanan khas yang wajib dicoba jika berkunjung kesana.

12. Mandai

Jika tadi sudah banyak membahas banyak olahan ikan, sekarang ada masakan khas yang terbuat dari bahan dasar buah, yaitu mandai.

Mandai merupakan makanan yang terbuat dari buah campedak, dimana kulit buah campedak diawetkan menggunakan garam dan disimpanj beberapa waktu agar rasa yang dihasilkan menjadi asam.

Tingkat keasaman dari makanan ini tergantung dari berapa lama buah campedak disimpan, jadi semakin dalam rasa asam maka semakin lama waktu yang dibutuhkan.

13. Sayur Kambang Tigarun

sayur kambang tigarun, makanan khas kalimantan selatan

Dari tadi banyak membahas tentang menu utama yang memiliki porsi makanan yang cukup tinggi, masakan satu ini terbilang sebagai lalapan atau makanan pendamping yang membuat makan kalian lebih nikmat.

Makanan satu ini bernama sayur kambang tigarun yang terbuat dari kembang tigarun.

Sayur ini memiliki rasa yang segar, jadi untuk pencinta sayur, sangat cocok untuk mencoba masakan satu ini.

14. Sop Mutiara

Sop gurih makanan khas kalimantan selatan

Setelah mendengar sop mutiara, mungkin beberapa orang akan berpikir bahwa sop ini merupakan hidangan yang memiliki rasa manis.

Namun ekspektasi tersebut akan berbanding terbalik, karena sop mutiara merupakan sop yang memiliki rasa asin dan gurih.

Sop ini terbuat dari berbagai bahan, seperti wortel, bawang merah, bawang putih, kuah susu dan bakso.

Makanan khas satu ini merupakan makanan khas yang berasal dari masyarakat Tionghoa, oleh karena itu masakan ini akan mudah didapatkan ketika imlek dan hari besar bagi masyarakat tersebut.

15. Cacapan Asam

Cacapan asam, makanan khas kalimantan selatan

Jika anda mencari makanan yang segar dengan cita rasa yang cukup kompleks ? Maka cacapan asam mungkin dapat mengobati penasaran tersebut.

Cacapan asam merupakan makanan berkuah yang terbuat dari berbagai bumbu dan rempah seperti, bawang merah, bawang putih, garam, asam jawa, cabe rawit, telur dan berbagai buah.

Cita rasa yang bercampur aduk menjadi satu dari asam, manis, asin dan pedas akan memberikan cita rasa kompleks yang membuat anda ketagihan untuk mencicipi masakan satu ini.

16. Gangan Humbut

Gangan humbut merupakan kuliner yang tidak selalu ada setiap saat, karena seringkali hanya disajikan ketika pada bulan ramadhan ataupun acara-acara penting, seperti acara adat.

Makanan berkuah ini memiliki cita rasa yang dominan kepada rasa manis, walaupun ada rasa asin dan gurih, oleh karena itu tidak heran jika disajikan pada bulan puasa tiba.

Selain itu, gangan humbut terbuat dari potongan iga sapi yang dicampur dengan dengan rebung dan dipadukan dengan kuah yang sudah dibumbui oleh rempah khas tradisional.

Jadi, untuk mencicipi masakan khas tradisional satu ini mungkin agak susah dicari jika tidak pada waktu-waktu tertentu.

17. Itik Panggang

Itik merupakan salah satu hewan yang terbilang mudah ditemukan di daerah Kalimantan Selatan, oleh karena itu ada cukup banyak masakan khas yang terbuat dari bahan dasar itik.

Salah satunya ialah itik panggang, dimana itik dipanggang secara utuh dan dibumbui dengan berbagai rempah tradisional, seperti gula merah dan berbagai bumbu lainnya.

Hasil dari proses pembakaran tersebut membuat bumbu menjadi meresap kedalam dan menghasilkan aroma yang khas, sehingga dapat membangkitkan selera makan.

Ditambah dengan sambal yang membuat rasa nikmat dari olahan itik satu ini menjadi sempurna.

18. Lamang

Lamang atau lemang mungkin sudah banyak orang tahu, tetapi berbeda dengan lemang pada umumnya, terdapat keunikan pada lamang khas Kalimantan Selatan.

Beras ketan yang sudah dicuci kemudian dimasukan kedalam seruas bambu yang sudah dibungkus daun pisang, dibakar hingga matang seperti lemang pada umumnya.

Kemudian lamang disajikan pada piring yang disiram dengan bumbu mirip sate yang terbuat dari kacang tanah, cabe merah dan juga kemiri.

Biasanya lemang dipotong dan ditata pada bagian tengah piring, kemudian disiram bumbu sate dan ditambah toping berupa telur asin.

19. Es Jagung

kudapan ringan khas kalimantan selatan, es jagung yang segar

Ketika berkunjung ke provinsi Kalimantan Selatan, ada kalanya kita merasa haus dan butuh minuman yang dapat menyegarkan dahaga bukan ?

Tenang, terdapat minuman khas Kalimantan Selatan yang dapat mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menikmati segelas es jagung.

Es jagung merupakan minuman khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari jagung manis yang direbus, kemudian dicampur dengan es batu atau es serut dan ditambah gula dan susu kental manis.

Minuman ini sangat cocok jika dinikmati ketika panas terik ataupun sedang santai bersama kerabat dan keluarga di sore hari.

20. Apam Batil

Apam batil merupakan makanan yang tidak jauh beda dengan surabi, dimana terbuat dari bahan tepung terigu.

Memiliki cita rasa gurih dari kue apam dan manis dari kuah yang terbuat dari gula aren.

Rasa tersebut membuat apam batil menjadi makanan yang digemari oleh segala usia dari usia muda sampai tua.

Oleh karena itu kue satu ini sangat populer ketika bulan ramadhan pada saat berbuka puasa dan sarapan pagi.

21. Apam Barabai

Jika tadi ada apam batil, selanjutnya ada apam barabai. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, tape singkong, gula merah dan gula putih.

Oleh karena itu apam barabi memiliki cita rasa manis yang cukup kuat dengan tekstur yang lembut, sehingga diminati oleh banyak orang.

Walaupun apam barabai terbilang makanan khas tradisional, tetapi soal rasa apam barabi tidak kalah nikmat dengan kue-kue modern yang ada di mall dan toko kue lainnya.

22. Sambal Acan

Sambal merupakan komponen pada masakan yang terbilang makanan pendamping, tetapi dapat menentukan nikmat atau tidaknya suatu masakan.

Oleh karena itu kehadiran sambal sangat penting pada makanan karena dapat meningkatkan cita rasa makanan menjadi tinggi.

Berbicara soal sambal, terdapat sambal khas tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan, yaitu sambal acan.

Sambal ini terbuat dari campuran mangga muda, limau wangkang, terong asam, gandaria dan binjai.

Oleh karena itu rasa yang dihasilkan sungguh nikmat dan segar yang dapat menjadi pelengkap setiap masakan tradisional khas Kalimantan Selatan.

23. Bubur Baayak

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya ialah bubur baayak yang memiliki rasa manis dan gurih.

Sekilas bubur ini mirip dengan bubur sumsum, dimulai dari rasa manis, gurih dan tekstur yang lembut ketika dimakan.

Bubur ini terdapat dua macam, yaitu dengan santan dan tanpa santan, jadi jika anda tidak suka dengan santan yang terlalu banyak, maka santan akan diberikan secara terpisah.

Aroma hangat dan harum dari daun pandan pada bubur baayak juga dapat menggugah selera untuk mencicipi masakan khas satu ini.

24. Klepon Martapura

Klepon merupakan makanan yang sudah banyak orang tahu, khusunya pada masyarakat yang tinggal di pulau Jawa.

Tetapi, klepon tidak hanya populer di pulau Jawa, di dearah Kalimantan Selatan, khusunya daerah Martapura juga cukup terkenal, oleh karena itu klepon tersebut bernama klepon martapura.

Memiliki rasa manis yang berasal dari gula aren cair yang dimasukan pada adonan yang kemudian dikukus hingga matang dan ditambah dengan parutan kelapa menjadikan klepon sebagai makanan yang cukup nikmat disantap ketika bersantai.

25. Kue Bingka

Kue bingka merupakan kue basah yang sangat mudah ditemui pada bulan ramadhan tiba.

Mengapa ? Karena kue satu ini memiliki rasa manis dan gurih ditambah dengan tekstur lembut, tetapi cukup renyah pada bagian luar.

Permainan tekstur tersebut menjadikan kue ini cukup menarik untuk disantap, ditambah dengan toping yang beragam, dimulai dari kelapa parut hingga keju parut.

Oleh karena itu kue satu ini sangat banyak diburu ketika berbuka puasa tiba.

26. Buah Khas Kalimantan Selatan, Kalangka

Buah khas kalimantan selatan, hekeng

Mungkin satu ini bukan merupakan makanan khas, tetapi buah khas Kalimantan Selatan yang bernama kalangka.

Buah khas satu ini wajib kalian coba, karena memiliki rasa unik yang mirip dengan rasa alpukat.

Bentuknya bulat dan memiliki warna merah muda ketika sudah matang dengan tekstur daging yang lembut.

Biasanya buah satu ini seringkali diolah menjadi sayur dengan kuah bening yang terbuat dari beberapa bahan dasar seperti garam dan merica.

27. Brownies Labu

Makanan selanjutnya ialah kue yang bernama brownies labu. Mungkin makanan ini sedikit modern, tetapi cukup populer di dearah Kalimantan Selatan.

Terbuat dari bahan dasar labu yang dicampur dengan adonan dan di kukus hingga matang menghasilkan tekstur yang lembut dengan rasa manis khas.

Kue ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh makanan khas Kalimantan Selatan untuk dibawa pulang.

28. Hekeng

kudapan non-halal, hekeng makanan khas kalimantan selatan

Hekeng merupakan makanan khas yang mungkin tidak boleh dikonsumsi untuk beberapa orang, khsususnya yang beragam islam.

Makanan satu ini merupakan masakan non-halal karena terbuat dari bahan dasar babi, udang dan siomay yang dipadukan dengan kuah asam manis.

Masakan satu ini sangat digemari oleh masyarakat Banjarmasin, karena rasanya yang nikmat dan terbilang cukup komplit.

29. Ayam Cincane

Selanjutnya ada makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari bahan dasar ayam, yaitu ayam cincane.

Ayam cincane merupakan olahan ayam yang dibumbui dengan rempah tradisional yang cukup pekat.

Oleh karena itu rasa dari masakan ini cukup kuat dan menggugah selera siapa saja.

30. Habang Banjar

Jika anda penimkat daging yang cukup fanatik, maka habang banjar merupakan makanan khas yang harus anda temui jika berkunjung ke provinsi Kalimantan Selatan.

Makanan ini terbuat dari gabungan daging sapi dan kambing yang diolah dengan kuah kental yang terbuat dari berbagai bahan rempah yang meresap ke dalam daging.

Oleh karen itu rasa dari habang banjar akan cukup kuat untuk membuat anda terbang melayang karena rasanya yang sangat nikmat.

31. Dodol kandangan, Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Selatan

dodol kandangan, dodol asli makanan khas kalimantan selatan

Tidak hanya terkenal di Garut sebagai oleh-oleh khas disana, dodol juga cukup terkenal di provinsi Kalimantan Selatan.

Berbeda dengan dodol garut, dodol kandangan memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa manis yang lebih kuat.

Dodol kandangan sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Kalimantan Selatan yang dapat anda temui di pusat pembuatan dodol kandangan di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

32. Ipau

Ipau makanan modern, makanan khas kalimantan selatan

Makanan khas Kalimantan Selatan yang terakhir ialah ipau, dimana ipau diberi julukan pizza ala banjar.

Julukan tersebut dikarenakan bentuknya mirip dengan pizza, walaupun lebih mirip dengan lasagna.

Adonan yang ditumpuk dan dilapisi dengan isian seperti wortel, telur rebus dan bahan lainnya yang sudah dibumbui di masak dan disiram dengan santan membuat ipau menjadi makanan yang nikmat dan menarik untuk dicicipi.

Kesimpulan

Ada banyak sekali makanan khas Kalimantan Selatan yang dapat anda jelajahi jika berkunjung ke provinsi tersebut.

Olahan ikan mungkin menjadi makanan dominan, karena terdapat banyak sekali sungai yang mengalir di daerah tersebut, sehingga ikan menjadi makanan yang banyak ditemukan.

Mungkin ada makanan khas Kalimantan Selatan lain yang mungkin tidak tersebutkan, oleh karena itu tulis makanan tersebut di kolom komentar ya !

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati