Makanan Khas Betawi

Kerak telor, makanan khas betawi paling populer dan legendaris yang hampir punah

sempati.co.id – Makanan khas Betawi cukup unik dan lezat untuk dinikmati oleh siapa saja, dikarenakan perpaduan rasa dari setiap masakan yang sangat baik.

Dibalik itu semua ada banyak makanan khas Betawi yang terpengaruhi oleh budaya lain dari luar Indonesia, seperti budaya Cina, Eropa bahkan budaya Arab.

Hal tersebut dikarenakan sejarah dari kota Jakarta itu sendiri yang merupakan sebuah proses akulturasi yang sudah ada sejak dari dulu kala, bahkan dari jaman penjajahan Indonesia.

Namun, dibalik itu semua makanan tradisional masyarakat Betawi masih menggunakan rempah asli Indonesia yang memiliki cita rasa kuat dan kompleks.

Nah, penasaran bukan apa saja makanan khas betawi itu apa saja ? Yuk! Kita bahas satu per satu pada tulisan di bawah ini.

10 Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah

Kerak telor, makanan khas betawi yang hampir punah

Makanan tradisional khas Betawi terancam hampir punah dikarenakan banyak sekali makanan modern dari luar Indonesia yang masuk dan menyebabkan masyarakat mulai meninggalkan makanan tradisional satu ini.

Oleh karena itu ada banyak orang dari berbagai kalangan, entah itu tua dan muda mulai lupa dengan kebudayaan, khususnya makanan khas Betawi.

Maka dari itu salah satu tujuan dari penulisan artikel ini ditujukan untuk membudidayakan makanan khas tradisional Indonesia, khusunya makanan Betawi agar tidak punah dan terus dilestarikan.

Setidaknya ada 10 buah makanan khas Betawi yang hampir punah dan tentunya memiliki rasa yang sangat lezat untuk disantap, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Kerak Telor

sepiring kerak telor

Pada urutan pertama ada makanan legendari yang hampir semua masyarakat Indonesia tahu, yaitu kerak telor.

Banyak orang mengetahui bahwa kerak telor merupakan sebuah cemilan, tetapi jika dipikirkan lagi kerak telor lebih condong kepada makanan berat, karena berbahan dasar nasi.

Kerak telor sendiri terbuat dari bahan-bahan, seperti nasi, telur bebek ataupun telur ayam dan serundeng yang dimasak menggunakan wajan panas di atas tungku api.

Rasa dari kerak telor sendiri sangat gurih dan lezat, ditambah dengan campuran rempah-rempah yang membuat rasa dari kerak telor sendiri sudah tidak diragukan lagi.

2. Soto Betawi

makanan khas betawi legendaris

Soto mungkin menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang cukup terkenal, dimana hampir setiap daerah, khususnya di pulau Jawa mempunyai versi soto mereka masing-masing.

Salah satunya ialah soto betawi. Soto ini cukup unik dan terbilang salah satu soto yang memiliki rasa sangat gurih dibandingkan dengan soto lainnya.

Soto betawi menggunakan susu dan santan secara bersamaan pada kuah yang digunakan.

Penggunaan susu dan santan tersebut membuat kuah soto betawi sangat kaya rasa dan gurih ketika disantap.

Ditambah dengan bahan yang digunakan seperti jeroan dan daging sapi yang membuat makanan khas Betawi satu ini menjadi sangat lezat.

3. Gado-gado

gado-gado khas betawi

Walaupun terbilang sederhana, gado-gado mempunyai penggemar setia pada makanan satu ini, dikarenakan sangat lezat dan relatif cocok dengan siapa saja.

Bagi yang tidak menyukai daging atau vegetarian makanan satu ini sangat cocok untuk anda karena tidak menggunakan protein hewani, walaupun terkadang ada orang yang menambah telur rebus dan tempe goreng pada makanan satu ini.

Gado-gado terbuat dari potongan lontong, kacang panjang, tauge, kangkung, kubis dan berbagai jenis sayuran lainnya.

Sedangkan untuk sausnya menggunakan saus kacang yang sudah dimasak dan dituang di atas bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.

4. Asinan Betawi

asinan khas masyarakat betawi

Makanan khas Betawi selanjutnya ialah asinan betawi yang menjadi makanan cukup terkenal dan populer, bahkan dapat ditemukan di berbagai daerah lain di luar Jakarta.

Makanan ini terdiri dari berbagai campuran sayuran, seperti kubis, sawi, tauge dan timun. Tetapi beberapa orang seringkali menambahkan bahan lain seperti kerupuk mie, kerupuk, kacang, tahu goreng dan lain sebagainnya.

Asinan betawi menggunakan saus yang mirip dengan saus pempek yang terbuat dari cabai, gula merah, cuka dan garam.

Makanan satu ini sangat populer di masyarakat Jakarta dan menjadi makanan favorit berbagai kalangan disana.

5. Roti Buaya

roti buaya yang legendaris

Siapa yang tidak kenal dengan roti legendari satu ini, yap! Benar roti buaya khas Betawi yang sudah banyak orang mengetahui dan populer di Jakarta, bahkan di Indonesia sekalipun.

Roti ini seringkali disajikan pada saat acara-acara penting seperti pernikahan dan acara penting lainnya.

Walaupun memiliki rasa yang tawar layaknya roti biasa, tetapi bentuk dari roti buaya sangat unik dan menyerupai buaya seperti aslinya.

Beberapa pedagang memberikan varian rasa pada roti buaya, untuk tetap membuat popularitas roti buaya tidak turun dan terlupakan oleh jaman.

Tetapi, semakin hari roti ini sudah cukup sulit ditemukan dan jarang sekali disajikan pada saat acara pernikahan sekalipun.

6. Nasi Uduk Khas Betawi

nasi uduk lengkap

Nasi uduk merupakan menu makanan yang seringkali disajikan pada saat sarapan dan hampir dapat ditemui dimana saja di berbagai daerah di Indonesia.

Tetapi, sejatinya nasi uduk merupakan makanan khas Betawi yang sudah ada sejak dari dulu kala yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Nasi uduk khas Betawi mempunyai rasa nasi lebih gurih dibandingkan nasi uduk pada umumnya yang terbuat dari campuran santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai yang dicampurkan pada nasi.

Sedangkan untuk lauk nya sendiri ada cukup banyak pilihan yang terdiri dari ayam goreng, telur goreng, tahu, tempe, kerupuk, sambal dan taburan bawang goreng.

7. Semur Jengkol Khas Betawi

semur jengkol khas betawi

Semur jengkol merupakan makanan yang mirip dengan buah durian, dimana ada yang tidak suka dengan jengkol karena baunya yang khas dan ada juga yang menyukai jengkol layaknya daging.

Rasa pahit dari jengkol dan baunya yang menyengat membuat beberapa orang tidak menyukai makanan satu ini, tetapi jika diolah secara benar maka semur jengkol dapat menjadi makanan yang sangat lezat ketika dimasak.

Mungkin banyak orang tidak tahu bahwa semur jengkol merupakan makanan khas asli dari masyarakat tradisional Betawi.

Makanan rumahan ini tidak sulit untuk dibuat dan anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah masing-masing.

Cukup memasak bumbu semur seperti biasa dan penambahan beberapa rempah untuk mengurangi dari bau jengkol itu sendiri.

8. Lontong Sayur

makanan khas betawi paling populer

Lontong sayur merupakan makanan khas Betawi yang cukup populer dan dijadikan menu sarapan yang sangat lezat dan menyegarkan.

Mengapa ? Karena lontong sayur menggunakan sayuran segar dan tentu saja mengenyangkan, membuat tubuh kita siap untuk menjalani hari dengan penuh semangat.

Lontong sayur sendiri terbuat dari campuran sayuran yang disiram menggunakan kuah santan yang sudah dicampur dengan rempah-rempah yang khas.

Penambahan pepaya muda juga menjadikan makanan satu ini sangat segar dan lezat ketika disantap di pagi ataupun sore hari.

9. Kue Cucur

Cemilan khas betawi

Makanan khas Betawi selanjutnya ialah kue cucur. Kue satu ini merupakan cemilan khas Betawi yang cocok dimakan pada saat perjalanan ataupun pada saat bersantai dengan teh bersama keluarga dan kerabat.

Kue cucur terbuat dari bahan tepung beras dan gula merah, lalu di goreng hingga matang. Maka dari itu kue satu ini memiliki tekstur pinggiran yang renyah, tetapi sangat lembut di dalam.

Biasanya kue cucur seringkali disajikan pada saat acara tertentu, seperti khitanan, pernikahan, ataupun ketika memotong rambut bayi.

Tetapi jangan risau, ada banyak sekali penjual kue cucur yang menjajakan dagangan mereka di pasar ataupun di pinggir jalan di Jakarta.

10. Sayur Babanci

semangkok sayur khas betawi

Sayur babanci atau yang seringkali disebut ketupat babanci merupakan makanan khas Betawi yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di Jakarta.

Walaupun memiliki nama sayur, tidak ada sedikitpun sayur yang digunakan pada makanan ini. Sayur sendiri tertuju pada makanan yang memiliki kuah, bukan sayur asli ya.

Sayur babanci terbuat dari kuah santan yang sudah dicampur dengan berbagai rempah, seperti :

  • bawang merah,
  • bawang putih,
  • kemiri,
  • cabai,
  • merica,
  • dan berbagai rempah lainnya.

Ditambah dengan potongan daging sapi yang sudah dimasak hingga lembut dan potongan ketupat menjadikan makanan satu ini sangat lezat ketika saat disajikan.

Kesimpulan

Makanan khas Betawi memang memiliki cita rasa yang cukup kompleks, dikarenakan campuran kebudayaan yang ada pada masyarakat Betawi.

Tetapi dibalik itu semua masyarakat Betawi tetap menggunakan rempah khas Indonesia untuk mempertahankan rasa dan ciri khas tersebut.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati