Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Tradisional Bengkulu

sempati.co.id – Bengkulu merupakan provinsi yang terkenal dengan banyaknya kerajinan tradisional, seperti batik bersurek yang terkenal.

Batik tersebut merupakan ciri khas bengkulu dimana memiliki corak tulisan arab gundul yang sudah diakui oleh Indonesia sebagai salah satu warisan budaya.

Kebudayaan Bengkulu merupakan gabungan dari berbagai tradisi lokal dan islam yang menjadikan kebudayaan tersebut unik dan menarik.

Namun, di provinsi tersebut, ternyata makanan khas Bengkulu juga tidak kalah menarik dengan kebudayaannya.

Ada banyak olahan makanan khas Bengkulu dari mulai gulai yang memiliki cita rasa yang kompleks, sampai kue atau jajanan pasar lainnya yang menggoda.

Untuk mengetahui apa saja makanan khas dari provinsi yang terkenal dengan nama bumi rafflesia ini, yuk kita ketahui semuanya pada tulisan dibawah ini.

19 Makanan Khas Bengkulu yang Paling Populer dan Wajib Dicoba

Makanan Khas Bengkulu Populer

Ada banyak sekali makanan khas dari provinsi Bengkulu dengan cita rasa khas yang bercampur dengan kebudayaan lokal.

Makanan tersebut beragam, dimulai dari rasa yang manis hingga gurih seperti jajanan pasar hingga hidangan utama dapat kita temukan.

Saking terkenalnya, tidak hanya diminati oleh wisatawan domestik, tetapi makanan khas Bengkulu ini diburu oleh wisatawan asing loh !

Penasaran apa saja ? Ada 17 makanan khas Bengkulu yang dapat kalian temui dan nikmati, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Kue Tat

Kue bay tat, cemilan dan makanan khas bengkulu

Makanan khas Bengkulu yang pertama ialah kue tat atau kue bay tat. Kue ini memiliki nama bay yang berarti induk atau utama dan tat yang berarti tart.

Sekilas kue ini memiliki rupa yang sama dengan kue pie, dimana memiliki isian yang diselimuti oleh adonan kue, tetapi memiliki bentuk segi empat yang sama percis dengan kue tart.

Kue ini memiliki tampilan yang cukup menarik, dimana terlihat elegan. Oleh karena itu, pada jaman dahulu kue ini hanya dihidangkan untuk para raja di masa lampau.

Bay Tat terbuat dari berbagai bahan dasar untuk membuat kue, seperti :

  • Tepung
  • Mentega
  • Gula pasir
  • Telur
  • Santan kelapa
  • dan lain sebagiannya

Setelah adonan dibuat, kue tat langsung dipanggang sampai matang, kemudian diolesi dengan toping seperti keju dan selai nanas.

Oleh karena itu rasa yang dihasilkan menjadi cukup kompleks, ada rasa manis, asam dan gurih ketika dimakan.

Maka dari itu banyak turis asing dan lokal menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh khas makanan dari provinsi Bengkulu, karena rasanya yang enak.

2. Pendap

Makanan khas bengkulu paling populer

Pendap merupakan makanan khas Bengkulu yang tidak boleh anda lewatkan.

Masakan satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan bisa kita nikmati kapan saja.

Terbuat dari bahan dasar ikan yang dicampur dengan rempah asli indonesia, seperti kencur, cabe giling, bawang putih dan tambahan parutan kelapa.

Bumbu yang tadi disebutkan, kemudian dihaluskan dan dicampurkan dengan ikan, ikan yang digunakan pun bisa apa saja, air tawar maupun air asin.

Penggunaan daun talas dipercaya dapat menghilangkan bau amis ikan yang akan berganti dengan bau khas daun tersebut.

Setelah itu kemudian di balut dengan daun talas dan direbus selama delapan jam hingga matang.

Pendap sangat cocok dinikmati dengan nasi putih hangat dan dapat disantap kapan saja, jika kalian berkunjung ke provinsi Bengkulu pastikan untuk mencicipi masakan khas Bengkulu satu ini.

3. Lemang Tapai

Makanan khas bengkulu tradisional

Selanjutnya ada lemang tapai. Lemang satu ini merupakan makanan khas yang berbahan dasar ketan dan santan, dimana beras ketan dimasukan pada seruas bambu yang sudah di bungkus daun pisang, kemudian dibakar hingga matang.

Seklias lemang tapai memang mirip dengan lemang khas Melayu, tetapi lemang tapai merupakan makanan khas dari provinsi Bengkulu.

Lemang yang sudah matang disajikan dengan tape ketan, tetapi beberapa daerah disana menambahkan durian sebagai pendamping dari lemang tapai.

Sajian makanan ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang agak legit, sehingga memberikan cita rasa yang khas dari bumi Bengkulu.

4. Gulai Pisang

Makanan khas bengkulu unik

Makanan satu ini terbilang unik dan sedikit aneh untuk orang yang pertama kali mendengarnya.

Gulai pisang, yap benar gulai pisang. Pada umumnya gulai merupakan makanan yang dibuat menggunakan daging atau protein hewani lainnya seperti daging ayam, daging sapi, tempe, telur ataupun tahu.

Tetapi pada gulai satu ini, yang digunakan ialah buah pisang. Walaupun begitu, rasa yang diberikan gulai pisang ini cukup enak dan lezat ketika di santap.

Pisang yang digunakan biasanya mempunyai tekstur yang padat, seperti pisang raja, pisang kepok dan pisang lainnya untuk memberikan tekstur yang khas.

Penasaran dengan rasa gulai pisang ? Jangan lupa untuk mencicipi masakan khas yang unik satu ini jika berkunjung ke provinsi Bengkulu.

5. Kue Perut Punai

cemilan khas bengkulu

Selanjutnya ada kue perut punai. Kue satu ini merupakan sejenis kue kering yang memiliki bentuk seperti usus perut punai, oleh karena itu nama dari kue ini ialah kue perut punai.

Kue satu ini memiliki dua varian rasa, rasa original dan rasa manis. Namun, bahan dasar pembuatan kue satu ini tidaklah jauh berbeda, seperti tepung beras, telur, keju parut garam, gula dan air.

Untuk mendapatkan cemilan satu ini cukup mudah dan dapat ditemui hampir di setiap daerah disana.

Rasanya cukup enak dan membuat ketagihan, menjadikan kue satu ini cemilan yang dapat anda bawa sebagai oleh-oleh dari provinsi Bengkulu.

6. Lempok Durian

Jika Garut atau provinsi Jawa Barat memiliki dodol sebagai makanan khas daerah mereka, provinsi Bengkulu memiliki lempok durian yang khas.

Kedua makanan tersebut memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama, tetapi memiliki rasa yang berbeda tentunya.

Lempok durian terbuat dari bahan-bahan dasar seperti, gula, tepung gandum dan daging buah durin.

Semua bahan dimasukana kepada wajan besar, lalu diaduk dan dimasak diatas api yang cukup lama, seperti halnya membuat dodol.

Oleh karena itu lempok durian sangat mirip dengan dodol, tetapi dengan rasa yang berbeda.

Makanan khas Bengkulu satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh yang khas karena dapat bertahan cukup lama dibawa dalam perjalanan.

7. Lepek Binti

Selanjutnya ada lepek binti, makanan khas satu ini mirip dengan lemper yang memiliki tekstur legit dan berisikan daging ayam ataupun sapi yang memiliki rasa manis dan gurih.

Lepek binti terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan berbagai bahan dan bumbu, seperti garam, santan, garam, lengkuas, daun salam dan gula yang diisi dengan daging giling atau cincang.

Jajanan pasar ini dibungkus dengan daun pisang yang diikat dan kemudian dikusus hingga matang.

8. Bubur Sekoi

Makanan manis khas bengkulu

Penggunaan santan pada makanan khas Bengkulu sangat dominan, seperti pada makanan khas satu ini, yaitu bubur sekoi.

Bubur sekoi merupakan bubur yang memiliki rasa manis dan gurih yang terbuat dari biji jewawut yang dicampur dengan santan, jahe, gula dan daun pandan.

Makanan khas satu ini sangat pas jika disantap pada saat berbuka puasa, karena rasanya yang manis, ditambah dengan siraman santan kental yang memberikan rasa gurih pada bubur.

Oleh karena itu banyak penjual bubur sekoi jika pada saat sebelum menjelang buka puasa.

9. Manisan Terong

Pada umumnya manisan dibuat dengan bahan dasar buah-buahan yang memiliki cita rasa asam ataupun manis, seperti mangga, salak, pepaya dan buah lainnya.

Namun manisan di daerah ini memiliki sesuatu yang unik, yaitu manisan yang terbuat dari terong.

Walaupun begitu, rasanya memang unik dan memiliki rasa manis yang berbeda daripada manisan pada biasanya.

Sempatkan untuk membeli salah satu makanan khas satu ini jika anda berkunjung ke provinsi Bengkulu.

10. Gulai Kemba’ang

Jika sebelumnya ada banyak makanan jajanan pasar yang memiliki rasa dominan manis, selanjutnya ada makanan yang bisa disebut paling terkenal dibandingkan makanan lainnya yang memiliki rasa gurih.

Gulai kemba’ang, gulai satu ini terkenal memiliki cita rasa yang sangat lezat yang terbuat dari bahan dasar iga sapi yang dimasak dengan berbagai rempah khas nusantara.

Sekilas gulai ini memang mirip dengan gulai pada umumnya, tetapi jika kita mulai merasakan masakan ini, rasa khas dari racikan rempah khas Bengkulu ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Aroma yang dihasilkan cukup tajam, sehingga menggugah selera makan anda, apalagi disantap dengan tambahan nasi putih hangat.

11. Bagar Hiu

Makanan khas bengkulu yang di cicipi presiden soekarno

Setelah mendengar namanya, makanan khas satu ini memang memiliki bahan dasar yang menggunakan daging ikan hiu.

Bagar hiu merupakan salah satu masakan khas Bengkulu yang menjadi favorit bagi presiden pertama republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Jenis hiu yang digunakan merupakan jenis hiu tanduk yang dicampur dengan bumbu dan rempah, tetapi masakan satu ini tidak menggunakan santan, melainkan kelapa sangrai.

Proses memasak masakan satu ini pun cukup panjang, sehingga bau amis pada ikan hiu yang diproses tidak akan terasa.

Oleh karena itu rasa yang diberikan menjadi sangat unik dan tentunya lezat jika disantap.

12. Lema

Selanjutnya ada lema. Lema merupakan makanan khas yang cukup mirip dengan tempoyak, karena proses pembuatannya menggunakan proses fermentasi.

Namun, perbedaannya ada pada bahan yang digunakan, lema menggunakan bahan dasar rebung dan ikan sepat atau mujair yang dibungkus dengan daun pisang.

Kemudian bungkusan daun pisang tersebut didiamkan selama beberapa hari, oleh karena itu bau yang cukup menyengat mungkin mengganggu beberapa orang untuk menyantap masakan khas Bengkulu satu ini.

Tetapi, rasa yang dihasilkan sangatlah lezat dan membuat ketagihan walaupun bau yang dihasilkan tidak terlalu bersahabat dengan hidung.

13. Lontong Tunjang

Lontong merupakan olahan makanan yang tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia.

Tetapi lontong pada setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing, termasuk di daerah provinsi Bengkulu.

Masakan lontong di provinsi ini bernama lontong tunjang yang memiliki rasa segar dari berbagai bahan sayuran didalamnya.

Lontong ini menggunakan kuah sayur yang berbahan dasar nangka muda, buncis, kikil dan tentu saja irisan tunjang.

Oleh karena itu, masakan khas satu ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk sarapan karena rasanya yang segar, sehingga cocok untuk mengawali hari.

14. Teh Sle

Jika anda penggemar teh yang memiliki rasa yang kuat, mungkin teh sle dapat menjadi rekomendasi yang baik untuk kalian penggemar teh.

Teh ini memiliki rasa yang cukup kuat, karena memiliki bahan dasar rempah, seperti kayu manis, kapulaga, nanas dan kulit jeruk purut.

Sehingga rasa teh satu ini memiliki sedikit rasa asam dan segar yang khas ketika diminum.

Teh ini cocok sekali diminum ketika santai bersama keluarga ataupun kerabat dekat yang cocok sambil mengobrol.

15. Bubur Dawet

Bila tadi ada bubur sekoi, sekarang ada bubur dawet khas Bengkulu yang memiliki rasa yang manis.

Pada umumnya bubur dawet khas dengan rasa yang menyegarkan, tetapi bubur dawet satu ini berbeda dengan bubur dawet biasanya.

Bubur dawet khas Bengkulu menggunakan bahan dsasar tepung hungkwe yang dimasak dan disiram dengan santan kental beserta gula merah cair.

Sehingga rasanya manis dengan tekstur yang agak legit, oleh karena itu sempatkan untuk menikmati bubur yang memiliki cita rasa manis dan enak satu ini jika berkunjung.

16. Sirup Jeruk Kalamansi

Selanjutnya ada minuman khas Bengkulu lainnya, yaitu siru jeruk kalamansi.

Sirup ini terbuat dari buah jeruk kalamansi yang cukup banyak ditanaman di provinsi tersebut.

Oleh karena itu masyarakat mengolah jenis jeruk satu ini agar lebih mudah dipasarkan.

Jeruk dibuat menjadi sari, kemudian dicampur dengan gula pasir dan dimasak hingga menjadi cukup kental.

17. Emping Melinjo

Emping melinjo merupakan sebuah keripik yang biasanya disajikan dengan makanan lain seperti gulai, soto, sup dan lain sebagiannya.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang berarti dengan emping pada umumnya, dibuat dengan cara yang sama, dimana biji melinjo direbus, kemudian di geprek hingga menjadi tipis.

Setelah itu masuk pada proses penggorengan hingga emping benar-benar matang dan garing.

18. Rebung Asam Undak Liling

Masakan khas Bengkulu selanjutnya ialah rebung asam undak liling yang tidak kalah terkenal dengan makanan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Rebung asam undak liling terbuat dari bahan dasar keong hitam dan rebung tentunya.

Untuk membuat masakan ini membutuhkan proses memasak yang cukup lama, rebung di rendam beberapa hari untuk memperkuat rasa asam pada rebung.

Selanjutnya sesudah direndam, rebung di masak dengan keong hitam yang dicampur dengan beragam rempah khas provinsi Bengkulu.

19. Kopi Bengkulu

Kopi merupakan minuman yang cukup populer di Indonesia, oleh karena itu ada banyak varian kopi di setiap daerah.

Pada provinsi Bengkulu juga memiliki kopi khas yang bernama kopi Bengkulu.

Yang membuat kopi ini menjadi unik yaitu aroma dan rasanya terdapat rasa lemon dengan perpaduan coklat dan berbagai rempah dan herbal yang khas.

Kesimpulan

Masakan khas Bengkulu memiliki rasa dominan yang gurih, karena penggunaan santan yang hampir digunakan pada setiap masakan yang sudah disebutkan.

Beberapa dari makanan tersebut mungkin cukup unik untuk dicicipi, seperti bagar hiu dan manisan terong.

Sehingga masakan khas Bengkulu cukup menjadi masakan khas yang wajib dicicipi jika berkunjung kesana.

Sekian dan Terima Kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sempati

© 2022 Sempati